Langsung ke konten utama

Saat Bukber Tanpa Wacana Jadi Reuni di Festival "Fast, Feast, Festive" Ayomakan

#BukberTanpaWacana di Ayomakan.com (dok.windhu)

 

Ramadan tanpa buka puasa bersama dengan keluarga atau kawan seakan tak lengkap. Silahturahmi merupakan bagian yang dirindukan di bulan suci untuk menambah keakaraban dan melepas kerinduan. Karenanya, mencari menu buka puasa yang nikmat plus lokasi yang sesuai haruslah tepat dan memenuhi keduanya.    

Sayangnya, tak selalu rencana buka puasa berhasil terlaksana. Janji-janji temu kadang berlalu tanpa kepastian. Rencana buka bersama alias bukber tak jarang berakhir hanya sebagai wacana. Berbagai alasan dilontarkan, antara lain lokasi yang jauh, tempat yang ramai, transportasi yang sulit, hingga menu yang belum tentu cocok di lidah dan perut.

Ya, antrian untuk memesan makanan, suasana yang hiruk pikuk ramai, sulitnya mencari tempat duduk, susahnya mencari lokasi shalat khususnya maghrib, biasanya memunculkan keengganan untuk datang ke acara bukber.

Apalagi, jika makan harus dengan terburu-buru karena sudah ada orang lain yang juga sudah siap antri menyantap makanan berbuka puasa. Jadi,  ucapan “ Ah janjian cuma wacana doang.”, cukup sering terdengar.  


Gerbang Ayomakan di SPARK (dok.windhu)


Untunglah, saat ramadan 1444 H kemarin, saya memperoleh info adanya sebuah lokasi untuk bukber yang menyenangkan. Tak hanya bisa datang bersama teman untuk bukber, tapi juga sekaligus mendapatkan berbagai pilihan menu yang bisa dinikmati dari berbagai daerah.   

Gelaran festival kuliner Ramadhan bertajuk “Fast, Feast, Festive” di kawasan Senayan Park Mall, Jakarta, tepatnya di Pulau Satu dari tanggal 5 hingga 16 April 2023 akhirnya mampu membuat rencana bukber bersama teman yang selalu batal akhirnya dapat terlaksana.

Minggu sore, tanggal 16 April 2023, sekitar pukul 17.00, saya tiba di SPARK alias Senayan Park. Ada janji bersama teman yang sudah lama tak bertemu untuk buka puasa bersama disana. Sebuah #bukbertanpawacana akhirnya kesampaian juga.


Pilih menu bukber (dok.windhu)


Free Entry dan Terjangkau

Tak sulit menuju ke lokasi bukber. SPARK memang termasuk mal baru di kawasan Senayan, tapi bila menyebut kata Taman Ria Senayan, disitulah lokasinya dulu. Tidak jauh dari lokasi halte Trans Jakarta JCC dan berhadap-hadapan dengan kompleks olahara Senayan yang begitu luas.

Datang hari minggu sore hari menjelang berbuka puasa ke festival kuliner Ayomakan merupakan waktu yang sangat pas. Sebentar lagi jam berbuka puasa tapi masih sempat berkeliling di area festival kuliner. Kegiatan bukber yang tak hanya sekedar mencari makanan dan minuman berbuka lalu langsung pulang.

Di Fast, Feast, Festive, ada kesempatan buat pengunjung  untuk mendapatkan takjil gratis dan  berfoto-foto di Pop Art Installation. Saya dan teman bergantian untuk berfoto di depan mangkuk bakso kuah yang besar.

Di depan jajaran meja dan kursi makan, serta sejumlah tenant terdapat panggung besar yang tak hanya menampilkan live music. Sebelum adzan berbuka puasa, ada seorang ustad yang memberikan tausiyah seputar ramadan sehingga semakin menegaskan nuansa ramadan.


Jajaran tenda makanan (dok.windhu)

Ada juga games berhadiah voucher yang bisa digunakan untuk belanja makanan! Beberapa  teman yang tak sengaja bertemu sore itu di Fast, Feast, Festive ayomakan, juga ikutan. Wah, buka puasa mereka tambah bergizi menunya. Oh ya, festival kuliner yang saya datangi ini ternyata tak cuma cocok untuk bukber dengan teman.

Ada juga keluarga-keluarga muda yang membawa anak-anak. Fast, Feast, Festive yang menarik karena juga tersedia Kid’s Corner yang ditujukan bagi pengunjung yang bersama anak-anak.  Orang tua bisa makan kenyang dan tenang tapi anak juga senang. Free entry, pula!




