|
Karakter kstaria penunggang kuda dalam Augmented Reality (dpk.windhu) |
|
“Aku... aku mau... aku mau lagi,” pekik girang Arya, saat mencoba untuk melakukan scan
gambar yang sudah diwarnai sendiri olehnya. Setelah mencoba beberapa kali, baru bisa muncul gambar 3
dimensi yang tampak nyata.
Wajah
bocah kelas 1 Sekolah Dasar itu semakin berseri-seri. Apalagi begitu keluar gambar kuda dengan penunggangnya. Lengkap dengan bunyi ringkikan dan derap kaki
kuda yang terdengar.
“Kuda
aku bisa jalan ke sebelah sini. Bisa
jalan kesitu sebelah atas juga,” katanya tak putus berceloteh. Arya menggeser jemari tangannya. Mengubah
posisi kuda, yang langsung mengikuti arah jemarinya.
|
Gambar kudanya bisa berpindah tempat sesuai dengan arah tunjuk jari (dok.windhu) |
|
Puspa,
kakaknya pun tak kalah senang. Jari telunjuknya menyentuh tombol take selfies
dan tak beberapa lama, muncullah gambar
kuda dan penunggangnya dalam Giddy Up, yang bisa dibesarkan dan
dikecilkan. Lalu, dengan mengepaskan posisi, foto selfie pun dilakukan. Yeay,
bisa berfoto bersama kuda yang ada dalam gambar ! “Aku bisa foto sama kuda di gambar,” kata Puspa.
Sepanjang
sore hingga malam itu, kegiatan mewarnai dan bermain dengan aplikasi yang bisa
membuat gambar yang telah diwarnai menjadi tampak nyata, begitu mengasyikkan.
Melihat dan merasakan kedua bocah kakak
beradik ini senang, rasa ikut bahagia juga mengalir.
|
Inilah Colour To Life yang terdiri atras 1 buku bersi 15 halaman Augmented Reality dan 20 connector pens (dok.windhu)
|
|
Semua
itu dimungkinkan dengan adanya Colour To Life. Pantas saja anak-anak ini
senang, saya tantenya, yang bukan bocah saja
langsung menyukainya! Sejak awal,
produk Colour To Life keluaran PT Faber-Castell International Indonesia ini,
memang sudah bikin penasaran.
Apalagi
saat melihat bagian depan bingkisan
produk yang bertuliskan Colour To Life itu tertulis adanya 15 halaman Augmented
Reality Colouring Books, yang disertai 20 Connector Pens. Buku mewarnai yang
beda dengan yang lain !
|
Nggak sabar membuka Colour To Life (dok.windhu) |
|
Ada
15 gambar yang siap diwarnai dengan menggunakan Connector Pen. Terbayang, kan kalau kegiatan
mewarnai saja sudah sangat menyenangkan. Apalagi, kalau karakter dalam gambar 'seakan hidup'. Makanya, sejak awal dua kakak beradik
ini sudah sangat tidak sabaran untuk segera membuka kotak dan mewarnainya
dengan menggunakan connector pens.
Karena
sama-sama sudah penasaran, maka tiga gambar awal pun dilepas supaya juga bisa
mewarnai secara bersamaan! Gambar
pertama adalah Giddy Up. Gambar seorang ksatria berbaju besi menunggang kuda di
sebuah tempat hijau dengan latar belakang gambar kastil.
|
Gambar Siap Diwarnai dengan menggunakan Connector Pen (dok.windhu) |
|
Kami
bertiga, yakni saya dan dua bocah yang masih duduk di sekolah dasar itu mulai sibuk
untuk mewarnai masing-masing. Tidak sabar jika harus menunggu untuk mewarnai
secara bergantian.
Kebetulan,
dari 15 halaman Augmented Reality Colouring Book, ada lima karakter, yakni,
Giddy Up, Pogo Boy, Dress Up Challenge, Balance
Your Brain dan Safe Flight. Masing-masing karakter terdiri atas 3 gambar yang
sama, tapi sedikit berbeda latar dan posisi.
|
Mewarnai gambar Giddy Up (dok.windhu)
|
|
Melatih Konsentrasi
Pablo
Picasso, pelukis top dunia yang karyanya masih terkenal hingga saat ini pernah
bilang, jika Semua anak adalah seniman. Masalahnya adalah bagaimana tetap
menjadi seorang seniman setelah ia besar nanti.
