Langsung ke konten utama

Pesan Tiket Kereta Api Lebaran Secara Online? Ini Caranya Lewat Aplikasi Pegipegi !

Berpegian ke suatu daerah tujuan menggunakan kereta api menjadi pilihan banyak orang, terutama saat mudik lebaran. Kini, membeli tiket kereta lebaran bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis. (dok.windhu)

Berpegian ke suatu daerah tujuan menggunakan kereta api menjadi pilihan banyak orang, terutama saat mudik lebaran. Kini, membeli tiket kereta lebaran bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis. (dok.windhu)


Lebaran nggak pulang kampung? Rasanya seperti makan sayur tanpa garam.  Sangat sayang untuk melewatkan hari kemenangan yang memang selalu ditunggu setiap tahun. Dari jauh-jauh hari, perjalanan mudik pun sudah direncanakan. Salah satunya, menggunakan transportasi yang menjadi favorit masyarakat umum, yakni kereta api.

Mencari jadwal kereta api, mau nggak mau harus dilakukan. Tentu saja dengan maksud, supaya bisa mendapatkan tiket kereta yang diinginkan. Jangan sampai kehabisan tiket kereta api. Soalnya, mudik naik kereta api sangat menyenangkan. Apalagi, jika digabungkan sekaligus dengan wisata tahunan bersama keluarga.


Mempersiapkan tiket kerera api lebaran bisa dilakukan mulai H-90 sebelum keberangkatan (dok.windhu)

Buat saya, perjalanan menggunakan kereta api selalu memberikan cerita tersendiri.  Saya bisa menikmati perjalanan yang dilalui dari satu stasiun pemberangkatan, stasiun di sepanjang perjalanan, hingga stasiun tujuan.  Melihat pemandangan luar yang terhampar dari jendela kaca di sebelah tempat duduk.

Dari segi harga, menggunakan kereta api juga jauh lebih menawarkan beragam pilihan untuk para calon pemesan dan calon penumpangnya. Meski demikian, untuk keperluan mudik lebaran sebaiknya segera pesan supaya tenang dan tidak kehabisan tiket. kereta api lebaran Terutama untuk tujuan  mudik populer di wilayah Jawa, seperti Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Malang, Solo, dan Cirebon.


Selalu ada cerita bila menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan (dok.windhu)


Tips Mudik dengan Naik Kereta Api

Begitu  sudah memutuskan untuk pulang kampung menggunakan kereta api ke daerah tujuan, biasanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

1. Jadwal Pesan Tiket Kereta

Saat ini pemesanan tiket kereta api lebaran sudah bisa dilakukan H-90 sebelum keberangkatan kereta. Jadi, bisa menyiapkannya dengan lebih longgar waktu. Karenanya, bisa disesuaikan dengan waktu libur kerja.
Misalnya saja, untuk mudik lebaran tahun 2019. Pesan tiket kereta api sudah bisa dilakukan mulai tanggal 25 Februari 2019, untuk pemberangkatan H-10 sebelum lebaran, yakni pada 26 Mei 2019. Arus mudik diperkirakan hingga tanggal 4 Juni 2019 (H-1), satu hari jelang hari raya Idul Fitri.

2. Sesuaikan dengan anggaran pulang kampung

Saat pulang kampung alias mudik, kebutuhan tak terduga biasanya berlipat.  Memutuskan pulang kampung dengan naik kereta api, berarti juga harus menentukan tiket kereta api kelas apa yang dipilih. Bisa tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Tentu saja, harga dan kenyamanan yang didapatkan berbeda tiap kelas.

Tiket  kereta api kelas ekonomi jauh lebih murah dari kelas bisnis, sedangkan kelas bisnis lebih murah dari kelas eksekutif. Namun, ketersediaan jumlah kursi tentu saja yang terbanyak adalah kelas ekonomi, jik dibndingkan dengn kelas bisnis dan eksekutif.

Dari segi waktu tempuh perjalanan, kelas eksekutif pastinya lebih cepat ketimbang bisnis, apalagi ekonomi. Soal kenyamanan, kursi kelas eksekutif dan bisnis dapat diatur. Cuma, kalau di bisnis tidak bisa dirotasi. Untuk kelas ekonomi, kursi yang tersedia hanya tegak, tidak dapat diatur, dan tidak dapat dirotasi.

Perbedaan lainnya adalah full AC (eksekutif dan bisnis), ekonomi (AC Standar). Penyediaan bantal dan selimut kalau kelas eksekutif gratis, sedangkan kelas bisnis dan ekonomi berbayar.  Sementara,  untuk toilet, colokan listrik, dan gerbong khusus penjual makanan tersedia untuk yang ingin membeli makanan dan minuman selama perjalanan.

3.  Pilihan cara pesan tiket kereta api

Saat ini, pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan dengan berbagai channel (saluran) beli tiket kereta api. Bisa mendatangi convenience store. Bisa juga melalui situs resmi milik PT Kereta Api dan membeli secara melalui online store. Bahkan melalui aplikasi.  


