Langsung ke konten utama

Selalu Update dengan Informasi dan Berita yang Kredibel



CEO Kurio, David Wayne Ika menyampaikan penjelasan pentingnya berita akurat (dokpri)

KEHADIRAN  internet yang memungkinkan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia saling terhubung telah membuat jarak wilayah dan jarak waktu semakin tak berbatas. Internet juga memberikan kemudahan kecepatan suatu informasi dan berita, yang dapat diakses kapan pun dan dimanapun dengan perangkat yang ada, baik komputer maupun smartphone.

Cepat bergulirnya informasi dan penyampaian berita di satu sisi memberikan keuntungan bagi para pencari informasi atau yang sedang membutuhkan informasi. Namun, di sisi lain, internet juga memberikan  kemudahan bagi siapa pun atau kelompok manapun untuk menghimpun dan menyajikan suatu informasi dan berita.

Media online berkembang dengan begitu marak dan begitu mudah muncul. Bahkan terkesan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan penerbitan media konvensional, seperti media cetak koran dan majalah. Belum lagi ditambah dengan serbuan banyaknya website yang dikelola pribadi, baik secara berbayar ataupun gratisan.

Mencari berita dengan mudah dan cepat adalah hal yang diinginkan setiap orang (sumber:www.kurio,c.id)

Semua informasi dan berita sekarang tersaji dengan mudah. Cukup melalui smartphone, semua didapatkan. Namun pertanyaan yang muncul, bagaimana dengan keakuratan yang disampaikan? Sudah tepatkah pesan yang dibawa?

David Wayne Ika, CEO Kurio, sebuah aplikasi berita, mengatakan, keakurasian berita atau informasi harus dipertanyakan. Penting agar yang diterima dan ditangkap tidak salah. Hal ini disampaikannya dalam acara Kumpul Blogger bareng KURIO di wisma 77, Jl. S Parman, Jakarta, 19 Oktober 2016.

Berita kurang atau tidak tepat yang langsung diterima tanpa pikir panjang, apalagi di-share begitu saja akan memberi dampak yang tidak baik. Terlebih pada orang-orang yang enggan membaca. Ngerinya, Indonesia memiliki minat membaca yang rendah dan memprihatinkan.

Temukan, Jelajah, dan Baca merupakan  hal yang harus dilakukan seseseorang yang ingin mencari berita atau informasi (www.kurio.co.id)

Data studi Most Littered Nation In the World yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia berada pada peringkat ke-60 dari 61 negara terkait dengan  minat membaca. Indonesia berada  satu peringkat di bawah Thailand  yang berada pada urutan 59 dan di atas Bostwana di urutan 61.

Jadi suatu berita yang memiliki keakurasian atau ketepatan dalam pemberitaan dan penyajiannya sangatlah penting. Sayangnya, di era internet ini, masih ada pihak yang mengambil keuntungan dengan cara hanya mengejar rating saja atau jumlah klik. Cara tak patut ini disebut Click Bait.

Saat membuka laman suatu website atau searching suatu informasi, memang masih seringkali ditemukan adanya judul berita yang ternyata berbeda dengan isi berita. Berita yang disampaikan bohong atau hoax. Tidak ada kesesuaian dengan yang menjadi acuan dalam pencarian berita.
Berita yang akurat dan terpercaya akan memiliki manfaat bagi para pembacanya (dokpri)

Terkadang, misalnya  ada judul 5 alasan untuk ..., 7 tempat yang harus dikunjungi di ..., yang isinya sama sekali tidak mencerminkan apa yang seharusnya disampaikan kepada pembaca. Update dan keakurasian sama sekali tidak ditemukan dan tidak didapatkan dari berita seperti ini.

Tentu saja, siapa pun pasti kesal dan lelah hati bila menemui berita-berita yang tidak jelas sumbernya, tidak jelas arahnya, dan tidak jelas manfaat yang bisa diperoleh dengan membacanya. Nah, untuk itu memilih dan menyaring artikel yang dibaca adalah hal penting dalam membaca.

Kurio  hadir dengan janji sebagai aplikasi untuk semua yang diminati pembaca (www.kurio.co.id)

Hadirnya Aplikasi Kumpulan Berita
Lantaran gemar membaca, David menyadari  pentingnya sebuah berita yang akurat dan bukan berita yang sekedar disampaikan untuk mencari rating. Karena itulah kemudian terlahir Kurio, sebuah aplikasi berbasis Android dan iOS yang berisi kumpulan berita yang diambil dari berbagai media besar di Indonesia.

Kurio, sebenarnya sudah ada sejak 3 tahun lalu, yakni pada bulan November 2013. Kurio menampilkan berita dari media-media besar yang terjamin beritanya bermutu dan terpercaya, yakni MetroTV News, IDN Times, Tribunnews, Liputan6.com, Beritagar, Intisari Online, Sajian Sedap, Good News From Indonesia.