Ya,
saat melihat para bocah asyik mewarnai, antusias yang tinggi mereka perlihatkan
begitu tinggi. Imajinasi mereka wujudkan dalam bentuk pemilihan warna warni
connector pen untuk digoreskan ke dalam bentuk gambar yang telah ada, saya
percaya itu.
|
Mewarnai gambar dengan connector pen (dok.windhu) |
|
Dalam
mewarnai, anak-anak ini dibebaskan untuk memilih warna sesuai dengan kesukaan
mereka, selain mengikuti contoh warna gambar yang ada di buku Augmented Reality
Colouring. Puspa, yang sudah lebih besar sudah lebih bisa menyelaraskan pilihan
warna dengan baik. Sementara Arya, yang masih kelas 1 SD masih berusaha untuk
mewarnai dengan baik, berusaha berpikir tidak
melewati garis bentuk gambar.
Saya
yang juga mencoba relaksasi dengan menggambar, kemudian mencoba untuk mewarnai
dengan menggunakan pola Patterning (mengikuti pola), Pointilism (titik-titik),
Squiggling (lekukan-lekukan), Shadding(bayangan), dan Contouring (mengikuti
kontur). Tak perlu khawatir, petunjuknya ada di lampiran yang ada di dalam
kotak buku.
|
Mewarnai dengan Patterning shading, pointilism, dan Countouring (dok.windhu) |
|
Scan, 3 D, Selfie, Play Game
Meluangkan
waktu dengan Colour To Life dari Fabber Castell Indonesia sangat menyenangkan. Senangnya,
karena baru kali ini saya menemukan paket mewarnai yang dilengkapi dengan 15
lembar augmented reality, 2 connector pens, bisa
memunculkan
3 Dimensi, bisa untuk mengambil gambar
selfie.
Bahkan bisa untuk bermain games karena ada 5 karakter dan permainan
yang berbeda, tinggal mendownload
aplikasi Colour to Life yang tersedia di Google Play dan App Store.
|
Tampilan aplikasi Colour To Life yang sudah didownload (dok. windhu) |
|
Produk
Colour To Life, 15 page-Augmented Reality Colouring Book, yang terdiri atas 20
connector pens dengan mudah bisa dibeli di Tokopedia, Gramedia
atau toko buku terdekat.
Jika
sudah ada bukunya, nah inilah langkah bersenang-senang dengan Colour To Life,
seperti saya dan para bocah lakukan :
|
Gambar yang ada diwarnai dengan bagus, kecuali bagian bingkai (dok.windhu)
|
|
1. Mewarnai
Seperti
sudah disebutkan di awal, ada 15 halaman gambar, yang terdiri atas 5 karakter
berbeda. Jadi setiap karakter terdiri atas 3 halaman yang masing-masing bisa
diwarnai. Bisa secara bergantian, bisa juga dilepas per lembar, seperti yang
saya lakukan dan para bocah. Dibuat senang saja, karena mewarnai bersama lebih
menyenangkan.
|
Letakkan aplikasi Colour To Life di atas gambar yang akan di-scan hingga keluar warna hijau (dok.windhu) |
|
|
Akan keluar lingkaran hijau tanda keluarnya karakter dalam bentuk 3 Dimensi (dok.windhu) |
|
2. Scan
Kalau
sudah selesai mewarnai. Scan gambarnya. Namun, sebelum melakukan scan download
dulu aplikasi Colour To Life yang tersedia di Google Play dan App Store. Kalau
tidak mau repot, ada scan barcode juga mengenai cara mendownload aplikasi dan
video cara menggunakan di depan kotak paket Faber Castell Colour To Life
|
Kalau keluar tulisan ini, berarti scan tidak berhasil. Ulangi lagi scan gambar (dok.windhu) |
|
3. Interaksi dalam 3 Dimensi
Nah
ini paling menyenangkan. Setelah gambar selesai dibuat dan aplikasi Colour To
Life sudah terinstal di smartphone, saatnya untuk beraksi memuncukan tampilan
3D (tiga dimensi).
Caranya?
Cukup dengan membuka aplikasi dan sentuh start (mulai), pilih permainan, dan
meletakkannya persis di atas gambar yang telah diwarnai dengan jarak minimal 30 cm. Jika pas, maka akan
keluar lingkaran berwarna yang akan muncul gambar sesuai karakter yang dipilih.
