Langsung ke konten utama

Ini Dia, Seputar Hoax, Mitos, dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui !


Sebelum melahirkan seorang anak yang lucu, perempuan menjalani proses kehamilan. Berbagai mitos kehamilan kerap muncul seiring kehamilan yang dialami ibu (dokpri)

Kehamilan buat seorang perempuan merupakan sebuah anugerah yang menyenangkan. Namun di sisi lain, sekaligus muncul rasa bingung dengan banyaknya informasi seputar kehamilan yang diterima. Manakah yang benar dan manakah yang mitos?

Artis Kinaryosih, yang ngetop dalam film layar lebar Mendadak Dangdut, pun mengungkapkan hal yang sama. Meski bukan kehamilan pertama, perempuan cantik yang kini tengah hamil tujuh bulan anak kedua, sering dibingungkan untuk membedakan informasi kehamilan yang mitos dan fakta.

Kehamilan pertama dan kehamilan kedua buatnya berbeda. Saat  anak yang kedua sudah diprediksi perempuan, Kinaryosih sekarang setiap hari minum air kelapa hijau dan minum air kacang hijau.

“Aku sebenarnya juga nggak tahu pasti mana yang mitos,mana yang bukan. Katanya kalau minum air kelapa hijau anaknya rambutnya jadi hitam legam. Anaknya juga jadi kuat,” tutur Kinaryosih dalam kegiatan Obrolan Langsat (Obsat) Beritagar.id ke-190 di Beranda Cafe.

Talkshow kesehatan yang dipandu Kristin Amelina dari Beritagar.id  ini menghadirkan narasumber  dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG (Obstetrics & Gynecologist  Mayapada Hospital),  Rahne Putri (blogger dan social influencer), dan Kartika Susanti (Komunitas TurnBackHoax dan Koordinator Mafindo).  

Saat  anak pertama yang kini berusia 5 tahun, Kinaryosih mengaku tidak minum air kelapa hijau dan air kacang hijau. Kebetulan anak pertamanya sering sakit. Sering flu. Itulah kenapa  Kinaryosih ingin anak keduanya menjadi anak yang lebih sehat.

Selain itu, meski tidak tahu kebenarannya, Kinaryosih merasa harus tetap berusaha untuk anak yang masih dikandungnya. Suami Kinaryosih  yang berambut botak, kata Kinaryosih,  malah tertawa saat diberi tahu harapannya selalu  minum air kelapa agar rambut anak yang dilahirkannya nanti tebal. 

Kebingungan akan banyaknya informasi seputar  kehamilan, yang  salah satunya minyak kelapa juga disampaikan oleh Rahne Putri. Untuk menghormati orang tua, banyak wejangan kemudin ditampung ibu satu anak yang berprofesi sebagai social influencer dan blogger ini. Tentu saja sambil mencari informasi melalui internet, melakukan googling.

Namun, ternyata tidak mudah juga. Saat googling, banyaknya jumlah artikel malah membuat  bingung.  Contohnya saja makan sate kambing saat hamil. Ada yang bilang boleh dan ada yang bilang tidak. Untungnya suaminya lebih menekankan yakin yang mana agar perasaan menjadi bahagia.

Menurut dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG (Obstetrics & Gynecologist dari Mayapada Hospital)  ada beberapa hal terkait hoax,mitos, dan fakta kehamilan, yakni :

1. Minum Air Kelapa Hijau 
Air kelapa hijau itu sebetulnya bagus karena mengandung elektrolit, kalium, glukosa, dan beberapa vitamin terlarut. Namun, tidak ada kaitannya bila dikaitkan dengan minum air kelapa hijau akan membuat kulit  anak menjadi putih dan bersih. Sebab, warna rambut, warna kulit, bentuk rambut seorang anak diwarisi dari kedua orang tuanya.

Intinya, boleh dikosumsi, tetapi jangan setiap hari karena kalau mengonsumsi kalium terlalu tinggi justru menjadi lemes atau hiperkalemia. Paling tidak, minumlah seminggu dua atau tiga kali.

2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa yang sifatnya licin diyakini dapat membantu proses melahirkan. Namun perlu diingat, bila diminum minyak kelapa tidak akan bisa menembus rahim. Sesuai alur, minyak kelapa masuk lambung-asam amino, hati, bali ke darah, sampai janin.  Tidak akan sampai ke bayi untuk melicinkan.

Meski demikian, hingga sekarang minyak kelapa masih digunakan untuk membantu persalinan di daerah pelosok dan posyandu.  Caranya dengan dituangkan di vagina atau dioleskan guna mempermudah persalinan.

3. Kacang Hijau
Mengonsumsi kacang hijau bagus untuk ibu hamil. Setiap hari pun tidak apa-apa. Kacang hijau lebih bagus saat belum pecah. Jika sudah pecah jadi karbohidrat. 

4. Makanan Mengandung MSG
Buat yang sering makan di luar, sulit mencari  yang tidak menggunakan MSG. Tenang,  MSG itu dalam kadar tertentu dibutuhkan sebagai energi otak. Dalam jumlah banyak baru akan menyebabkan gangguan pada saluran cerna.

