Langsung ke konten utama

Kredibel dan Beretika Profesional, Sikap yang Harus Dipunya Blogger!

 

Blogger Harus Kredibel dan Beretika Professional (dok.windhu)

Kredibel dan beretika profesional. Bisa dibilang, itulah harga mati yang harus dimiliki seseorang yang terjun dalam dunia tulis menulis. Tidak ada tawar menawar, di era digital yang disertai dengan kecepatan tinggi, sebuah kepercayaan tinggi harusnya  sudah tertanam dan melekat dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

Sejak memutuskan untuk memasuki dunia blogging, kemampuan menulis bisa jadi merupakan hal yang utama. Namun, ternyata jika diselami bukanlah sekedar kebisaan menulis. Banyak hal lain yang menyertainya dan mau tak mau harus diikuti.

Alasannya sederhana, dalam menjalani sebuah profesi, tentu tidak boleh setengah-setengah. Harus dilakukan dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab, Dengan kata lain, harus kredibel, yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya dapat dipercaya.

Memiliki kredibilitas bisa dimaknakan juga sebagai punya kualitas, kapabilitas, atau kekuatan yang dapat menimbulkan kepercayaan. Nah, darimana kredibilitas itu muncul? Tentunya dari aktivitas yang dilakukan. Sebagai blogger, tentunya ada beberapa hal yang harus dikuasai. Apa saja?

1. Kemampuan Menulis

Yups, kemampuan menulis dengan baik dan benar harus dikuasai. Mulai dari cara membuka tulisan yang enak, alur tulisan, istilah yang digunakan, hingga tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan Bahasa Indonesia. Tahu kalimat besar dan kecil, pemenggalan kata, sampai penggunaan tanda baca. Intinya sih, agar tulisan mudah dipahami.

Seorang blogger memang  tidak bekerja di sebuah media yang memiliki atasan untuk mengecek tulisan. Namun, setiap informasi dan tulisan yang disampaikan dalam blognya juga harus akurat dan dapat dipercaya. Perlu juga mengecek kebenaran informasi yang akan ditulis agar tidak menjadi artikel yang hoaks.

Jangan asal comot suatu foto atau tulisan dari website, buku, atau media tanpa izin dengan sengaja, tidak mencantumkan asal/sumber kutipan, dan tidak bertanggung jawab atas isi artikel. Selain melanggar hukum, perbuatan ini juga tidak terpuji karena melanggar etika.

2. Kemampuan Menyebarluaskan Artikel

Apalah artinya artikel bagus yang ditulis jika informasinya tidak tersampaikan alias tidak banyak yang membaca? Makjleb banget! Karena itulah membuat artikel yang mudah dalam penelusuran mesin pencari harus dipahami. Istilahnya menguasai SEO, mengetahui kata kunci  tulisan yang baik sehingga mampu ada di peringkat satu google.

Menyebarluaskan artikel ini tenu saja juga berkaitan dengan penguasan terhadap media sosial yang kerap digunakan sebagai media memposting tulisan dengan gambar. Perlu tahu jam-jam posting yang sesuai hingga mendapatkan jumlah pengikut (follower) yang banyak.

3. Kemampuan Bernegosiasi   

Kemampuan bernegosiasi bagi seorang blogger sangat penting. Ketika memasuki jenjang profesional, yang antara lain ditandai oleh blog yang sudah punya domain (TLD), tentu sudah berhubungan dan bekerja sama dengan pihak ketiga. Blog yang dimiliki ujungnya harus bisa menghasilkan.

Dalam upaya bisa mendapatkan keuntungan maka kemampuan bernegosiasi akan berperan sebagai daya tawar. Semakin mampu bernegosiasi, tentunya kemungkinan lolos untuk memperoleh penghasilan lebih besar terbuka.

4. Kemampuan Berpenampilan

Hadir di suatu acara juga harus mampu menempatkan diri. Misalnya saja, datang ke sebuah acara yang diselenggarakan di suatu hotel tentu berbeda dalam berpakaian ketika hendak melakukan ulasan. Termasuk di dalamnya dengan menggunakan aksesoris yang sesuai dan bermake up yang pantas sesuai kondisi.    

Blogger Perlu Beretika Profesional (dok.windhu)

Blogger Beretika Profesional

Blogger harus punya etika proefsional. Apa ada hubungannya etika dengan aktivitas sebagai blogger? Ternyata sangat ada. Etika dalam KBBI adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).

Sementara profesionalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.