Kalau di Giddy Up, langsung muncul karakter satria dengan kuda yang
ditungganginya, dilengkapi suara derap kaki dan ringkikan suara kuda. Karakter di dalam gambar menjadi nyata!
|
Tampilan pada gambar dan smartphone (dok.windhu) |
|
Cuma
satu hal yang perlu diingat, harus pas saat melakukan scan gambar. Bingkai
gambar harus masuk semua dan posisinya harus
tegak lurus. Kalau tidak akan loose track (tidak berhasil keluar gambar 3 D). Jika
loose track, arahkan pada lain tempat sejenak, kemudian mencoba lagi untuk
melakukan scan gambar.
Satu
hal, bingkai jangan diwarnai supaya bisa di-scan. Arya, bocah kelas 1 SD itu
keasyikan semuanya diwarnai hingga ke bingkai-bingkai. Hasilnya, karakter
gambar 3 D yang di-scan susah untuk keluar.
Jika
scan berhasil, akan keluar lingkaran gambar berwarna wani yang akan kemudian
muncul karakter gambar yang diwanai. Nah disinilah senangnya, gambar kudanya
bisa dikecilkan dan dibesarkan. Selain itu, bisa diarahkan sesuai dengan yang
diinginkan. Disentuh ke sebelah kiri gambar, akan berpindah ke kiri. Begitu
juga sebaliknya bila disentuh ke kanan, akan berpindah ke kanan.
|
Selfie dengan satria berkuda (dok.windhu) |
|
|
Ada kuda di pundakku (dok.windhu) |
|
4. Selfie (swa foto) dengan Gambar
Baru
kali ini, bisa selfie langsung dengan karakter gambar yang sudah diwarnai
sendiri. Untuk melakukannya juga sangat mudah. Cukup dengan menyentuh gambar
photo mode yang ada di sebelah kanan. Sekejap kemudian,muncullah karakter yang akan difoto. Tentunya lengkap
dengan wajah orang yang akan selfie dengan karakter itu. Tinggal suka-suka deh,
diatur besar karakter dan posisi gambar agar bagus. Pencahayaan juga
disesuaikan, karena bisa mode foto depan dan foto belakang juga.
|
Permainan Giddy Up yang melatih motorik dan refleks (dok.windhu) |
|
5. Melakukan Permainan
Nggak
Cuma selfie, ternyata bisa juga menjalankan permainan (play game) dengan Colur
To Life. Ada lima game dalam buku, yang
masing-masing memiliki karakter dan manfaat.
Permainan
Giddy Up, Pogo Boy, dan Safe Flight dapat melatih konsentrasi dan motorik, memperkuat
koordinasi tangan dan mata, meningkatkan perhatian dan konsnetrasi, dan melatih
refleks.
Dua
permainan lainnya, yakni Dress up Challenge dan Balance yor Brain bagus untuk melatih keseimbangan otak kiri dan
kanan, mempertajam ingatan, meningkatkan kecepatan otak, perhatian, dan
konsentrasi.
|
Serunya Mewarnai, selfie, dan bermain dengan Colour To Life Fabber Castel (dok.windhu) |
|
Meningkatkan Mood dan
Kreativitas
Buat
saya, Colour To Life merupakan kegiatan baru yang menyenangkan. Cocok tidak cuma
buat anak-anak saja, tapi juga yang dewasa. Mood dan kreativitas langsung
terbangun dengan baik melalui kegiatan mewarnai.
Kreativitas
pun terasah dengan mencoba berbagai metode pewarnan. Belum lagi
bersenang-senang dengan selfie dan permainan
yang memiliki banyak manfaat. Melalui Colour To Life, anak-anak bisa hadir
langsung sebagai subyek dan terlibat di dalamnya. Bukan sekedar sebagai obyek sebuah
karya digital, yang hanya diberikan gambar untuk diwarnai.
|
Mewarnai dengan patterning, pointilism, squiggling, shading, countouring (dok.windhu) |
|
Berpadunya
antara kegiatan menggambar secara
konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality (AR) yang menjadikan
gambar tampak nyata, membuat kegiatan mewarnai ini semakin asyik dan
menyenangkan lantaran terhubung langsung dengan dunia digital.
Menyaksikan dua bocah Arya dan Puspa tampak
bahagia, saya pun nggak kalah bahagia. Selain senang menggambar dan mewarnai,
keduanya memang suka juga berfoto-foto, dan bermain game.
Biasanya,
jika mereka sudah bemain game, sebagai orang dewasa tentulah mengecek game apa
yang mereka pilih. Dengan adanya Colour To Life, serangkaian kegiatan
menyenangkan bisa dilakukan sekaligus. Mewarnai, Selfie, dan bermain game. Rasa bosan di suatu tempat bisa dihilangkan. Lagipula,nggak perlu khawatir dengan game yang ada karena aman dan bermanfaat untuk
anak-anak.