Pembelian tiket kereta api menggunakan aplikasi saat ini bisa menjadi pilihan bagi para pengguna jasa kereta api (dok.windhu)


Beli Tiket Kereta Api dengan Aplikasi Pegipegi

Cara yang paling mudah dilakukan untuk beli tiket kereta api saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Pegipegi. Alasannya tentu saja dengan aplikasi, cukup bermodalkan smartphone android.

Nah,  untuk keperluan tiket kereta api lebaran, aplikasi PegiPegi ini bisa diandalkan. Mulai dari pengecekan jadwal kereta api, cari tiket kereta api, pesan tiket kereta api online, mengetahui  harga tiket kereta api, hingga beli tiket kereta api ke daerah tujuan mudik.

Kalau saya yang suka kepraktisan, pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi Pegipegi  memang lebih mudah dan sangat membantu. Kenapa? Karena memiliki rute yang lengkap untuk semua jenis kelas.


Ini karena merupakan patner resmi dengan PT Kereta Api Indonesia (persero) dan railink.
Jadi, calon pemesan tinggal pesan saja sesuai keinginan dan  ketersediaan tiket kereta api ke arah tujuan sebelum tanggal keberangkatan.

Hal lainnya adalah karena dilakukan melalui aplikasi, pastinya transaksi bisa dengan mudah dilakukan dan nggak perlu antri. Tinggal menentukan hari dan jam berangkatan, kota tujuan, serta pilih kereta dan pilih kursi yang diinginkan.  




Untuk pilihan metode pembayaran tiket kereta api yang dipesan pun bisa berbagai cara, mulai dari ATM Transfer, Kartu Kredit, hingga Internet Banking. Hal lainnya adalah sudah
terverifikasi oleh SSL yang menjamin privasi dan keamanan transaksi online. Kebayang kan jika data pribadi tidak aman?

Satu hal yang membuat saya terpikat adalah adanya berbagai penawaran menarik dan promo seru yang diberikan.  Buat saya, yang seperti ini yang menyenangkan karena bisa lebih menghemat. Ada travel tipsnya juga di aplikasi.



Lalu bagaimana cara pesan tiket kereta lebaran melalui Pegipegi? Ini dia langkahnya, yakni :
1. Unduh aplikasi Pegipegi melalui google playstore atau appstore melalui smartphone
2. Lakukan register jika belum punya akun atau login
3.  Pilih gambar pesan tiket kereta. Nanti ada pilihan pesanan tiket untuk satu arah atau pergi pulang sekaligus. Nanti akan langsung terarah ke pilihan kereta yang lewat lokasi tujuan,  harga tiket dan ketersediaan tiket.
4. Tentukan pilihan tiket kereta sesuai dengan jam pemberangkatan dan jam tiba, apakah pagi, siang, sore, ataupun malam. Untuk harga tiket bisa diurutkan dari harga yang termurah hingga harga yang termahal.
5. Lengkapi data diri pemesan menggunakan no identitas dan lakukan konfirmasi pembayaran.  Akan ada notifikasi melalui email. Jika bingung, ada bantuan pelanggan yang bisa dihubungi melalui telepon dan email.
6.  Lakukan pembayaran dengan pilihan metode pembayaran. Manfaatkan diskon tiket kereta api yang ada supaya lebih murah.
7. Tukarkan e-ticket dengan memanfaatkan fasilitas mesin cetak tiket mandiri di stasiun untuk mencetak tiket atau boarding pass. Melakukan check in di stasiun. Naik kereta api lebaran dengan gerbong dan nomor kursi yang sudah dipilih.
8. Berangkat dan menikmati perjalanan dari stasiun pemberangkatan hingga stasiun tujuan.




Komentar

  1. Aku pakai pas ke Cirebon kemarin. Enak ya zaman now dari aplikasi tiket promo aja kita tahu ya kak

    BalasHapus
  2. Aku pernah pesan tiket lewat pegi pegi. Gampang. Suka ada promo lainnya.

    BalasHapus
  3. Nah daripada antri apalagi cuaca tidak bisa diprediksi saat ini beli tiket kereta api buat mudik lebaran nanti di pegipegi saja ya. Lebih praktis dan banyak keuntungannya

    BalasHapus
  4. baiklah ku unduh app pegipegi, biar bisa manfaatkan diskonnyaa

    BalasHapus
  5. Kalo pembatalan bida juga nggak mba lewat aplikasi gitu. Soalnya yang aku tahu harus k stasiun

    BalasHapus
  6. Saya ga mudik karena bekerja di sekitaran tempat tinggal, tapi kayanya harus pesan tiket juga untuk pergi wisata, pake pegipegi lebih mudah nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.
 “Ini obat apa?” tanya saya.
Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya.
Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly).

Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini.
Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan dimana-mana. Meluas dari satu grup wa k…