Langsung ke konten utama

Majalah Dinding, Jendela Informasi

Salah satu contoh mading yang menampilkan sejumlah informasi (foto:kemenagprobolinggo.wordpress.com)

PANDANGAN mata saya terarah pada sebuah majalah dinding yang ada di depan mushola, yang terletak di lantai basement gedung CNI, di sela acara touring Fun Blogging-CNI, Minggu 3 Maret 2016 lalu.

Dalam majalah dinding tersebut, tersusun secara sederhana jadwal shalat, informasi pengajian, dan beberapa materi agama Islam. Keseluruhan yang ditempelkan memiliki nilai infomatif meski diletakkan dengan apa adanya.

Pikiran saya langsung melayang saat saya duduk di sekolah menengah atas. Saat mengenakan baju putih abu-abu itulah saya mulai lebih mengenal dunia majalah dinding dan menulis.

Saya sudah tahu majalah dinding sejak masih SMP tapi baru benar-benar tahu saat sudah SMU karena mulai terlibat langsung dalam pengisian mading. Kala itu, pengisian dijadwalkan bergantian setiap kelas.

Awalnya antusias namun lama kelamaan agak berubah menjadi membingungkan. Semula yang dianggap sepele dan gampang ternyata tidak mudah. Membuat mading ternyata memerlukan tim yang solid, kekompakan, dan pembagian tugas kerja yang jelas.   

Alasannya, tentu saja karena akan berpengaruh pada materi yang akan dimunculkan di mading, darimana sumber materinya, berapa jumlah materi, dan hiasan-hiasan apa yang akan ditambahkan dalam tulisan di mading.

Unsur siapa yang mengerjakan menjadi begitu penting. Kemudian siapa yang bisa menggantikan siapa jika kebetulan tidak dapat mengerjakan. Karena awalnya tidak begitu terencana, jadilah mading yang dibuat pun tampil ala kadarnya. Pembagian tugas yang tidak begitu jelas terkadang membuat malah membuat saling menimpali dan merasa yang paling baik hasilnya.  

Alhasil bukan yang diinginkan tercapai. Bahkan sulit untuk dikatakan menarik. Jangankan mampu membuat orang lain datang untuk membaca, majalah dinding yang ada tidak mempunyai pesona sama sekali.

Lambat laun, mading pun sepi peminat. Pasukan yang mengerjakan pun patah semangat. Mading pun kemudian mati suri. Tidak lebih dari sekedar menempelkan informasi-informasi sekolah  ataupun info-info lain yang berkaitan dengan kegiatan umum sekolah.

Hingga saat ini, saat melihat mading di sebuah sekolah, perguruan tinggi, ataupun suatu institusi saya pun ternyata melihat banyak mading yang dikerjakan dengan begitu saja.

Padahal, mading adalah sebuah media yang dapat meningkatkan interaksi di antara pembacanya. Media untuk membangun karakter. Informasi dengan gamblang seharusnya dengan mudah bisa didapatkan dari mading. Kreativitas pun bisa hadir dari sebuah mading.

Dalam sebuah masyarakat, keberadaan mading juga ternyata memegang peranan penting. Pihak kelurahan misalnya, pernah meminta adanya mading-mading di tingkatan warga sebagai media warga, media komunikasi, dan media informasi.

Permasalahannya kembali ke titik awal, siapa yang akan mengerjakan dan mengelolanya secara rutin agar tidak sekedar menjadi papan tempel informasi ala kadarnya.   

Mengelola mading tidak sesepele yang diduga.Butuh konsistensi, komitmen,  perencanaan, saling kerja sama, dan saling menghargai. Dalam mengerjakannya pun membutuhkan eksplorasi, produktivitas, dan kreativitas sehingga mading benar-benar bermanfaat bagi yang membaca dan mengelolanya.

Berikut beberapa hal yang perlu ada terkait mading :
1. Pembagian tugas
Pembagian tugas yang jelas sangat penting. Siapa yang mengerjakan apa. Siapa yang mengerjakan materi, desain, dan lainnya. Pengelola mading dapat meniru pola pembagian tugas dalam keredaksian sebuah penerbitan media, seperti media cetak. Ada  redaksi hingga, tata letak, desain, hingga promosin ya.

2.  Kesepakatan Aktivitas Mading
Mading yang dimiliki jelas masa penayangannya berapa lama, apakah bulanan, dwimingguan, ataipun mingguan. Update dilakukan setelah penayangan berapa lama. Harus ada kejelasan rubrik-rubrik apa saja yang ada di mading

3. Memiliki Tema yang Informatif, Menarik, dan Disukai
Menentukan tema dalam sebuah mading memerlukan kesepakatan dan diambil melalui rapat pengelola mading. Tema yang menarik akan mengundang pembaca untuk mendekat dan mencari informasi. Selain juga memudahkan dalam mendesain dan melakukan penempatan materi secara menarik.

4. Publikasikan Mading Secara Luas
Setelah mading secara meteri, desain dan tata letak selesai siap ditempel, langkah publikasi perlu diambil. Promosikan apa yang ada di dalam mading agar mampu menarik pembaca. Ajak pembaca untuk terlibat sehingga ada interaksi dua arah.
Saat ini publikasi mading dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain melalui media sosial, seperti twitter, facebook,  dan instagram.

Seandainya sepakat, dapat juga menggunakan media blog gratisan,seperti blogspot dan wordpress. Saat ini anak sekolah pun sudah bisa membuatnya dengan mudah.

Tertarik dengan mading? Mari kita coba...


Komentar

  1. memang mading sepertinya kurang populer sekarang...eh saya juga kurang begitu paham. Tulisan ini bikin yang baca jadi pengen menggiatkan mading lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya, mungkin karena sekarang zaman smartphone yang lebih cepat informasinya. Padahal mading sarana interaksi mudah meriah dan terefektif sebenarnya, mbak Archa Bella

      Hapus
  2. iya..di RW sini juga ada mading tapi kurang terurus dan info-infonya ditumpuk aja gitu. Bisa nih dibahas kalau ada rapat RW.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mading memang kurang terurus. Sekedar tempat menempelkan pengumuman. Harus ada timnya. Semoga bermanfaat, mbak Helenamantra

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g