Langsung ke konten utama

Wisata Literasi, Menebar Cinta Buku dan Dunia Penerbitan Pada Siswa

Siswa-siswa sekolah melihat buku-buku di sebuah stand penerbit IIBF 2019  (dok.windhu)


Beberapa siswa berseragam sekolah  berdiri di sebuah  booth penerbit. Tangan-tangan mereka mengambil sebuah buku yang ada di depan tulisan kata diskon. Melihatnya sebentar, kemudian meletakkanya lagi. Sebelum akhirnya, mengambil buku dengan judul yang lain.

“Buku yang ini saja. Lucu tulisannya. Humor,” kata salah seorang dari mereka. Kawannya yang lain langsung menyambut gembira.”Iya, bisa ketawa-ketawa,” ujar yang lain.



Siswa-siswa itu melihat bapak dari penerbit yang sedang menjaga, para siswa ini pun langsung bertanya,”Pak, ini diskon, ya?”

Dengan kalem, si bapak menjawab,” Rp. 20.000 dapat tiga buku. Pilih saja, yang disuka.” 

Itulah salah satu percakapan yang ditemui Kamis 5 September 2019, hari kedua gelaran Indonesia International Book Fair (IIBF)  2019 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.



Siswa-siswa yang berseragam sekolah dari sejumlah sekolah mengikuti kegiatan Wisata Literasi Sekolah. Ada perwakilan siswa SD hingga SMA yang diajak berkeliling ke area pameran dan mengunjungi stand demi stand untuk mengenal buku dan penerbit.

Para siswa sekolah cukup antusias. Nabila,misalnya. Siswi kelas 5 SDIT Cordova Tangerang merasa senang bisa mengikuti kegiatan Wisata Literasi Sekolah. Gadis kecil yang suka membaca komik ini mengaku dirinya menjadi lebih tahu soal buku, bukan hanya dari dalam negeri saja. Ada juga yang dari luar negeri. “Saya beli buku ini,” ujarnya sambil memperlihatkan buku komik yang baru dibelinya.





Gadis kecil yang ternyata juga seorang warcil alias wartawan cilik di sekolahnya ini mengatakan mengerti ada penerbit buku yang bukan berasal dari Indonesia saja. Melihat banyaknya ragam diskon buku yang ada. Salah satunya zona kalap yang memberikan diskon hingga 90%.

Setelah berkeliling mengikuti wisata literasi sekolah, Nabila dan teman-teman sekolahnya duduk di jajaran bangku panggung utama yang sedang mengadakan talkshow.  Sejumlah anak SMU sedang memperagakan cara membuat video.


Wisata literasi sekolah, merupakan salah satu agenda kegiatan dalam IIBF 2019. Selain itu, masih banyak terdapat kegiatan-kegiatan lainnya seputar dunia kepenulisan, buku, dan karya penerbit.

Selain talkshow, worksop, dan peluncuran buku, salah satu kegiatan yang megundang banyak minat pengunjung untuk datang adalah Zona Kalap. Letaknya terpisah sendiri dengan diberikan pembatas.





Meski buku yang dikategorikan kan pada zona ini bukanlah buku baru terbit, tak mengurangi semangat para pengunjung untuk mencari buku yang diminati dengan harga relatif murah, tapi dalam kondisi yang baik.

Indah, warga Kelapa Gading yang datang dengan seorang kawan dan tiga anaknya memborong sejumlah buku di zona kalap ini. “Mungkin sudah nggak baru, tapi kan belum dibaca. Jadi  ya baru juga,” katanya.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g

Beraktivitas Fisik, Periksa Kesehatan Rutin, Konsumsi Buah dan Sayur, Untuk Sehat dan Cegah Penyakit Tidak Menular

Melakukan aktivitas fisik, selama 30 menit sehari sangat penting untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang saat ini prevalensinya meningkat, yakni Kanker, Stroke, Ginal Kronis, Hipertensi, Diabets Melitus (foto: windhu)  Mendengar kata kanker, yang terbayang langsung adalah seketika ngeri. Tahu kenapa? Meski tergolong kategori Penyakit Tidak Menular (PTM), menderita penyakit  ini bisa  berakhir dengan kematian. Datangnya seringkali tidak diketahui. Menghindari faktor risiko dengan pola hidup sehat menjadi jawaban untuk mencegahnya . Mbak, kenapa  sekarang banyak orang yang kena kanker?  Tiba-tiba pertanyaan itu muncul dari Ega, adik bungsu, saat melakukan percakapan dalam grup whatsapp keluarga.   Adik saya itu tampaknya sedang sedih menerima kenyataan beberapa   teman kantornya terkena sakit kanker. Bahkan ada yang meninggal dunia di usia yang belum memasuki usia 50 tahun dan masih memiliki anak yang masih usia sekolah dasar. “Sepertinya kanker mewabah.

PopBox, Solusi Anti Repot Untuk Kirim, Titip, dan Ambil Barang via Loker

Pernah lihat lemari loker seperti ini? Smart locker yang disebut PopBox saat ini berjumlah 300 buah, yang tersebar di pusat perbelanjaan, apartemen, spbu, dan perkantoran, fungsinya untuk kirim, titip, dan ambil barang (dok.windhu) Waktu mulai merambat sore. Sudah memasuki pukul 17.00.   Saya memandang ke bawah dari balik kaca di lantai 11 Ciputra World, Lotte Avenue, Jl. Dr Satrio, Jakarta Selatan. Jalan terlihat dipadati mobil dan motor yang bergerak sangat lambat, termasuk di jalan layang. Cuaca pun berubah gelap   pertanda sebentar lagi hujan.     “Dilihat dari atas, mobil-mobil banyak ini seperti mainan, ya?” kata Sasi, salah seorang pengusaha batik muda asal Semarang, Jawa Tengah, yang ikut berpameran di ajang pertemuan perempuan yang diselenggarakan selama dua hari, yang saya ikuti. PopBox yang ada di pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue (dok.windhu) Saya tersenyum. Kelihatannya begitu kalau dilihat. Mobil jelas terlihat kecil dan menari