Langsung ke konten utama

Situs Booking Hotel Lalalaway Ajak Blogger Belajar Optimasi Facebook


Audey Marc, Co Founder Lalalaway.com di sela Mengisi Waktu berbuka puasa dengan workshop facebook ads.  (dok.windhu)


Mengisi waktu menjelang berbuka puasa, sangat menyenangkan dengan hal-hal yang positif. Sekali berenang dua pulau terlampaui, istilahnya. Bertemu dengan orang baru, di tempat baru, sekaligus mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Lagipula selama ini, setiap hari facebook juga masih dibuka.

Itulah yang saya lakukan di suatu sore bulan ramadan di Raja Kamar, Jl Majapahit No.16, Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.  Meski tak berlokasi menghadap jalan raya langsung, sebuah kantor yang bernuansa sangat kekinian untuk pertama kalinya saya datangi itu, cukup menyenangkan. Cocok untuk tempat berfoto-foto.


Suka dengan tempat taruh kursi yang menarik ini (dok.windhu)

Saat sampai, saya terpikat pada ruangan yang digunakan untuk berfoto-foto, yang ternyata sekaligus tempat untuk berbuka puasa. Ruangan yang penuh dengan bangku warna-warni dan backdrop besar bertuliskan Lalalaway. Ada sebuah layar televisi menyala menayangkan berbagai lokasi wisata, juga berseling dengan tulisan Lalalaway.

Situs booking hotel Lalaway Flassale 

Buat saya, mendengar kata Lalalaway, merupakan sebuah informasi baru. Namun saat tahu merupakan sebuah situs flashsale hotel mewah terpercaya dari Indonesia, satu hal yang langsung terpikirkan adalah kemudahan bila ingin melakukan liburan ke sejumlah tempat di Indonesia.

Ya, hari gini siapa yang tidak suka melakukan traveling? Menikmati keindahan alam dan budaya di suatu wilayah yang mengesankan.  Kemudian mengabadikannya dalam bentuk foto-foto, yang lalu diunggah melalui media sosial. Wuih, terbayang rasa senang yang akan diperoleh dari sebuah perjalanan wisata.

Kenapa? Ya, karena jika ingin berwisata atau berlibur ke suatu tempat, harus juga memperhitungkan moda angkutan yang digunakan dan tempat menginap yang akan dipilih. Tak jarang, pemesanan semuanya itu harus dilakukan satu per satu. Terpisah. Jadi, sangat memudahkan jika bisa dilakukan sekaligus, bukan?


Penjelasan mengenai type iklan Facebook (dok.windhu)

Janji Diskon Hingga 70 %    
Sore itu, ketertarikan sebenarnya berawal dari ingin tahu lebih mengenai optimasi facebook. Ya, meski saat ini facebook banyak yang bilang sudah agak ketinggalan sebagai media sosial, tetapi kehadirannya tetap dinanti dan tetap efektif digunakan sebagai sarana promosi.

Kebetulan di saat yang sama, Lalalaway sebagai sebuah start up baru menyelenggarakan workshop optimasi Facebook, yang digandeng dengan acara berbuka puasa bersama. Sebelumnya, start up ini pernah juga mengadakan workshop SEO, meski saya tidak ikut serta.

Jadi sore itu, selain ilmu mengenai Optimasi Facebook, sebuah informasi mengenai situs flash Lalalaway.com yang sangat menarik dengan tawaran booking hotel dan pesawatnya untuk berlibur ke suat u daerah.  

Menurut Audey Marc, Co Founder Lalalaway.com yang mengawali pertemuan, Lalalaway memberikan garansi promo hotel bintang 4 dan 5 termurah. Diskonnya sampai 70 %. Setiap orang dapat melakukan booking hotel secara online baik dengan penerbangan maupun tanpa penerbangan.  


Flash Sale situs booking Lalalaway.com

Jika membuka situs Lalalaway.com, banyak pilihan hotel murah dengan kualitas mewah yang ditawarkan di setiap minggunya. Ada gambar hotel dengan keterangan harga dan waktu flash sale yang tersedia. Juga tertera waktu travel window. Durasi menginapnya bebas, bisa 1 atau 4 hari.  

Menariknya, harga-harga hotel bintang empat dan lima ini ternyata nggak semua mesti dalam bilangan berjuta-juta. Ada juga yang dalam kisaran ratusan ribu, Rp.400 ribuan hingga 500 ribuan. Selain itu, maskapai penerbangan yang bekerja sama juga sangat terpercaya andal, Garuda Indonesia.

Untuk memperkenalkan Lalalaway, para peserta bermain dengan game kahoot yang seru. Yeay, ternyata setelah main game makin merasa asyik banget kalau bisa berlibur sekaligus dapat hotel cakep dan maskapai bagus.

