Langsung ke konten utama

Thank Your Losses, Dari Kekalahan Menuju Kemenangan


Thank Your Losses, setelah kekalahan ada pembelajaran untuk kemenangan (tangkaplayar Nabbsky)


Saat menghadapi sebuah kekalahan,reaksi yang dimunculkan seseorang tak selalu sama. Suatu kekalahan bisa ditanggapi berbeda. Namun sebenarnya, tak semua kekalahan itu menyakitkan. Kekalahan atau kegagalan dapat juga berujung manis. Sehingga bisa bilang, Thank Your Losses.

Setidaknya, player pro Nabbsky dalam “Mabar Valorant Yuk” pada Agustus 2022 menunjukkan jika sebuah kekalahan atau kegagalan yang dialami bukanlah berarti tamat dan berakhir. Perempuan muda ini bahkan belajar bahwa suatu kekalahan bisa membuahkan suatu prestasi.

Nabbsky, yang punya nama asli Nabbila tapi sering juga disapa Nabubuy, Abang Nab, Om Nab, atau Tante Nab, punya segudang pengalaman mengenai kekalahan dan kegagalan dengan jam terbangnya di turnamen esport yang sudah tinggi. Mengenal dunia kompetitif sejak dari bangku sekolah dasar hingga perkuliahan.


Nabbsky yang namanya kini diperhitungkan sebagai wanita di dunia esport memulai petualangannya di dunia game dengan tidak mudah. Cewek ini pernah merasakan ada di era player pro perempuan masih dihitung dengan jari. Dulu hanya Andrea dan dirinya.

Saat awal-awal ikut turnamen, tak sedikit yang meng-under estimate kemampuan player pro perempuan. Malahan, ada yang menyebut ‘back to kitchen’ saja. Selain tentunya harus ikut turnamen bersama cowok-cowok

Berbeda kondisinya dengan saat sekarang yang semua sudah lebih dikenal, ladies esport lebih berkembang, dan jumlah player pro perempuannya banyak. Nabbsky terjun ke professional pada tahun 2013 menjadi bagian female fighters. Suka duka membangun tim dirasakannya.

Arti Kemenangan dan Kekalahan

Setiap ada yang meraih kemenangan , tentunya ada yang mengalami kekalahan. Bagi Nabbsky, kekalahan sudah jadi hal yang lumrah karena ada faktor internal dan eksternal. Tidak ada hal yang bisa menjamin jadi juara, Tinggal tunjukkan yang terbaik dan  berusaha untuk menerima dan mengikhlaskan yang berlalu.


Kalah maupun menang merupakan hal yang biasa di dunia yang kompetitif. Karena beberapa kali mengalami kekalahan, mental Nabbsky terbangun. Jumlah pengalaman bertambah dan tidak mudah goyah untuk terus mencoba sesuatu.

Seandainya berhasil meraih kemenangan, hal itu adalah hasil dari kekalahan yang dialami. Belajar bahwa suatu kekalahan bisa membuahkan suatu prestasi. Karenanya, menjaga mindset itu penting. Kalaupun sudah sebagai seorang juara, juga harus mempersiapkan mental  supaya tidak mudah menyerah ketika sedang di-running score oleh musuh.

Mampu menempatkan diri dan mempunyai mindset kalau game-nya belum berakhir berarti nggak boleh menyerah. Untuk menang, selalu disiplin menjaga rutinitas latihan dan tidak boleh bersikap santai walaupun sudah menang banyak turnamen. 

Alasannya, karena akan menjadi target musuh. Sebagai salah seorang juara,harus memiliki pola pikir,saat menjadi seorang juara maka tim lain akan mencari celah atau kelemahan.


Thank  Your  Losses, Menyikapi Kekalahan

Ketika menghadapi kekalahan, Nabbsky akan meluapkan emosi dengan cara puas-puasin marah dan kesal. Namun, cukup di hari itu saja. Besoknya, move on. Setelah mereda, lakukan riset dari kekalahan-kekalahan yang ada. 

Kemudian,briefing dengan teamwork untuk mencari bagaimana bisa kalah daripada blaming pada hal ga penting. Contohnya, misalnya mencari-cari kesalahan seperti kalah aim, kalah strat, atau comms yang buruk banget di tim. Setelah kita cari masalah yang ada, kita fix-in. Habis itu fokus ke turnamen di depannya.

Intinya, berusaha melihat sisi positif dari sebuah kekalahan dan menjadikan kekalahan itu sebagai proses pembelajaran. Ingat, yang namanya progress itu nggak langsung nukik dari bawah ke atas.

Kalau dianalogikan seperti melewati anak tangga. Harus melewati step demi step anak tangga tersebut. Dari level 1, level 2, level 3, hingga bisa mencapai level anak tangga tertinggi.

Yang penting sabar, terus berusaha, jangan piutus asa untuk memberikan progress terhadap diri dan tim. Selain itu, tentu saja mempersiapkan diri untuk turnamen dengan dilengkapi perangkat tekini laptop gaming yang mumpuni dari Omen by HP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

Beraktivitas Fisik, Periksa Kesehatan Rutin, Konsumsi Buah dan Sayur, Untuk Sehat dan Cegah Penyakit Tidak Menular

Melakukan aktivitas fisik, selama 30 menit sehari sangat penting untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang saat ini prevalensinya meningkat, yakni Kanker, Stroke, Ginal Kronis, Hipertensi, Diabets Melitus (foto: windhu)  Mendengar kata kanker, yang terbayang langsung adalah seketika ngeri. Tahu kenapa? Meski tergolong kategori Penyakit Tidak Menular (PTM), menderita penyakit  ini bisa  berakhir dengan kematian. Datangnya seringkali tidak diketahui. Menghindari faktor risiko dengan pola hidup sehat menjadi jawaban untuk mencegahnya . Mbak, kenapa  sekarang banyak orang yang kena kanker?  Tiba-tiba pertanyaan itu muncul dari Ega, adik bungsu, saat melakukan percakapan dalam grup whatsapp keluarga.   Adik saya itu tampaknya sedang sedih menerima kenyataan beberapa   teman kantornya terkena sakit kanker. Bahkan ada yang meninggal dunia di usia yang belum memasuki usia 50 tahun dan masih memiliki anak yang masih usia sekolah dasar. “Sepertinya kanker mewabah.