Langsung ke konten utama

Inilah Alasan Kendaraan Bermotor Penting Diasuransikan

Asuransi kendaraan bermotor melindungi kendaraan bermotor dari berbagai risiko kerusakan kendaraan yang menimbulkan kerugian. Hal ini diuraikan dalam talkshow berjudul Perlukah kendaraan bermotor diasuransikan, yang digelar mobil 123.com dan Adira Finance. (dokpri)

Memiliki kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan. Baik yang tinggal di daerah perkotaan maupun di perdesaan. Jarak lokasi tujuan yang jauh dan tak terjangkau kendaraan umum, dapat ditempuh dengan lebih cepat. Meski saat ini lebih mudah, memiliki kendaraan bermotor ternyata tak lepas dari berbagai kerugian yang mungkin terjadi.

Beberapa hal  yang dapat menyebabkan pemilik kendaraan merugi, yakni bencana alam, pencurian kendaraan bermotor, yang tercatat lebih dari 42.000 kasus (2014). Selain itu, ada kemungkinan terjadi maupun terlibat kecelakaan, yang datanya lebih dari 151 ribu kendaraan ( 2014).


Perlukah Mobil dan Motor Kita Diasuransikan? (dokpri) 

“Kita sebagai pengendara kendaraan bermotor mungkin sudah berhati-hati, tapi orang lain belum tentu hati-hati sehingga bisa merusak mobil atau motor yang kita punya,” kata Dany Sutardji, Product Management Analyst PT Asuransi Adira Dinamika, dalam kegiatan Blogger Gathering yang diadakan portal otomotif no 1 Mobil123.com dan Adira Insurance, di Foodism Kemang, 31 Januari 2017.

Selama tahun 2014, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat  adanya 114 juta kendaraan bermotor di Indonesia.  Jumlah kepemilikan kendaraan bermotor yang meningkat juga membuat semakin tinggi risiko kecelakaan. Data dari Mabes Polri periode Januari hingga September 2015 mencatat jumlah 23.000 angka kecelakaan di Indonesia.
Angka kecelakaan yang meningka juga membuat risiko kerusakan terhadap kendaraan bermotor tinggi (dokpri)

Bisa terbayang, jika sebuah kecelakaan terjadi dan mengakibatkan kendaraan bermotor yang dimiliki rusak. Kerugian sudah dipastikan  bisa mengganggu keuangan pemilik kendaraan. Untuk itulah, Irwan Nurfiandy, Head of Marketing Mobil 123.com saat membuka talkshow mengatakan, perlu edukasi mengenai pentingnya asuransi kendaraan bermotor agar memberikan ketenangan dan kenyaman bagi pemilik kendaraan.

Asuransi kendaraan bermotor, apa itu?

Sebelum memutuskan untuk mengasuransikan kendaraan yang dimiliki, sebaiknya perlu mengenali lebih dulu mengenai asuransi. Saat ini terdapat beragam jenis asuransi, seperti asuransi jiwa, asuransi rumah, asuransi umum, asuransi perjalanan, dan asuransi kendaraan bermotor. Lalu apa sebenarnya asuransi?

Kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat memiliki risiko terjadi kehilangan (dokpri)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi adalah pertanggungan perjanjian antara dua pihak. Pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat.

Menurut Dany Sutardji dari Adira Insurance, dalam asuransi kendaraan bermotor, obyek yang dipertanggungkan adalah kendaraan bermotor yang secara definisi merupakan kendaraan roda dua atau lebih yang digerakkan oleh motor atau mekanik lain dan memiliki izin untuk digunakan di jalan umum.


Memiliki mobil yang bagus penunjang aktivitas sehari-hari sebaiknya diasuransikan (dokpri)

Dalam asuransi kendaraan bermotor, pemilik kendaraan bermotor disebut sebagai pihak pertama yang membayar sejumlah iuran atau premi kepada sebuah perusahaan asuransi kendaraan bermotor sebagai pihak kedua.  Perjanjian itu diikat dalam sebuah perjanjian kontrak yang berisi penjelasan hak dan kewajiban kedua pihak dalam sebuah buku polis.

Pemilik kendaraan bermotor dapat memilih asuransi kendaraan sesuai dengan jaminan  dasar yang diberikan, yakni asuransi komprehensif (all risk) yang menjamin hampir seluruh risiko dan Total Loss Only yang hanya menanggung bila terjadi kehilangan saja.