Keseruan melihat gaya  postingan peserta di instagram (dok.windhu)


Optimasi Facebook Untuk Tingkat Penjualan 


Buat saya yang suka menulis, mempromosikan tulisan melalui salah satu media facebook masih cukup efektif menjaring jumlah view. Ternyata tak salah karena berdasarkan data Kompas, untuk jumlah pengguna aktif facebook di Indonesia  2018 yang aktif lebih dari 2,17 miliar.

Naik hampir 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Hingga Januari 2018, jumlah pengguna Facebook dari Indonesia mencapai 130 juta akun dengan persentase enam persen dari keseluruhan pengguna.Bahkan Lalalaway saja masih menggunakan facebook, selain memiliki media sosial lainnya dan website sendiri.

Jadi, dengan optimasi facebook sebenarnya masih banyak yang bisa dimaksimalkan menjadi sebuah keuntungan, baik untuk promosi blog maupun promosi jualan. Lalu bagaimana cara mengoptimasi facebook?


Tampilan facebook lalalaway.com


Memaksimalkan Facebook
Ada dua pembicara yang menuturkan tentang facebook ads sore itu, yakni Supervisor SEO Bukalapak Rendra Saputra dan Darwin. Keduanya memang sudah terbiasa dengan rutinitas mengurusi media sosial, termasuk facebook.

Penjelasan-penjelasan yang semakin menyadarkan untuk serius menangai fanpage dengan serius. Apalagi pastinya, setiap orang yang punya facebook pasti pernah melihat adanya iklan yang ada di setiap tayangan facebook.

Nah alasan-alasan harus beriklan di facebook itu adalah memiliki visibilitas yang bagus, penargetan yang lebih tepat, bisa melakukan pengukuran ROI, berbagai model biaya yang tersedia, dan menghasilkan kualitas yang baik.  

Mengenai type iklan di facebook itu berupa awareness, consideration, dan conversion.  Type audiens di facebook juga dapat dibedakan atas core audience (audiens dari facebook; facebook yang membuatnya), custom audience (audiens yang merespon iklan/datanya dipegang), dan Lookalike audience (audiens yang diprediksi oleh facebook berdasarkan custom audience).

Sebelum melakukan iklan di facebook, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah memiliki fan page, yakni sebuah halaman khusus yang isinya beragam. Biasanya disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan keinginan pemiliknya, misalnya destinasi hotel dan maskapai untuk liburan seperti Lalalaway.com.


Foto bersama by Ikung

Dalam beriklan, tentu saja harus menyediakan dana. Untuk jangkauan orang yang melihat iklan mencapai ribuan orang per hari, seakan terbayar jika memang mampu dikelola maksimal. Selain dana yang diatur sesuai dengan yang dimiliki, perlu juga diperhatikan lama waktu beriklan.

Melalui facebook, target yang dituju juga diperjelas. Misalnya, dengan menargetkan usia sasaran iklan 20-35 tahun. Selain itu, yang menarik adalah postingan terpublish di blog yang dimiliki, dapat terhubung dengan instant article.

Namun untuk ini yang dibutuhkan adalah halaman facebook untuk wordpress website, facebokk page app, setidaknya minimal 10 atau lebih artikel di facebook, dan instant article untuk WP plugin. Penjelasan seperti ini membuat saya nggak sabar untuk memaksimalkan facebook untuk promosi blog saya!



Jadi ingin berlibur gara-gara Lalalaway (dok.windhu)

Bukber yang Manis
Suatu sore di Jl. Majapahit menjadi kegiatan bukber yang manis. Mengenal lokasi baru, kawan-kawan baru, dan ilmu baru. Tapi tak hanya itu, saya juga menikmati makanan berbuka dengan kurma yang manis plus tekwan yang hangat. 

Saya juga sempat menyantap kue tart yang manis dari Four Seasons Hotel, usai berfoto bareng. Satu lagi,saya jadi tahu situs booking hotel flash sale hotel aman dan terpercaya . Penutup hari di bulan puasa yang membuat saya ingin berlibur, hahaha.  


Manisnya kue cokelat Four Season di bukber  lalalaway (dok.windhu)

Komentar

  1. Ruangannya baru, tapi kece gila ya si lalalaway ini. Bikin betah ngantor di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, ruangannya instagramable banget. Asyik untuk foto-foto

      Hapus
  2. Optimize facebook. Mpo beluman lakukan karena Mpo agak malas nulis di fanspage. Semangat nulis ah mulai sekarang

    BalasHapus
  3. Pengen bisa optimasi facebook, tapi kok paling males banget buka facebook ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g