Langsung ke konten utama

Ini Dia, Seputar Hoax, Mitos, dan Fakta Kehamilan yang Perlu Diketahui !


Sebelum melahirkan seorang anak yang lucu, perempuan menjalani proses kehamilan. Berbagai mitos kehamilan kerap muncul seiring kehamilan yang dialami ibu (dokpri)

Kehamilan buat seorang perempuan merupakan sebuah anugerah yang menyenangkan. Namun di sisi lain, sekaligus muncul rasa bingung dengan banyaknya informasi seputar kehamilan yang diterima. Manakah yang benar dan manakah yang mitos?

Artis Kinaryosih, yang ngetop dalam film layar lebar Mendadak Dangdut, pun mengungkapkan hal yang sama. Meski bukan kehamilan pertama, perempuan cantik yang kini tengah hamil tujuh bulan anak kedua, sering dibingungkan untuk membedakan informasi kehamilan yang mitos dan fakta.

Kehamilan pertama dan kehamilan kedua buatnya berbeda. Saat  anak yang kedua sudah diprediksi perempuan, Kinaryosih sekarang setiap hari minum air kelapa hijau dan minum air kacang hijau.

“Aku sebenarnya juga nggak tahu pasti mana yang mitos,mana yang bukan. Katanya kalau minum air kelapa hijau anaknya rambutnya jadi hitam legam. Anaknya juga jadi kuat,” tutur Kinaryosih dalam kegiatan Obrolan Langsat (Obsat) Beritagar.id ke-190 di Beranda Cafe.

Talkshow kesehatan yang dipandu Kristin Amelina dari Beritagar.id  ini menghadirkan narasumber  dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG (Obstetrics & Gynecologist  Mayapada Hospital),  Rahne Putri (blogger dan social influencer), dan Kartika Susanti (Komunitas TurnBackHoax dan Koordinator Mafindo).  

Saat  anak pertama yang kini berusia 5 tahun, Kinaryosih mengaku tidak minum air kelapa hijau dan air kacang hijau. Kebetulan anak pertamanya sering sakit. Sering flu. Itulah kenapa  Kinaryosih ingin anak keduanya menjadi anak yang lebih sehat.

Selain itu, meski tidak tahu kebenarannya, Kinaryosih merasa harus tetap berusaha untuk anak yang masih dikandungnya. Suami Kinaryosih  yang berambut botak, kata Kinaryosih,  malah tertawa saat diberi tahu harapannya selalu  minum air kelapa agar rambut anak yang dilahirkannya nanti tebal. 

Kebingungan akan banyaknya informasi seputar  kehamilan, yang  salah satunya minyak kelapa juga disampaikan oleh Rahne Putri. Untuk menghormati orang tua, banyak wejangan kemudin ditampung ibu satu anak yang berprofesi sebagai social influencer dan blogger ini. Tentu saja sambil mencari informasi melalui internet, melakukan googling.

Namun, ternyata tidak mudah juga. Saat googling, banyaknya jumlah artikel malah membuat  bingung.  Contohnya saja makan sate kambing saat hamil. Ada yang bilang boleh dan ada yang bilang tidak. Untungnya suaminya lebih menekankan yakin yang mana agar perasaan menjadi bahagia.

Menurut dr. Yuslam Edi Fidianto, Sp. OG (Obstetrics & Gynecologist dari Mayapada Hospital)  ada beberapa hal terkait hoax,mitos, dan fakta kehamilan, yakni :

1. Minum Air Kelapa Hijau 
Air kelapa hijau itu sebetulnya bagus karena mengandung elektrolit, kalium, glukosa, dan beberapa vitamin terlarut. Namun, tidak ada kaitannya bila dikaitkan dengan minum air kelapa hijau akan membuat kulit  anak menjadi putih dan bersih. Sebab, warna rambut, warna kulit, bentuk rambut seorang anak diwarisi dari kedua orang tuanya.

