Langsung ke konten utama

Tiga Resep Pendamping ASI (MPASI) dari Dapur Modena yang Patut Dicoba !







Menyiapkan makanan pendamping ASI sendiri lebih menyehatkan untuk diberikan kepada buah hati (dok.windhu)

Resep makanan pendamping ASI (MPASI) ini merupakan  resep yang dibuat di dapur culinary  Modena. MPASI untuk bayi berusia 6 bulan haruslah mengandung unsur 4 bintang, yakni karbohidrat, sayuran, buah, dan protein.



Baca Disini : Tips buat MPASI 

Tiga resep  yang terdiri atas nasi putih daging sapi edamame labu siam saus tomat, apple pie chia pudding, dan carrots &cheese crackers ini bisa menjadi pilihan ibu untuk dibuat dan diberikan kepada sang buah hati.  



Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labusiam Saus Tomat


Resep 1
Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labusiam Saus Tomat

Bahan :
4 sdm beras putih organik
1 potong daging sapi
1 genggam edamame
½ buah bit
1 buah labu siam kecil
Kaldu sapi
½ bawang bombay
EVOO (ekstra virgin olive oil)

Metode :
1. Cuci bersih semua bahan dan kupas
2. Masak beras putih bersama kaldu sapi hingga menjadi nasi
3. Parut bit dan labu siam, belah tomat menjadi dua
4. Masukkan parutan daging, labu siam bit, bawang bombay, dan tomat dalam wadah stainless, kemudian kukus kurang lebih 20-25 tomat atau hingga matang lalu angkat.
5. Tomat  dihancurkan dengan saringan kawat
6. Rebus Edamame hingga empuk lalu isahkan dengan kulitnya. Hancurkan edamame dengan saringan
7. Masing-masing bagi 3 bagian, yang 2 bagian biarkan hingga uap panasnya hilang, masukkan di wadah tertutup untuk disimpan sebagai makan siang, dan makan malam.
8. Masukkan satu bagian di dalam mangkok (bit aduk-aduk campur dengan labu siam tambahkan 1 sendok EVOO).


Apple Pie Chia Pudding (dok.windhu)

Resep MPASI 2

2. Apple Pie Chia Pudding
Bahan :
1 buah Apel Fuji1/2 cup susu kedelai (bisa diganti dengan ASI/susu formula)
1 sdm chia seeds
2 sdm batang kayumanis (optional)

Garnish (optional)
Irisan apel
Canberry
Daun mint


Metode :
1. Potong apel fuji dengan potongan kotak-kotak
2. panaskan air, tunggu hinga air mendidih kemudian tambahkan kayu manis dan potongan apel. Masak hingga apel matang kemudian tiriskan  dan tunggu hingga agak dingin.
3. Siapkan blender, masukkan potongan apel yang sudah direbus dan tambahkan susu kedelai. Blender halus.
4. Setelah halus, tambahkan chia seed
5. Pindahkan ke wadah kemudian simpan di dalam lemari pendingn selama minimal 1 jam atau lebih enak bila dikonsumsi keesokan harinya.

Carrots & Cheese Crackers (dok.windhu)


Menu MPASI ke-3
Carrots & Cheese Crackers
Bahan :
200 gr wortel (parut)
70 gr keju cheddar (parut)
2 pcs telur
4 sdm rlled oats (haluskan oat hingga menjadi tepung)
3 sdm almond powder
1 sdm olive oil (optional)

Metode :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius
2. Haluskan oat dengan blender hingga menjadi tepung
3. Blance parutan wortel selama kurang lebih 3 menit, kemudian saring dan keringkan dengan kitchen napkin sampai benar-benar kering
4. Siapkan wadah, masukkan tepung oat, telur, keju, wortel, dan olive oil kemudian aduk rata
5. Cetak adonan dengan ukuran kurang lebih ½ cm kemudian panggang hingga matang
6. Tunggu hingga biskuit dingin. Kemudian sajikan.

***
Itulah tiga menu Makanan Pengganti ASI (MPASI) yang bisa dicoba para ibu untuk buah hatinya di  rumah. Tidak memerlukan waktu banyak dan menggunakan bahan-bahan yang relatif mudah didapatkan di pasaran.

Tentunya, seorang ibu selalu ingin memberikan yang terbaik untuk asupan makanan buah hati agar tumbuh kembangnya menjadi maksimal dan sesuai tahapan pertumbuhan. Selamat Mencoba!

Komentar

  1. Selain enak pastinya juga bernutrisi ya...saya juga dulu rajin nyatet resep setiap harinya buat mpasinya si kecil

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g

Beraktivitas Fisik, Periksa Kesehatan Rutin, Konsumsi Buah dan Sayur, Untuk Sehat dan Cegah Penyakit Tidak Menular

Melakukan aktivitas fisik, selama 30 menit sehari sangat penting untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang saat ini prevalensinya meningkat, yakni Kanker, Stroke, Ginal Kronis, Hipertensi, Diabets Melitus (foto: windhu)  Mendengar kata kanker, yang terbayang langsung adalah seketika ngeri. Tahu kenapa? Meski tergolong kategori Penyakit Tidak Menular (PTM), menderita penyakit  ini bisa  berakhir dengan kematian. Datangnya seringkali tidak diketahui. Menghindari faktor risiko dengan pola hidup sehat menjadi jawaban untuk mencegahnya . Mbak, kenapa  sekarang banyak orang yang kena kanker?  Tiba-tiba pertanyaan itu muncul dari Ega, adik bungsu, saat melakukan percakapan dalam grup whatsapp keluarga.   Adik saya itu tampaknya sedang sedih menerima kenyataan beberapa   teman kantornya terkena sakit kanker. Bahkan ada yang meninggal dunia di usia yang belum memasuki usia 50 tahun dan masih memiliki anak yang masih usia sekolah dasar. “Sepertinya kanker mewabah.

PopBox, Solusi Anti Repot Untuk Kirim, Titip, dan Ambil Barang via Loker

Pernah lihat lemari loker seperti ini? Smart locker yang disebut PopBox saat ini berjumlah 300 buah, yang tersebar di pusat perbelanjaan, apartemen, spbu, dan perkantoran, fungsinya untuk kirim, titip, dan ambil barang (dok.windhu) Waktu mulai merambat sore. Sudah memasuki pukul 17.00.   Saya memandang ke bawah dari balik kaca di lantai 11 Ciputra World, Lotte Avenue, Jl. Dr Satrio, Jakarta Selatan. Jalan terlihat dipadati mobil dan motor yang bergerak sangat lambat, termasuk di jalan layang. Cuaca pun berubah gelap   pertanda sebentar lagi hujan.     “Dilihat dari atas, mobil-mobil banyak ini seperti mainan, ya?” kata Sasi, salah seorang pengusaha batik muda asal Semarang, Jawa Tengah, yang ikut berpameran di ajang pertemuan perempuan yang diselenggarakan selama dua hari, yang saya ikuti. PopBox yang ada di pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue (dok.windhu) Saya tersenyum. Kelihatannya begitu kalau dilihat. Mobil jelas terlihat kecil dan menari