Langsung ke konten utama

Media Sosial, Luas Menjangkau dan Memudahkan Aktivitas Belanja


Suasana dalam blogger media gathering CNI di Burger King pasar Festival, Minggu 18 Dsember (dokpri)

Smart phones and social media expand our universe. We can connect with others or collect information easier and faster than ever.
Daniel Goleman

Beda generasi, beda pola pikir, beda kebiasaan, dan beda gaya. Setiap generasi  berbeda dalam memaknai hidup, pekerjaan, mendapatkan penghasilan, melakukan komunikasi, dan cara menggunakan media untuk menjalin komunikasi.

Dari empat generasi yang masih ada saat ini, generasi Millenial merupakan generasi masa kini yang melek teknologi. Empat kelompok generasi itu adalah Maturist (lahir sebelum tahun 1945), generasi Baby Boomers (1945-1960), Generasi X (1961-1981), Generasi Y (1981-1995), dan  Generasi Z (1995-sesudah).

Generasi millenial atau generasi Y ini merupakan generasi muda yang berada dalam usia produktif dan mendominasi pasar saat ini. Perkembangan teknologi, membuat generasi milineal selalu berusaha online atau terhubung dengan kawan, rekan sejawat, keluaga, atau siapa pun yang diperlukannya.


Inilah generasi milinail dan lainnnya (dokpri)

Buat generasi millennial, wajib untuk punya media sosial sebagai sarana gaul online melalui internet. Perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih memungkinkan segalanya dilakukan dalam genggaman. Mulai dari berkomunikasi, saling mengirim pesan, saling berbagi (sharing), berinteraksi, hingga membangun jejaring (networking).

Meski generasi lain yang hadir sebelum generasi millenial juga ikut menggunakan dan mengagumi media sosial, tapi tidak seiidentik generasi millenial. Daniel Goleman, penulis yang tenar dengan buku psikologinya, yang termasuk generasi baby boomers  pun mengakui jika media sosial dan smartphone memungkinkan berkomunikasi dengan yang lain tanpa tatap muka. Juga untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah ketimbang sebelumnya.
Suasana di Burger King (dokpri)

Media sosial telah mengubah segalanya. Media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar dan dapat mempengaruhi seseorang ataupun kelompok. Tak sekedar berkomunikasi melainkan juga berekspresi dan mengaktualisasikan diri.

Itu pulalah yang tergambar dalam pembahasan mengenai The Power Social Media, dalam Blogger Gathering with CNI Indonesia, yang diselenggarakan di Burger King Plaza Festival, Kuningan, Minggu 18 Desember 2015.  

Kekuatan Sosial Media
Niko Riansyah, Social Media Specialist CNI pun mengakui besarnya kekuatan sosial media bagi generasi millenial. Kelompok generasi yang menguasai pasar, berada pada usia produktif, dan tentunya memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Niko Riansyah, Sosial Media Spesialist CNI menjelaskan mengenai social media (dokpri)
Menurut Niko, generasi millenial memiliki karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya, antara lain memiliki daya beli tinggi, mendominasi dunia kerja, selalu terhubung dengan smartphone, gemar berkomunikasi online, sangat percaya teknologi dapat memudahkan dan membuat efektif, dan memiliki semangat enterpreneur.

Generasi millenial yang selalu online melalui beragam platform media sosial tak ragu dengan segala sesuatu yang dilakukan tanpa tatap muka, termasuk dalam hal belanja. Beda dengan generasi sebelumya yang lebih suka secara langsung dan mendatangi suatu tempat belanja.   
Ani Berta, Blogger memaparkan Kekuatan Media Sosial (dokpri)

Besarnya kekuatan sosial media pun disampaikan oleh Ani Berta, senior blogger yang aktif menggunakan media sosial. Menurut perempuan berkerudung ini, media sosial mempunyai dua peran besar, yakni sebagai sarana berbagi informasi (berita dan informasi) dan influence (menguatkan opini dan mempengaruhi orang lain).

Saat ini, umumnya orang menggunakan banyak platform media sosial, mulai dari google+, facebook, youtube, linked in, twitter, instagram, dan path. Semua media ini memiliki keunggulan masing-masing.
Inilah platform media sosial yang umum digunakan saat ini (dokpri)

Facebook
Facebook saat ini bisa dikatakan sebagai  jaringan sosial terbesar dengan miliaran pengguna aktif baik setiap  harinya. Facebook sangat efektif karena banyak penggunanya yang nyaris setiap hari yang log in untuk sekedar mengecek apa yang teman, kerabat, atau bahkan keluarganya tampilkan.

Jenis konten yang biasa ada di Facebook, seperti video pendek, gambar,  meme, kutipan, dan sekedar status.  Facebook adalah  platform terbaik untuk mendapatkan konten viral karena tingginya keterbacaan dan lamanya suatu kiriman yang bisa dibagikan kepada seseorang atau dimasukkan dalam grup.
facebook CNI 

Twitter
Twitter sangat dikenal untuk menyampaikan pesan secara singkat karena memiliki karakter yang terbatas hanya 140 karakter. Twitter mengawali penggunaan hashtag. Konten twitter umumnya berdasarkan suatu urutan, ketimbang facebook.  Jangka waktu tayang twitter tak selama Facebook.