Sehingga, beretika profesional adalah orang yang secara mutu, kualitas dan sikapnya mencerminkan profesinya dengan bisa memebedakan hak dan kewajiban serta baik dan buruk. Profesional juga berarti tidak ngaret dan melanggar kesepakatan, ya!

Contoh yang mudah dalam beretika profesional sebagai blogger adalah memiliki integritas, memegang janji dan prinsip, punya akuntabilitas, menghormati orang lain, mampu menerima kritik, bangga terhadap profesinya hingga kesediaan mau terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri.

Secara etika, sesama bloger tidak saling menjatuhkahkan, ,menyebarkan isi perjanjian kerjasama dengan pihak lain, tidak men-screen shoot percakapan tanpa izin atau menjatuhkan blogger lain.

Jaga Kredibilitas dengan Berkomunitas (dok.windhu)


Jaga Krediblitas dengan Berkomunitas

Nah untuk menjaga kredibilitas, seorang blogger sangat baik bila bergabung dengan suatu komunitas profesi. Banyak keuntungan yang bisa didapat, baik dari segi pertemanan yang meluas, mengembangkan diri dan kemampuan, hingga untuk menjaga reputasi, krebilitas, dan profesionalitas yang dimiliki.

Tentu saja, komunitas yang dipilih haruslah benar karena sesuai dengan tujuannya, berkomunitas merupakan wadah dari sekelompok orang yang saling berinteraksi dan biasanya punya kesukaan yang sama. Komunitas blogging misalnya terdiri atas orang-orang yang suka ngeblog.

Sebuah komunitas yang turut membantu saya dalam mengembangkan kemampuan dalam dunia blogging adalah komunitas blogger crony. Bergabung sejak tahun 2015, sejak awal komunitas ini didirikan, sudah delapan tahun saya ikut tumbuh danberkembang bersama melalui program-program yang dimiliki komunitas ini.

“Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.”

Bloggercrony (Komunitas Bloggercrony Indonesia), atau yang sering disebut juga sebagai BCC, lahir merespons dinamika dan perkembangan blogging dan pertumbuhan blogger.

Komunitas blogger ini, seperti dikutip dari website-nya bloggercrony.com,  lahir untuk memberikan alternatif kepada Blogger  Indonesia yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi teman-teman blogger mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh (networking),dan berkegiatan khusus untuk blogger agar dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif bahkan membuatnya berdaya secara moral dan material (empowering).

Sangat terasa jika dalam Komunitas Bloggercrony Indonesia karena dikelola oleh para admin yang mumpuni dalam dunia blogging. Selain itu, beberapa programnya juga sangat menarik untuk diikuti dan pastinya bermanfaat untuk para anggotanya yang tersebar dari berbagai pulau di nusantara.

Tidak rugi menjadi bagian dalam BCC Squad. Ada sarana yang mengeratkan setiap anggota seperti BW Tuesday bertema, Instagram  #W60, dan kesempatan  partnership agar bisa menunjukkan Skill Set Up sebagai profesional.

Blogger Day 2023 (sumber: bloggercrony.com)


Sejumlah Program Bloggercronny Community

Blogger Hangout adalah ajang temu/kopdar santai berbobot ala Bloggercrony. Bilamana blogger berkumpul di suatu tempat atas biaya pribadi atau swadaya, membahas mengenai berbagai isu seputar blogging.

#BloggerView : Program BCC yang bekerja sama dengan brand. Member yang terlibat dipilih berdasarkan kriteria yang dibutuhkan dan member akan membuat ulasan terkait acara yang diikuti kemudian mempublikasikannya di blog atau media sosial pribadi.

BloggerCare : Program yang dilakukan BCC untuk membantu mereka yang terdampak bencana. BCC menggalang donasi dari para member, mengumpulkannya, dan menyalurkan langsung kepada para korban.

Ketua panitia Bowo Susilo (tangkaplayar zoom Blogger Day)


Blogger Day

Seperti tahun sebelumnya, Bloggercrony Community yang berbasis di Jakatrta, kembali menghelat BloggerDay, sebuah kegiatan tahunan perayaan hari jadi komunitas Bloggercrony Indonesia. Melalui Blogger Day, anggota komunitas dari beberapa daerah dapat berkumpul untuk memperkuat jejaring antar anggota komunitas. Selain itu, bisa juga menambah kompetensi diri.

Dimulai dari tahun 2016, konsep annual gathering ini mulai dirancang. Annual event pertama BloggerDay baru dimulai 2017 (BloggerDay ke-1) di Bogor. Ada kenangan indah untuk pertama kalinya bisa hadir dalam kegiatan yang mendekatkan karena menginap.   

