Langsung ke konten utama

Menanti Bedug Berbuka Puasa dengan Belajar Optimasi Facebook


Audey Marc, Co Founder Lalalaway.com di sela Mengisi Waktu berbuka puasa dengan workshop facebook ads.  (dok.windhu)


Mengisi waktu menjelang berbuka puasa, sangat menyenangkan dengan hal-hal yang positif. Sekali berenang dua pulau terlampaui, istilahnya. Bertemu dengan orang baru, di tempat baru, sekaligus mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Lagipula selama ini, setiap hari facebook juga masih dibuka.

Itulah yang saya lakukan di suatu sore bulan ramadan di Raja Kamar, Jl Majapahit No.16, Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.  Meski tak berlokasi menghadap jalan raya langsung, sebuah kantor yang bernuansa sangat kekinian untuk pertama kalinya saya datangi itu, cukup menyenangkan. Cocok untuk tempat berfoto-foto!


Suka dengan tempat taruh kursi yang menarik ini (dok.windhu)

Saat sampai, saya terpikat pada ruangan yang digunakan untuk berfoto-foto, yang ternyata sekaligus tempat untuk berbuka puasa. Ruangan yang penuh dengan bangku warna-warni dan backdrop besar bertuliskan Lalalaway. Ada sebuah layar televisi menyala menayangkan berbagai lokasi wisata, juga berseling dengan tulisan Lalalaway.

Buat saya, mendengar kata Lalalaway, merupakan sebuah informasi baru. Namun saat tahu merupakan sebuah situs flashsale hotel mewah terpercaya dari Indonesia, satu hal yang langsung terpikirkan adalah kemudahan bila ingin melakukan liburan ke sejumlah tempat di Indonesia.

Ya, hari gini siapa yang tidak suka melakukan traveling? Menikmati keindahan alam dan budaya di suatu wilayah yang mengesankan.  Kemudian mengabadikannya dalam bentuk foto-foto, yang lalu diunggah melalui media sosial. Wuih, terbayang rasa senang yang akan diperoleh dari sebuah perjalanan wisata.

Kenapa? Ya, karena jika ingin berwisata atau berlibur ke suatu tempat, harus juga memperhitungkan moda angkutan yang digunakan dan tempat menginap yang akan dipilih. Tak jarang, pemesanan semuanya itu harus dilakukan satu per satu. Terpisah. Jadi, sangat memudahkan jika bisa dilakukan sekaligus, bukan?


Penjelasan mengenai type iklan Facebook (dok.windhu)

Janji Diskon Hingga 70 %    
Sore itu, ketertarikan sebenarnya berawal dari ingin tahu lebih mengenai optimasi facebook. Ya, meski saat ini facebook banyak yang bilang sudah agak ketinggalan sebagai media sosial, tetapi kehadirannya tetap dinanti dan tetap efektif digunakan sebagai sarana promosi.

Kebetulan di saat yang sama, Lalalaway sebagai sebuah start up baru menyelenggarakan workshop optimasi Facebook, yang digandeng dengan acara berbuka puasa bersama. Sebelumnya, start up ini pernah juga mengadakan workshop SEO, meski saya tidak ikut serta.

Jadi sore itu, selain ilmu mengenai Optimasi Facebook, sebuah informasi mengenai situs flash Lalalaway.com yang sangat menarik dengan tawaran booking hotel dan pesawatnya untuk berlibur ke suat u daerah.  

Menurut Audey Marc, Co Founder Lalalaway.com yang mengawali pertemuan, Lalalaway memberikan garansi promo hotel bintang 4 dan 5 termurah. Diskonnya sampai 70 %. Setiap orang dapat melakukan booking hotel secara online baik dengan penerbangan maupun tanpa penerbangan.  


Flash Sale situs booking Lalalaway.com

Jika membuka situs Lalalaway.com, banyak pilihan hotel murah dengan kualitas mewah yang ditawarkan di setiap minggunya. Ada gambar hotel dengan keterangan harga dan waktu flash sale yang tersedia. Juga tertera waktu travel window. Durasi menginapnya bebas, bisa 1 atau 4 hari.  

Menariknya, harga-harga hotel bintang empat dan lima ini ternyata nggak semua mesti dalam bilangan berjuta-juta. Ada juga yang dalam kisaran ratusan ribu, Rp.400 ribuan hingga 500 ribuan. Selain itu, maskapai penerbangan yang bekerja sama juga sangat terpercaya andal, Garuda Indonesia.

Untuk memperkenalkan Lalalaway, para peserta bermain dengan game kahoot yang seru. Yeay, ternyata setelah main game makin merasa asyik banget kalau bisa berlibur sekaligus dapat hotel cakep dan maskapai bagus.

Keseruan melihat gaya  postingan peserta di instagram (dok.windhu)

Optimasi Facebook
Buat saya yang suka menulis, mempromosikan tulisan melalui salah satu media facebook masih cukup efektif menjaring jumlah view. Ternyata tak salah karena berdasakan data Kompas, tahun 2018 ini pengguna aktif Facebook tercatat menguasai dua pertiga pasar, dengan jumlah pengguna lebih dari 2,17 miliar.

Naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Hingga Januari 2018, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia mencapai 130 juta akun dengan persentase enam persen dari keseluruhan pengguna.Bahkan Lalalaway saja masih menggunakan facebook, selain memiliki media sosial lainnya dan website sendiri.

Jadi, dengan optimasi facebook sebenarnya masih banyak yang bisa dimaksimalkan menjadi sebuah keuntungan, baik untuk promosi blog maupun promosi jualan. Lalu bagaimana cara mengoptimasi facebook?


Tampilan facebook lalalaway.com


Memaksimalkan Facebook
Ada dua pembicara yang menuturkan tentang facebook ads sore itu, yakni Supervisor SEO Bukalapak Rendra Saputra dan Darwin. Keduanya memang sudah terbiasa dengan rutinitas mengurusi media sosial, termasuk facebook.

Penjelasan-penjelasan yang semakin menyadarkan untuk serius menangai fanpage dengan serius. Apalagi pastinya, setiap orang yang punya facebook pasti pernah melihat adanya iklan yang ada di setiap tayangan facebook.

Nah alasan-alasan harus beriklan di facebook itu adalah memiliki visibilitas yang bagus, penargetan yang lebih tepat, bisa melakukan pengukuran ROI, berbagai model biaya yang tersedia, dan menghasilkan kualitas yang baik.  

Mengenai type iklan di facebook itu berupa awareness, consideration, dan conversion.  Type audiens di facebook juga dapat dibedakan atas core audience (audiens dari facebook; facebook yang membuatnya), custom audience (audiens yang merespon iklan/datanya dipegang), dan Lookalike audience (audiens yang diprediksi oleh facebook berdasarkan custom audience).

Sebelum melakukan iklan di facebook, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki fan page, yakni sebuah halaman khusus yang isinya beragam. Biasanya disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan keinginan pemiliknya, misalnya destinasi hotel dan maskapai untuk liburan seperti Lalalaway.com.


Foto bersama by Ikung

Dalam beriklan, tentu saja harus menyediakan dana. Untuk jangkauan orang yang melihat iklan mencapai ribuan orang per hari, seakan terbayar jika memang mampu dikelola maksimal. Selain dana yang diatur sesuai dengan yang dimiliki, perlu juga diperhatikan lama waktu beriklan.

Melalui facebook, target yang dituju juga diperjelas. Misalnya, dengan menargetkan usia sasaran iklan 20-35 tahun. Selain itu, yang menarik adalah postingan terpublish di blog yang dimiliki, dapat terhubung dengan instant article.

Namun untuk ini yang dibutuhkan adalah halaman facebook untuk wordpress website, facebokk page app, setidaknya minimal 10 atau lebih artikel di facebook, dan instant article untuk WP plugin. Penjelasan seperti ini membuat saya nggak sabar untuk memaksimalkan facebook untuk promosi blog saya!



Jadi ingin berlibur gara-gara Lalalaway (dok.windhu)

Bukber yang Manis
Suatu sore di Jl. Majapahit menjadi kegiatan bukber yang manis. Mengenal lokasi baru, kawan-kawan baru, dan ilmu baru. Tapi tak hanya itu, saya juga menikmati makanan berbuka dengan kurma yang manis plus tekwan yang hangat. 

Saya juga sempat menyantap kue tart yang manis dari Four Seasons Hotel, usai berfoto bareng. Satu lagi,saya jadi tahu situs booking hotel flash sale hotel aman dan terpercaya . Penutup hari di bulan puasa yang membuat saya ingin berlibur, hahaha.  


Manisnya kue cokelat Four Season di bukber  lalalaway (dok.windhu)

Komentar

  1. Ruangannya baru, tapi kece gila ya si lalalaway ini. Bikin betah ngantor di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, ruangannya instagramable banget. Asyik untuk foto-foto

      Hapus
  2. Optimize facebook. Mpo beluman lakukan karena Mpo agak malas nulis di fanspage. Semangat nulis ah mulai sekarang

    BalasHapus
  3. Pengen bisa optimasi facebook, tapi kok paling males banget buka facebook ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

Mengagumi Indonesia Melalui Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi

Wow ! Sebuah lukisan Perkawinan Adat Rusia yang tampak megah dan berukuran sangat besar langsung memikat mata, saat langkah kaki baru memasuki gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta, untuk melihat pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi, Minggu 27 Agustus 2017.
Meski bukanlah karya asli pelukis Rusia Konstantin Yegorovich Makovsky yang dibuat tahun 1881 dan hanya ditampilkan melalui LED, dalam pameran yang diselenggarakan untuk umum 2-30 Agustus 2017, lukisan itu seakan menyapa saya dan setiap pengunjung yang baru datang. Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk ruangan paling depan galeri nasional.
Karya asli abad ke-19 dengan ukuran 295 cm x  450 cm yang ditaksir bernilai sekitar Rp.18 Miliar itu sudah sangat tua, sehingga tak bisa dipindahkan dari Istana Bogor.



Untunglah, saya bisa datang tidak kesorean. Jelang siang, pengunjung Galeri Nasional semakin banyak. Saya memandang cap bertuliskan Senandung Ibu Perti…