Langsung ke konten utama

Selalu Update dengan Informasi dan Berita yang Kredibel



CEO Kurio, David Wayne Ika menyampaikan penjelasan pentingnya berita akurat (dokpri)

KEHADIRAN  internet yang memungkinkan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia saling terhubung telah membuat jarak wilayah dan jarak waktu semakin tak berbatas. Internet juga memberikan kemudahan kecepatan suatu informasi dan berita, yang dapat diakses kapan pun dan dimanapun dengan perangkat yang ada, baik komputer maupun smartphone.

Cepat bergulirnya informasi dan penyampaian berita di satu sisi memberikan keuntungan bagi para pencari informasi atau yang sedang membutuhkan informasi. Namun, di sisi lain, internet juga memberikan  kemudahan bagi siapa pun atau kelompok manapun untuk menghimpun dan menyajikan suatu informasi dan berita.

Media online berkembang dengan begitu marak dan begitu mudah muncul. Bahkan terkesan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan penerbitan media konvensional, seperti media cetak koran dan majalah. Belum lagi ditambah dengan serbuan banyaknya website yang dikelola pribadi, baik secara berbayar ataupun gratisan.

Mencari berita dengan mudah dan cepat adalah hal yang diinginkan setiap orang (sumber:www.kurio,c.id)

Semua informasi dan berita sekarang tersaji dengan mudah. Cukup melalui smartphone, semua didapatkan. Namun pertanyaan yang muncul, bagaimana dengan keakuratan yang disampaikan? Sudah tepatkah pesan yang dibawa?

David Wayne Ika, CEO Kurio, sebuah aplikasi berita, mengatakan, keakurasian berita atau informasi harus dipertanyakan. Penting agar yang diterima dan ditangkap tidak salah. Hal ini disampaikannya dalam acara Kumpul Blogger bareng KURIO di wisma 77, Jl. S Parman, Jakarta, 19 Oktober 2016.

Berita kurang atau tidak tepat yang langsung diterima tanpa pikir panjang, apalagi di-share begitu saja akan memberi dampak yang tidak baik. Terlebih pada orang-orang yang enggan membaca. Ngerinya, Indonesia memiliki minat membaca yang rendah dan memprihatinkan.

Temukan, Jelajah, dan Baca merupakan  hal yang harus dilakukan seseseorang yang ingin mencari berita atau informasi (www.kurio.co.id)

Data studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia berada pada peringkat ke-60 dari 61 negara terkait dengan  minat membaca. Indonesia berada  satu peringkat di bawah Thailand  yang berada pada urutan 59 dan di atas Bostwana di urutan 61.

Jadi suatu berita yang memiliki keakurasian atau ketepatan dalam pemberitaan dan penyajiannya sangatlah penting. Sayangnya, di era internet ini, masih ada pihak yang mengambil keuntungan dengan cara hanya mengejar rating saja atau jumlah klik. Cara tak patut ini disebut Click Bait.

Saat membuka laman suatu website atau searching suatu informasi, memang masih seringkali ditemukan adanya judul berita yang ternyata berbeda dengan isi berita. Berita yang disampaikan bohong atau hoax. Tidak ada kesesuaian dengan yang menjadi acuan dalam pencarian berita.
Berita yang akurat dan terpercaya akan memiliki manfaat bagi para pembacanya (dokpri)

Terkadang, misalnya  ada judul 5 alasan untuk ..., 7 tempat yang harus dikunjungi di ..., yang isinya sama sekali tidak mencerminkan apa yang seharusnya disampaikan kepada pembaca. Update dan keakurasian sama sekali tidak ditemukan dan tidak didapatkan dari berita seperti ini.

Tentu saja, siapa pun pasti kesal dan lelah hati bila menemui berita-berita yang tidak jelas sumbernya, tidak jelas arahnya, dan tidak jelas manfaat yang bisa diperoleh dengan membacanya. Nah, untuk itu memilih dan menyaring artikel yang dibaca adalah hal penting dalam membaca.

Kurio  hadir dengan janji sebagai aplikasi untuk semua yang diminati pembaca (www.kurio.co.id)

Hadirnya Aplikasi Kumpulan Berita
Lantaran gemar membaca, David menyadari  pentingnya sebuah berita yang akurat dan bukan berita yang sekedar disampaikan untuk mencari rating. Karena itulah kemudian terlahir Kurio, sebuah aplikasi berbasis Android dan iOS yang berisi kumpulan berita yang diambil dari berbagai media besar di Indonesia.

Kurio, sebenarnya sudah ada sejak 3 tahun lalu, yakni pada bulan November 2013. Kurio menampilkan berita dari media-media besar yang terjamin beritanya bermutu dan terpercaya, yakni MetroTV News, IDN Times, Tribunnews, Liputan6.com, Beritagar, Intisari Online, Sajian Sedap, Good News From Indonesia.

Ratusan sumber informasi dan berita dari website terpercaya (www.kurio.co,id)

David menjelaskan, kurio berasal dari bahasa latin curos yang artinya peduli dan suka. Dalam bahasa Inggris curios  yang artinya penasaran. Jadi,kurio didirikan untuk memenuhi rasa penasaran orang-orang atas hal yang dia sukai dan peduli. Kurio merupakan aplikasi untuk membaca berita dan artikel, yang sesuai dengan minat. Berita dari berbagai media dan topik lengkap dari  satu aplikasi.

Kemudahan membaca berita dalam satu aplikasi diberikan, mengingat  100 juta pengguna internet di Indonesia adalah anak muda di bawah usia 30 tahun. Nah, kurio sebagai sebuah aplikasi untuk membaca konten, bisa didownload via play store. Konten yang disajikan tentu saja yang memiliki nilai manfaat bagi pembacanya.

Ratusan topik dan sumber berita yang ada di Kurio (www.kurio.co.id)

 Begitulah, salah satu tujuan kurio adalah membuat masyarakat Indonesia lebih cerdas dengan konten yang layak baca dan berkualitas.Semua berita akan disaring tidak hanya kurasi manual tetapi juga dibantu dengan teknologi. Hal ini untuk melanggar copyright (copy+paste) atau bahkan membodohi masyarakat.

Kurio mengedapankan pengguna mobile dan sudah didownload  850.000 orang. Dari kurio review, kita bisa membaca banyak informasi dari berbagai situs media yang terpercaya. Tentunya mempermudah dan menghemat waktu dalam mengikuti perkembangan berita.

Kurio, lanjut David, memiliki mesin terpercaya yang akan  merekomendasikan artikel-artikel yang berguna, praktis, dan informatif untuk hobi, pekerjaan, minat dan profesi.  Ratusan jenis topik tersedia, antara lain Start dan up, Digital Marketing, Mobile Marketing, Marketing, Leadership, Design, Entrepreneurship, Parenting, Healthy Living, Travel. Pengetahuan adalah kekuatan. Setidaknya dengan aplikasi kumpulan berita dan informasi ini, pembacanya selalu lebih tahu.


Komentar

  1. waah... keyeeen review-nya, pasti menyimak dengan baik nih ;)

    BalasHapus
  2. Praktis ya kurio utk membaca berita ga perlu buka banyak browser, cukup 1 aplikasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak Sie-thi, kalau sedang butuh baca informasi banyak, nggak perlu baca semua aplikasi berita satu persatu

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g