Menu Bukber yang Beragam

Inilah asyiknya hadir dalam festival kuliner Ramadhan bertajuk “Fast, Feast, Festive” ayomakan, beragam menu bukber, baik dari nusantara maupun mancanegara tersedia. Jenis aneka makanan ini memungkinkan saya dan teman untuk bebas memilih menu sesuai selera. Maklum, meski berteman baik ataupun masih keluarga, kesukaan seseorang bisa berbeda.

Saat mengitari area festival kuliner, saya menemukan kedai-kedai menarik, seperti Nasi Kapau, Es Cekek, Nasi Liwet, 2080 Burger, Dailiy Box, Luberger, Ayam Amanah,Kopi Konichiwa dan masih banyak lainnya. Wah, pilihan banyak yang menarik!  Selain silahturahmi, Fast Festive juga menghadirkan kekayaan budaya kuliner Indonesia.


Antrian pembeli )dok.windhu)


Promo Voucher Makan Bikin Hemat!

Makanan yang beragam tersedia di depan mata. Semakin asyik jika ada promo menarik, yang ternyata memang beneran ada di ayomakan. Promo voucher yang bikin acara bukber menjadi lebih hemat. Bisa ngirit sekaligus dapat mencoba menu lain lebih banyak. Nggak tanggung-tanggung, potongan voucher jajan mencapai 50 %. Hayo, mau juga, kan? Kapan lagi bisa makan kenyang, hati senang begini?

Nggak sulit ternyata untuk bisa memanfatkan voucher jajan yang ada, Syaratnya tentu ada, yakni sudah terdaftar di ayomakan.com, yang merupakan platform kuliner di bawah naungan ESB (Esensi Solusi Buana).


Kemudahan Pembayaran Ayomakan
Kemudahan transaksi ayomakan dengan Qris (dok.windhu)

Segera saja, saya buka www.ayomakan,com di browser ponsel. Lewat laptop juga bisa. Di bagian kanan HP, ada tulisan daftar. Tinggal masukkan email, No. hp, dan kata sandi sebelum klik tombol daftar. Semudah itu, akun ayomakan sudah dibuat.

Karena akun sudah punya, langkah selanjutnya adalah cari makanan yang pas untuk berbuka puasa. Adzan Maghrib penanda berbuka puasa sebentar lagi terdengar. Saya tertarik dengan nasi liwetan box yang memampangkan Chef Arnold, juri Masterchef Indonesia.

Jelajah rasa tak ada salahnya. Apalagi ini, dengan potongan voucher diskon separuhnya. Transaksi tak perlu tunai. Cashless dengan metode Qris. Suatu kemudahan teknologi. Semudah itu dan tinggal menunggu pesanan. 


Makan Kenyang, dapat diskon (dok.windhu)


Tak lama, paket liwetan sudah matang. Saya cuma mengeluarkan uang Rp.20.500, Menu nasi plus telur ceplok dan segelas minuman teh saya dapatkan. 

Ah, memang makan kenyang memang membuat hati riang. #BukberTanpaWacana dengan teman yang biasanya sering batal, benar-benar terlaksana di minggu terakhir ramadan 2023.

Komentar

  1. Alhamdulillah... Acara bukber terlaksana dan seru ya di ayomakan.. Emang kalo kesini puas banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puas ya kak karena banyak pilihan menunya. Ada promo lagi bikin tambah semangat.

      Hapus
  2. Suka banget lagi berbuka puasa di sana kemarin banyak pilihan menu yang bisa kita nikmatin jadi nggak pusing mau cari menu apapun karena menu Nusantara juga lumayan cukup banyak

    BalasHapus
  3. Bukber jadinya memang suka kebanyakan wacana, ya. Makanya enak juga bukber di sini. Banyak pilihan dan tempatnya juga luas. Jadi bisa menampung banyak keinginan buat bukber

    BalasHapus
  4. Aku yang bukber kali ini kebanyakan wacana. Hehehe. Soalnya pada sibuk masing2. Cukuo bukber sama keluarga aja. Kl sama teman2 gak sempat. Yah begitulah

    BalasHapus
  5. Ternyata ada menu nasi liwetan ya, sayang kemarin nggak tahu. Jadinya beli burger dan cakwe. Asyik banget nih bisa makan enak murah di ayomakan. Bikin hepi dan kantung nggak bolong, alias aman hehe..