Sejak itu, BloggerDay selalu ada setiap tahunnya. Hanya saja, pada masa pandemi dilangsungkan secara online. Barulah pada tahun 2023, seiring dengan meredanya wabah maka di HUT BCC ke-8 #BloggerDay 2023 dilangsungkan secara hybrid.

Satto Raji (Ketua Komunitas Bloggercrony Indonesia/tangkap layar zoom BloggerDay 2023)


Ada kegiatan offline berupa Fun Camp Seru tanggal 6- 7 Marey 2023 di Pucak Halimun Camp, ada juga yang berupa online. Saya termasuk dalam 100 orang yang mengikuti kegiatan online pada 14 Februari 2023, untuk mengembangkan knowledge, skill, dan attitude.  Sesuai dengan temanya yang mengangkat Skill Set Up.

Serunya BloggerDay  2023 Online

Jumat, 24 Februari 2023,  pukul 19.00 wib, sebanyak  100 peserta terpilih mengikuti Blogger Day secara online dengan dibuka MC Zhea. Wah, benar-benar bertabur hadiah karena ada hadiah untuk para peserta tercepat yang ikutan. Seluruh admin BCC semuanya hadir, mulai dari Ketua Panitia Bowo hingga sambutan dari founder Satto Raji.

Ada dua tamu spesial yakni  Uwan Urwan dari Situbondo dan Tanti  Amelia dari Tangerang yang membagikan kisah inspirasi dari hobi menggambar bisa menghasilkan uang,asyik banget! Penghargaan Most Wanted Blog diberikan pada Helena Safitri yang memang selalu rajin membagikan informasi bermanfaat di blognya.

Wardah Fajri BCC dan Anwar Natari soal SKA (tangkap layar Blogger Day 2023)


Belajar Knowledge, Skill, Attitude dari Anwar Natari

Apa yang harus dimiliki seorang blogger supaya kredibel dan profesional? Jawabannya adalah tiga pilar yaitu knowledge, skill, dan attitude, Anwar Natari menekankan pentingnya ketiga hal ini dalam profesi sebagai blogger atau dalam profesi apapun.  

Knowledge atau pengetahuan merupakan keharusan yang dimiliki blogger.Kemampuan membuat tulisan dan menyampaikan isi tulisan dengan cara menarik adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar.

Skill juga tak kalah penting. Seorang blogger harus belajar terus dan menerus. Tidak boleh harus berpuas diri dengan kemampuan yang ada sudah ada saat ini. Masih ada yang harus selalu ditrambah.    

Attitude atau Sikap juga tidak boleh diabaikan oleh seorang blogger. Selalu mampu menempatkan etika dan profesionalitas saat beraktivitas di masyarakat, saat menjalin kerjasama, saat berada dalam ruang organisasi, dan lainnya.

Ya, Skill Set Up, tegas Anwar Natari, harus dimiliki oleh para blogger untuk menjadi kredibel dan selalu memiliki etika profesional. Menariknya, semakin nyata bertambahnya Skill Set Up dengan adanya Blogger Hang Out yang membahas Kemampuan Negosiasi dari Rizal kasim dari Cera Production yang dapat menjadi bekal para blogger.

Blogger Day 2023 yang menyenangkan. Selamat ulang tahun ke-8 Komunitas Bloggercrony!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

Go-Box, Solusi Pindahan Nggak Pakai Repot

Go-Box, jasa pindahan rumah yang memudahkan (dok.www.go-jek.com) SENYUM mengembang dari wajah Ani, saat sudah pasti akan segera pindah rumah. Maklum, menjadi kontraktor alias orang yang mengontrak selama ini cukup melelahkan. Mimpi tinggal secara tenang di rumah milik sendiri menjadi kenyataan. Di rumah baru, segala sesuatunya pasti lebih tenang. Apalagi setelah menikah 5 tahun. Memang, bukanlah rumah besar. Punya dua kamar tidur, dengan ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Sedikit halaman kecil buat menanam tumbuhan ataupun bunga. Sudah pasti membahagiakan.   Lokasi rumah baru di wilayah Gunung Putri, Bogor. Selama ini, tinggal di Pluit, pada lokasi cukup padat dan nyaris tidak memiliki halaman. Ah, betapa menyenangkan, pikir Ani. Segera, semua barang yang ada di rumah pun dikemas. Packing ini dan itu. Tidak ada yang boleh tertinggal karena sebenarnya tidak banyak juga barang yang dibeli. Pertimbangannya saat itu, khawatir repot jika akan pindahan