5. Hamil Puasa Daging Kambing
Banyak calon ibu yang berhenti atau puasa makan daging kambing selama kehamilan. Padahal, sebetulnya dapat mengonsumsinya. Daging kambing lebih aman daripada daging sapi. Bebas lemak. Di Arab Saudi, hampir semua hidangan lebh banyak dg kambing.

Kalau sate bagaimana? Karena sate dipanggang, dekat dengan api jadi arang bisa sebabkan cancer. Selain itu, kematangan sate bakar tidak tahu. Sementara,steak yang welldone,  sudah pasti kolesterol rendah, serat tinggi, dan beberapa kandungan vitamin.

6. Susu Hamil
Minum susu?  Bangsa kita bukanlah bangsa peminum susu, melainkan minum susu kalau sedang merasa butuh. Nah, mengenai produk susu,  yang manakah cocok untuk orang hamil?

Susu hamil saat ini banyak yang beredar di pasaran, mulai dari susu mengatasi mual, hamil muda, dan lainnya. Hal itu semata strategi penetrasi pasar.  Sebenarnya kalau diperhatikan, dari segi komposisi susunya nggak terlalu jauh berbeda. Sesuaikan saja dengan yang dibutuhkan. Misalnya saja, pada tiga bulan pertama. Lebih baik beli susu putih lalu dikasih perasa, misalnya cokelat atau sirup strawberry.

7. Minum Kopi Saat Hamil
Nah, bagaimana dengan larangan minum kopi bagi orang hamil?  Ternyata boleh minum kopi saja asalkan konsumsinya tidak lebih dari 300 mg/hari. Asalkan tidak mempunyai penyakit hipertensi dan  penyakit magh. Selain juga tidak mempunyai risiko menghasilkan reaksi terbalik.  Sifat bagus dari kopi hipertropik, bisa dipakai merangsang otot jantung bekerja optimal, mempunyai efek menyegarkan.

8. Minum Teh
Minum teh sangat digemari oleh orang Indonesia, baik pagi maupunsore. Teh  juga tidak menjadi masalah bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Orang China atau Jepang malahan terbiasa meminum teh hijau. Kafein yang terkandung dalam teh juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kopi. Dikonsumsi secara cukup mampu meningkatkan mood  booster.


Komentar

  1. Yayaya... Bener banget. Msg sbnrnya dibutuhkan otak.. Cm kalo kelebihan bisa mabok kak. Mabok msg. Wkwkwk..

    BalasHapus
  2. waaah... baru tau kalau MSG dibutuhkan utk energi otak. Kira-kira berapa standar takaran normal utk makan MSG setiap harinya ya, Mba? *beneran nanya ini

    BalasHapus
  3. Ketemu tulisan ini, jadi inget lagi diskusi saat itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g

Beraktivitas Fisik, Periksa Kesehatan Rutin, Konsumsi Buah dan Sayur, Untuk Sehat dan Cegah Penyakit Tidak Menular

Melakukan aktivitas fisik, selama 30 menit sehari sangat penting untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang saat ini prevalensinya meningkat, yakni Kanker, Stroke, Ginal Kronis, Hipertensi, Diabets Melitus (foto: windhu)  Mendengar kata kanker, yang terbayang langsung adalah seketika ngeri. Tahu kenapa? Meski tergolong kategori Penyakit Tidak Menular (PTM), menderita penyakit  ini bisa  berakhir dengan kematian. Datangnya seringkali tidak diketahui. Menghindari faktor risiko dengan pola hidup sehat menjadi jawaban untuk mencegahnya . Mbak, kenapa  sekarang banyak orang yang kena kanker?  Tiba-tiba pertanyaan itu muncul dari Ega, adik bungsu, saat melakukan percakapan dalam grup whatsapp keluarga.   Adik saya itu tampaknya sedang sedih menerima kenyataan beberapa   teman kantornya terkena sakit kanker. Bahkan ada yang meninggal dunia di usia yang belum memasuki usia 50 tahun dan masih memiliki anak yang masih usia sekolah dasar. “Sepertinya kanker mewabah.

PopBox, Solusi Anti Repot Untuk Kirim, Titip, dan Ambil Barang via Loker

Pernah lihat lemari loker seperti ini? Smart locker yang disebut PopBox saat ini berjumlah 300 buah, yang tersebar di pusat perbelanjaan, apartemen, spbu, dan perkantoran, fungsinya untuk kirim, titip, dan ambil barang (dok.windhu) Waktu mulai merambat sore. Sudah memasuki pukul 17.00.   Saya memandang ke bawah dari balik kaca di lantai 11 Ciputra World, Lotte Avenue, Jl. Dr Satrio, Jakarta Selatan. Jalan terlihat dipadati mobil dan motor yang bergerak sangat lambat, termasuk di jalan layang. Cuaca pun berubah gelap   pertanda sebentar lagi hujan.     “Dilihat dari atas, mobil-mobil banyak ini seperti mainan, ya?” kata Sasi, salah seorang pengusaha batik muda asal Semarang, Jawa Tengah, yang ikut berpameran di ajang pertemuan perempuan yang diselenggarakan selama dua hari, yang saya ikuti. PopBox yang ada di pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue (dok.windhu) Saya tersenyum. Kelihatannya begitu kalau dilihat. Mobil jelas terlihat kecil dan menari