Konten twitter biasanya adalah suatu kejadian saat ini, berupa text dan gambar. Jumlah banyak tweet  terkadang membuat cara ini banyak digunakan sebuah perusahaan dalam suatu acara.
Twitter CNI


Instagram
Instagram adalah platfom visual , sangat mudah dan menyenangkan untuk digunakan, dan membuat para penyuka foto bahagia karena dapat membagikan foto terakhir yang diberikan.  Konten melalui instagram lebih menarik perhatian karena tak hanya tulisan melainkan juga gambar,yang dapat disertai dengan hashtag. Melalui instagram, juga dapat dilakukan tagging kepada teman, kerabata, atau siapa pun yang dikenal.

Instagram


Youtube
Melalui tayangan video, seorang  dapat melihat langsung suatu peristiwa, suatu informasi, tutorial, film, maupun suatu promosi. Tayangan video dari berbagai lokasi  sangat mudah ditonton asalkan ada jaringan internet.

Youtube


Media Sosial Mempermudah Aktivitas Belanja
Ragam media sosial dan lekatnya kaum millenial dengan semua yang serba online membuat media sosial banyak digunakan sebagai sarana pemasaran.  Dengan menggunakan saluran media sosial untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan.

Bila dibandingkan dengan media konvensional sebelumnya, media sosial memberikan para calon pembeli atau bahkan yang sudah menjadi pelanggan/konsumen kesempatan untuk merespon, terlibat, dan berinteraksi dengan sebuah merek sebaik akses penawaran bisnis yang penuh perhatian kepada masyarakat luas.

Pemasaran melalui media sosial sangat menarik karena memberikan ruang bagi seseorang untuk  berinteraksi dan menyebarluaskan (share). Karenanya, sebuah merek dapat menjalin hubungan relasi dengan para pengikutnya (follower) di media sosial. Sebuah perusahan dapat membangun merek yang dapat dikenali dari nada, isi, dan gaya yang ditampilkan.

Gerai CNI.Com adalah salah satu cara pemasaran media sosial (dokpri)

Salah satu hal yang sangat penting dimengerti adalah pemasaran  mengenai pemasaran media sosial adalah cara kesuksesan sebuah perusahaan akan sangat bergantung kepada atau bagaimana cara perusahaan itu adapat membentuk sebuah pengalaman bagi konsumennya (user experience).

Hal itu juga yang dilakukan PT Citra Nusa Insan Cemerlang (PT CNI) untuk menjangkau para konsumennya. Perusahaan yang berkiprah dalam industri Multi Level Marketing (MLM) ini tak lagi secara konvensional. Perusahaan yang didirikan di Bandung dan sudah berusia 30 tahun ini mengubah sistem penjualannya.  

Niko Riansyah menyebutkan, selain media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter, dan youtube, CNI memiliki sebuah website untuk memudahkan belanja produk CNI, yakni www.geraicni.com. Inovasi harus selalu ditingkatkan agar tetap sejalan dengan perkembangan pasar yang dikuasai generasi millenial.

Data google analytic CNI menyebutkan, generasi milenial yang berada pada rentang usia 18-24 tahun adalah konsumen nomor dua tertinggi, yang sebanyak 30% melakukan transaksi di geraicni.com.
Toko online memudahkan pembeli untuk melihat gambar, membaca keterangan produk dan manfaat, selain harga (dokpri)

Gerai CNI adalah satu fasilitas yang diberikan oleh CNI berupa toko Online CNI yang menjual produk-produk CNI tertentu, untuk dapat dimanfaatkan oleh seluruh Anggota CNI maupun Konsumen (dari Anggota CNI) untuk berbelanja secara online (melalui internet).

Melalui geraicni.com, setiap pengunjung mendapatkan kemudahan berbelanja hanya dengan mengeklik pada belanjaan yang diinginkan, memasukkannya pada keranjang belanja, memilih jenis pengiriman, dan metode pembayaran  online (transfer tunai, Kartu Kredit, Virtual Accoung, CIMB Klik), selanjutnya menunggu penerimaan pengiriman Produk CNI.
Untuk meluaskan jangkauan, juga digunakan sistem Affiliate program 

Web Gerai CNI dapat diakses 24 jam dan 7 hari seminggu. Pelayanan seperti, Chat, membalas e-mail, membalas SMS, terima telepon dan  proses pengiriman dilayani pada Hari Senin sampai dengan Jumat sesuai dengan waktu operasional.

Pada geraicni.com, tersedia beragam produk CNI, mulai dari minuman kesehatan, makanan dan minuman, perawatan diri, peralatan rumah tangga, pertanian, dan perikanan. Saat diklik pada suatu produk gambar, tak hanya mencantumkan harga saja, melainkan juga detail produk, spesifikasi dan ulasan produk.