Intinya, boleh dikosumsi, tetapi jangan setiap hari karena kalau mengonsumsi kalium terlalu tinggi justru menjadi lemes atau hiperkalemia. Paling tidak, minumlah seminggu dua atau tiga kali.

2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa yang sifatnya licin diyakini dapat membantu proses melahirkan. Namun perlu diingat, bila diminum minyak kelapa tidak akan bisa menembus rahim. Sesuai alur, minyak kelapa masuk lambung-asam amino, hati, bali ke darah, sampai janin.  Tidak akan sampai ke bayi untuk melicinkan.

Meski demikian, hingga sekarang minyak kelapa masih digunakan untuk membantu persalinan di daerah pelosok dan posyandu.  Caranya dengan dituangkan di vagina atau dioleskan guna mempermudah persalinan.

3. Kacang Hijau
Mengonsumsi kacang hijau bagus untuk ibu hamil. Setiap hari pun tidak apa-apa. Kacang hijau lebih bagus saat belum pecah. Jika sudah pecah jadi karbohidrat. 

4. Makanan Mengandung MSG
Buat yang sering makan di luar, sulit mencari  yang tidak menggunakan MSG. Tenang,  MSG itu dalam kadar tertentu dibutuhkan sebagai energi otak. Dalam jumlah banyak baru akan menyebabkan gangguan pada saluran cerna.

5. Hamil Puasa Daging Kambing
Banyak calon ibu yang berhenti atau puasa makan daging kambing selama kehamilan. Padahal, sebetulnya dapat mengonsumsinya. Daging kambing lebih aman daripada daging sapi. Bebas lemak. Di Arab Saudi, hampir semua hidangan lebh banyak dg kambing.

Kalau sate bagaimana? Karena sate dipanggang, dekat dengan api jadi arang bisa sebabkan cancer. Selain itu, kematangan sate bakar tidak tahu. Sementara,steak yang welldone,  sudah pasti kolesterol rendah, serat tinggi, dan beberapa kandungan vitamin.

6. Susu Hamil
Minum susu?  Bangsa kita bukanlah bangsa peminum susu, melainkan minum susu kalau sedang merasa butuh. Nah, mengenai produk susu,  yang manakah cocok untuk orang hamil?

Susu hamil saat ini banyak yang beredar di pasaran, mulai dari susu mengatasi mual, hamil muda, dan lainnya. Hal itu semata strategi penetrasi pasar.  Sebenarnya kalau diperhatikan, dari segi komposisi susunya nggak terlalu jauh berbeda. Sesuaikan saja dengan yang dibutuhkan. Misalnya saja, pada tiga bulan pertama. Lebih baik beli susu putih lalu dikasih perasa, misalnya cokelat atau sirup strawberry.

7. Minum Kopi Saat Hamil
Nah, bagaimana dengan larangan minum kopi bagi orang hamil?  Ternyata boleh minum kopi saja asalkan konsumsinya tidak lebih dari 300 mg/hari. Asalkan tidak mempunyai penyakit hipertensi dan  penyakit magh. Selain juga tidak mempunyai risiko menghasilkan reaksi terbalik.  Sifat bagus dari kopi hipertropik, bisa dipakai merangsang otot jantung bekerja optimal, mempunyai efek menyegarkan.

8. Minum Teh
Minum teh sangat digemari oleh orang Indonesia, baik pagi maupunsore. Teh  juga tidak menjadi masalah bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Orang China atau Jepang malahan terbiasa meminum teh hijau. Kafein yang terkandung dalam teh juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kopi. Dikonsumsi secara cukup mampu meningkatkan mood  booster.


Komentar

  1. Yayaya... Bener banget. Msg sbnrnya dibutuhkan otak.. Cm kalo kelebihan bisa mabok kak. Mabok msg. Wkwkwk..

    BalasHapus
  2. waaah... baru tau kalau MSG dibutuhkan utk energi otak. Kira-kira berapa standar takaran normal utk makan MSG setiap harinya ya, Mba? *beneran nanya ini

    BalasHapus
  3. Ketemu tulisan ini, jadi inget lagi diskusi saat itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g