Mengambar jadi menyenangkan dan bikin happynya lagi bisa gambar bareng tante windu
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAsyik banget mbak main games cerdas dengan colour to life nya faber castell.. Udah melatih kepekaan terhadap warna, sekaligus jadi kreatif.
HapusDaku mau coba ke keponakan ah, biar ikutan cerdas juga. 😂
Seru banget. Anak besar kayak aku juga jadi mau nyobain mewarnai dan main game dari Faber Casstell ini.
BalasHapusIh bisa gwrak ya. .
BalasHapusMenarik banget nih teknologinya
BalasHapusAnak-anak pasti bakalan semangat mewarnai karena tau gambarnya bisa hidup dan nongol dihadapannya
Anak-anak jadi semakin semangat menggambar dengan aplikasi colour to life dari faber Castell ini yaa, Mba
BalasHapusAR memang menarik banget apalagi ini ada dengan Faber Castel, yang perlengkapan mewarnainya sudah oke banget. Jangankan anak2, saya pun kepengen :)
BalasHapusIni sih udah jadi mainan Favorit orang2 rumah. Pada rebutan. Terutama pas warnain. Jadinya abis deh yang kosong. Coba buku mewarnainya ada 100 halaman. Makin seruuuu. Hehehehe
BalasHapusTeknologi yang menghidupkan ya. Seru ini kegiatan mewarnai bisa mengalihkan anak dari gadget.
BalasHapusKombinasi abanta torehan tangan dan teknologi, hasilnya kecee abis.
BalasHapusAku aja pengen loh
Kombinasi antara torehan tangan dan teknologi, hasilnya kecee abis.
BalasHapusAku aja kepengen loh mba
Jadi makin seru kalau begini aktivitas mewarnainya. Anak-anak juga semakin berimajinasi
BalasHapussenenng y mba ga cuman gambar tapi busa main games bisa swafoti juga
BalasHapusHaha, ga nyangka teknologi augmented reality jg melintas ke dunia warna mewarnai, jadi makin interaktif ya, seruu
BalasHapusGame pake model augmented reality ini memang lagi happening banget ya. Dan banyak anak pun suka. Apalagi kalau dipadukan kayak versinya Faber Castle ini. Jadi gambar yang muncul berdasarkan hasil pewarnaan anak terlebih dahulu.
BalasHapusAnakku klo liat produk ini pasti mupeng banget. Dia hobby banget ngoleksi aneka jenis pensil warna Faber Castle. Apalagi sejak ambil kelas animasi.
BalasHapusmewarnai kekinian ini namanya
BalasHapusSerubyaaa bisa mainan karamter yang diwarnai sendiri.
BalasHapusIni anak2ku jg suka mak, udah abis buku gambarnya dicoret2in eh diwarnain haha.
Bisa beli bukunya lg dmn ya? 😁
Duh maaf typonya banyak soalnya bw pakai hape✌️🙈
HapusHahaha soalnya pas komen lagi di KRL desek2an, wah makasih infonya ya mbaakk, ntr beliin anak2 lagi aaah
HapusAku udah nyoba permainan ini sendirian dan ama anak. Sama2 menyenangkan ya mba. Apalagi pas permainan naik kuda. Ih bagus banget
BalasHapusKeren banget ternyata colour to life dari faber castell mengedukasi anak lebih kreatif lagi.
BalasHapusSelain happy mewarnainya, anak-anak pasti lebih happy lagi melihat hasil gambarnya bisa timbul dilayar hp ya. Keren banget .....
BalasHapusSeru ya mba mainannya.. jangankan anak2 yg dewasa macam saya aja suka
BalasHapusHasil mewarnainya cakeeep! Aku coba ikutin langkah di buku petunjuk tapi kok hasilnya ya gitu deh. Hahaha.
BalasHapusWah keren ya, sudah menggunakan teknologi VR, AR, semoga dengan adanya teknologi ini tidak membuat malas anak2 kita untuk berkarya justru sebaliknya akan membuat mereka semangat.
BalasHapuskalau minjem istilah nya Spongebob tentang "imaajinaasii.." ini tuh kaya bisa me-realisasikan imajinasi waktu mewarnai.. selesai diwarnai, gambar nya jadi seolah hidup, bisa dimainin dan diajak selfie lagi
BalasHapus