Optimasi Media Sosial

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan mempermudah pembelian, CNI  juga membuka program affiliasi atau kemitraan. Suatu teknik marketing berupa kerjasama penjual dan pemasar melalui website pemasar dengan adanya sistem komisi. 

Afiliasi program ini semuanya dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Aktivitas yang dilakukan berupa share link melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll) dan program messenger (BBM, Whatsapp, Line, Kakao Talk, dll). Selain juga mempromosikan link melalui pada setiap momen, seperti pada saat berkumpul, saat bertestimoni.
Media sosial bertambah kuat dengan adanya jumlah follower (dokpri)

Optimasi media sosial ini pun disampaikan oleh Ani Berta. Penggunaan media sosial untuk marketing adalah salah satu bentuk optimasi. Agar media sosial optimal, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan tujuan, menjaring  jumlah follower, memperbanyak interaksi, konten yang teradwal, membuat content plan, mengisinya dengan info terkini, memadumadankan konten foto, teks, dan video, dan mengaktifkan analytics.

Pastinya, dalam menggunakan media sosial harus mampu membangun kredibilitas baik. Tidak terpengaruh berita bohong, tidak menjadi provokator, dan mampu mengademkan suasana. Sebelum membuat status di media sosial harus teliti dan dipikir dulu karena akan abadi di dunia maya. Selain itu, konsistensi merupakan hal yang penting untuk sebuah keeksisan. Itulah kekuatan media sosial yang luas menjangkau tanpa batas waktu dan lokasi. Termasuk memudahkan segala aktivitasm termasuk aktivitas berbelanja. 



Komentar

  1. Meskipun sudah 30 tahun berdiri saya belum pernah dengar CNI, mungkin karena dulunya konvensional ya, in beralih ke digital marketing. Produknya apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dulunya konvensional MLM, doot to door. Sekarang bisa buka www.geraicni.com. Ada banyak produk CNI, mulai dari minuman kesehatan, makanan dan minuman, perawatan diri, peralatan rumah tangga, pertanian, dan perikanan.

      Hapus
  2. Sudah lama ga dengar CNI, tahun 2000 an produk nya saya kenal banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. CNI yang paling ngetop Kopi Ginseng. Dulu MLM orang ke orang, sekarang online

      Hapus
  3. Betul sekali Mba, blogger salah satu media untuk beriklan cepat dengan hemat :)

    BalasHapus
  4. Iya, Terima Kasih telah mampir

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah hadir di acara ini ya Mba :)

    BalasHapus
  6. sama-sama teh Ani Berta. Terima Kasih atas ilmunya yang bermanfaat untuk diterapkan :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mengagumi Indonesia Melalui Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi

Wow ! Sebuah lukisan Perkawinan Adat Rusia yang tampak megah dan berukuran sangat besar langsung memikat mata, saat langkah kaki baru memasuki gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta, untuk melihat pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi, Minggu 27 Agustus 2017.
Meski bukanlah karya asli pelukis Rusia Konstantin Yegorovich Makovsky yang dibuat tahun 1881 dan hanya ditampilkan melalui LED, dalam pameran yang diselenggarakan untuk umum 2-30 Agustus 2017, lukisan itu seakan menyapa saya dan setiap pengunjung yang baru datang. Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk ruangan paling depan galeri nasional.
Karya asli abad ke-19 dengan ukuran 295 cm x  450 cm yang ditaksir bernilai sekitar Rp.18 Miliar itu sudah sangat tua, sehingga tak bisa dipindahkan dari Istana Bogor.



Untunglah, saya bisa datang tidak kesorean. Jelang siang, pengunjung Galeri Nasional semakin banyak. Saya memandang cap bertuliskan Senandung Ibu Perti…

Menyantap Martabak yang Bikin Bahagia di Martabak Factory

Potongan martabak itu langsung lumat di dalam mulut. Manisnya langsung menguasai dan larut. Seulas senyum kemudian muncul di wajah Melinda, perempuan manis berkerudung itu. Masih ada sisa martabak di piring yang sedang dipegang. Seakan tak ingin berhenti untuk segera menghabiskannya.
“Martabaknya Enak. Green tea-nya terasa,” ujarnya.
Saya pun mengangguk-angguk. Sepotong green tea martabak dari piring yang sama, juga baru saja masuk ke dalam mulut saya. Kami pun tertawa. Sesimpel itu tawa terlepas di Martabak Factory.


Saya jadi ingat tulisan besar berlatar warna ungu yang ada di dinding lantai dasar kafe. Money can’t buy happines, but it can buy Martabak which is pretty much the same thing.
Betul juga, pikir saya. Bahagia itu sederhana. Uang pun tidak bisa membelinya.  Namun lewat martabak yang dibeli pakai uang, bahagia bisa datang. Setidaknya lewat rasa manis yang menyatu  dalam mulut.  
Apalagi bila disantap bersama teman-teman. Martabak, kuliner yang sangat populer di Indonesia ini mem…