    BalasHapus
  6. Seru nih ada pop art nya juga, jadi makin seru untuk jajan plus eksis 🤣 untuk dapat vouchernya apa ada expirednya? Bisa menjangkau seluruh kota kan?

    BalasHapus
  7. Pop up art nya unyu unyu banget, cakep buat spot foto. Aku kesini jugaaa, hehe seruuu, bukber beneran jadi, ga sekadar wacana. Lumayan banget juga diskon makannnya, semoga ada lagi XD

    BalasHapus
  8. Bukber yang asik dengan pilihan menu makanan gak bikin pusing. Dan serunya tuh ya pasti datang malah ya, bukan lagi jadi wacana ngumpul hehe

    BalasHapus
  9. wah mba ini free entry ya? trus donlod aplikasinya ya? wah menarik banget, setelah lebaran masih ada gak sih ini mba?

    BalasHapus
  10. Bukber jadi berasa reuni ya di ayo makan, pilihan makanan jg banyak

    BalasHapus
  11. Entah bagaimana kalapnya aku kalau ada di festival ini. Banyak makanan enak dan bisa dapat diskon kalau donload aplikasinya. Bisa seseruan disini dong ya

    BalasHapus
  12. Happy banget aku juga bisa ke festival kuliner AyoMakan ini. Bisa sekalian ngajak anak-anak juga. Saking banyaknya pilihan makanan, sampai bingung milihnya. Btw, kemarin pas ketemuan mba windhu, malah ngga sempet ngobrol yaa

    BalasHapus
  13. Asik banget dapat diskon, nasi liwetnya gimana rasanya mbak? Pasti nyummy ya. Buka bersama bisa menjadi ajang silaturahmi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku nyobain nasi liwetnya, wuueennak tenan mbak.
      Apalagi porsinya itu gereget buat disantap dengan aromanya yang lezat

      Hapus
  14. Paling seneng kalo nemu makanan atau minuman kesukaan, trus harganya diskon pula seperti di Ayomakan ini..

    BalasHapus
  15. Kau jga mampir ke festival ini mba lumayan enak2 makanannya juga banyak pilihan makanan yang bisa kita pilih apalagi pas weekend ada hiburan musik

    BalasHapus
  16. wah keren banget emang ini aku kemarin ke sini juga ka banyak pilihan tenant makanan dan minumannya dan ada live music juga, semoga nanti ada lagii

    BalasHapus
  17. Seru yaaa.. di Semarang kok belum ada festival ayomakan nih. Pengin juga nyobain berbagai menu kuliner yang pastinya asyik untuk dicobain semua.

    BalasHapus
  18. Tahun ini dia ga ngadain event ini lagi yaa? Yg thn kemarin aku ga datang krn ga di jkt 😅. Enaaak kalo kulinernya di jadiin satu tempat begini. Jadi gampang mau lihat2 dulu dan mutusin beli yg mana 😁.

    dan aku seneng krn pembayarannya sudah bisa qris juga. Hari gini kayaknya bayar cash itu udah males bgt kan 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

Tumbuh Bersama KBA Warakas, Setia Menjaga Lingkungan dan Iklim Lewat Kreativitas Pengelolaan Sampah

  Seorang ibu membawa kardus untuk dibawa ke Bank Sampah Warakas RW.02, Tanjung Priok, Jakarta Utara (dok.windhu) Terletak di Jakarta Utara, wilayah Warakas, Tanjung Priok tergolong cukup padat penduduk sehingga tak luput dari permasalahan  sampah. Kesadaran dan kepedulian warga, serta konsistensi untuk menjaga lingkungan dan iklim menjadi kunci dalam pengelolaan sampah yang efektif dan ekonomis di KBA Warakas. Langit cerah. Sinar matahari mulai terik. Padahal baru pukul 10.00. Seperti halnya kawasan yang berlokasi tak jauh dari laut, Warakas memang sering diidentikkan dengan cuaca panas serta banyak embusan angin. Penanda Bank Sampah KBA Warakas 02 (dok.windhu) Namun semua itu tak mempengaruhi warga yang berkumpul di Bank Sampah Warakas RW. 02 Senyuman mengembang terlihat jelas di wajah Nela, warga RT. 12, RW 02 yang membawa setumpuk lipatan kardus dan sejumlah botol plastik. Tak hanya Nela yang pagi itu menggunakan baju berwarna merah, ada juga sejumlah ibu-ibu lainnya yang datan