Ratusan sumber informasi dan berita dari website terpercaya (www.kurio.co,id)

David menjelaskan, kurio berasal dari bahasa latin curos yang artinya peduli dan suka. Dalam bahasa Inggris curios  yang artinya penasaran. Jadi,kurio didirikan untuk memenuhi rasa penasaran orang-orang atas hal yang dia sukai dan peduli. Kurio merupakan aplikasi untuk membaca berita dan artikel, yang sesuai dengan minat. Berita dari berbagai media dan topik lengkap dari  satu aplikasi.

Kemudahan membaca berita dalam satu aplikasi diberikan, mengingat  100 juta pengguna internet di Indonesia adalah anak muda di bawah usia 30 tahun. Nah, kurio sebagai sebuah aplikasi untuk membaca konten, bisa didownload via play store. Konten yang disajikan tentu saja yang memiliki nilai manfaat bagi pembacanya.

Ratusan topik dan sumber berita yang ada di Kurio (www.kurio.co.id)

 Begitulah, salah satu tujuan kurio adalah membuat masyarakat Indonesia lebih cerdas dengan konten yang layak baca dan berkualitas.Semua berita akan disaring tidak hanya kurasi manual tetapi juga dibantu dengan teknologi. Hal ini untuk melanggar copyright (copy+paste) atau bahkan membodohi masyarakat.

Kurio mengedapankan pengguna mobile dan sudah didownload  850.000 orang. Dari kurio review, kita bisa membaca banyak informasi dari berbagai situs media yang terpercaya. Tentunya mempermudah dan menghemat waktu dalam mengikuti perkembangan berita.

Kurio, lanjut David, memiliki mesin terpercaya yang akan  merekomendasikan artikel-artikel yang berguna, praktis, dan informatif untuk hobi, pekerjaan, minat dan profesi.  Ratusan jenis topik tersedia, antara lain Start dan up, Digital Marketing, Mobile Marketing, Marketing, Leadership, Design, Entrepreneurship, Parenting, Healthy Living, Travel. Pengetahuan adalah kekuatan. Setidaknya dengan aplikasi kumpulan berita dan informasi ini, pembacanya selalu lebih tahu.


Komentar

  1. waah... keyeeen review-nya, pasti menyimak dengan baik nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak Dina.Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. Praktis ya kurio utk membaca berita ga perlu buka banyak browser, cukup 1 aplikasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak Sie-thi, kalau sedang butuh baca informasi banyak, nggak perlu baca semua aplikasi berita satu persatu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mengagumi Indonesia Melalui Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi

Wow ! Sebuah lukisan Perkawinan Adat Rusia yang tampak megah dan berukuran sangat besar langsung memikat mata, saat langkah kaki baru memasuki gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta, untuk melihat pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi, Minggu 27 Agustus 2017.
Meski bukanlah karya asli pelukis Rusia Konstantin Yegorovich Makovsky yang dibuat tahun 1881 dan hanya ditampilkan melalui LED, dalam pameran yang diselenggarakan untuk umum 2-30 Agustus 2017, lukisan itu seakan menyapa saya dan setiap pengunjung yang baru datang. Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk ruangan paling depan galeri nasional.
Karya asli abad ke-19 dengan ukuran 295 cm x  450 cm yang ditaksir bernilai sekitar Rp.18 Miliar itu sudah sangat tua, sehingga tak bisa dipindahkan dari Istana Bogor.



Untunglah, saya bisa datang tidak kesorean. Jelang siang, pengunjung Galeri Nasional semakin banyak. Saya memandang cap bertuliskan Senandung Ibu Perti…

Ketangguhan Kingkong, keapikan foto Pureshot Plus II, dan Kemeriahan Hisense di ICS

SELAIN memiliki fitur-fitur canggih yang sangat dibutuhkan pada era modern saat ini dan harga yang kompetitif, sebuah smartphone dituntut untuk mempunyai keistimewaan lebih, dibandingkan dengan yang sudah banyak beredar di pasaran.
Nah menjawab hal itu, Hisense membuat gebrakan dalam gelaran Indonesia Cellular Show (ICS) pada  2-5 Juni 2016, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.Hisense memperkenalkan empat smartphone 4 G terbarunya, yakni Hisense Kingkong II, Hisense Pureshot Plus 2, Hisense Pureshot Lite, dan Hisense F20.



Sebagai top 5 perusahaan elektronik dunia asal Tiongkok, Hisense mengukuhkan eksistensinya, membuktikan tidak main-main ataupun sekedar ikut-ikutan. Salah satu buktinya adalah dengan mengikuti ajang pameran ponsel bergengsi ini.


Sales Director PT Hisense International Indonesia Stanly Widjaja dan dua pengguna Hisense yang memberikan pengalaman menggunakan produk, menyampaikan ketangguhan dan kemampuan produk Hisense di depan puluhan blogger dan wartawan s…