Saat berada di parkiran pun, risiko terharap kendaraan bermotor dapat terjadi (dokpri)

Namun pada prinsipnya, asuransi kendaraan bermotor menjamin dua risiko yang mungkin terjadi, yakni

1. Kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor
Termasuk di dalamnya adalah tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok dan kebakaran. Selain itu, perbuatan jahat dan pencurian. Termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan, seperti yang tertuang dalam  pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 KUHP.

2. Tanggung Gugat.
Pengertian tanggung gugat adalah tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga yang berkaitan dengan penggunaan kendaraan bermotor
Risiko yang dijamin  dalam tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah kerusakan atas harta benda, biaya pengobatan, cidera badan dan atau kematian, biaya perkara atau biaya bantuan para ahli (max 10% dari limit ).

Edukasi mengenai asuransi kendaraan bermotor masih perlu (dokpri)

Dalam talkshow yang dipandu oleh  Indra Prabowo (Managing Editor Mobil123.com dan Otospirit.com) itu disampaikan, ada juga risiko yang dijamin dengan biaya lainnya. Maksudnya, biaya wajar yang dikeluarkan oleh tertanggung, jika terjadi kerugian dan atau kerusakan akibat risiko yang dijamin untuk penjagaan, pengangkutan atau penarikan ke bengkel atau tempat lain untuk menghindari atau mengurangi kerugian dan atau kerusakan tersebut. Max 0.5% dari Harga Pertanggungan.

Selain itu masih ada asuransi dengan perluasan dengan jaminan yang semakin luas, berupa kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, huru-hara / SRCC (Strike, Riot & Civil commotion), Gempa bumi, tsunami dan atau letusan gunung berapi, angin topan, badai, hujan es, banjir dan atau tanah longsor.

Dany dari Adira Insutance mengatakan asuransi kendaraan terdiri atas komprehensif  all risk dan TLO (dokpri)

Pilah Pilih Asuransi Kendaraan Bermotor
Lalu asuransi kendaraan bermotor apa yang tepat? Mengenai hal ini, tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik kendaraan bermotor karena akan mempengaruhi jumlah premi yang akan dibayar. Sebagai pertimbangan, tentu saja perlu memperhatikan kondisi tempat tinggal, seperti rawan banjir atau rawan pencurian.   

Menurut Dany, asuransi komprehensif (all risk) lebih disarankan terutama di kota besar, seperti Jakarta. Alasannya, misalnya bila terjadi kerusakan kendaraan karena kecelakaan diganti secara keseluruhan hingga kondisi kendaraan sebelum terjadi kecelakaan.

Suasana kegiatan di foodism kemang (dokpr)

Berbeda halnya dengan asuransi Total Lost Only (TLO). Apabila mengambil asuransi TLO, yang diganti itu bila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan perbaikan kendaraan menghabiskan biaya minimal 75 % atau dari harga pasar saat kejadian. Misalnya, kalau nilai pertanggungan Rp.100 juta, tetapi biaya perbakan cuma 50 juta maka tidak mendapatkan penggantian.  

Namun perlu diingat, premi yang dibayarkan untuk asuransi komprehensif  (all risk) tentunya lebih mahal ketimbang asuransi kendaraan TLO. Semakin banyak jaminan yang diberikan dengan tambahan perluasan, preminya juga bertambah. Hal ini sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara hiburan sebelum dan sesudah talkshow (dokpri)

Usia maksimum mobil yang bisa dijamin komprehensif  saat melakukan aplikasi diajukan adalah 8 tahun, sedangkan TLO mobil maksimum berusia 15 tahun. Untuk motor roda dua, usia yang dijamin adalah maksimum 7 tahun dan hanya tersedia TLO saja.

Asuransi kendaraan memiliki beberapa faktor underwriting, yaitu jenis kendaraan yang dipertanggungkan, nilai/harga kendaraan, penggunaan kendaraan, tahun pembuatan atau usia kendaraan, loss record, kondisi jaminan (TLO/Comprehensive), perluasan jaminan, area / wilayah penggunaan, dan moral hazards
 
pembawa acara (dokpri)
Dany menyarankan sebaiknya pemilik kendaraan bermotor yang ingin  mengasuransikan kendaraannya mempelajari klausul-klausul yang terdapat dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Membaca dengan teliti  mengenai jaminan yang didapatkan dan hal lainnya. Pahami perlu tidaknya memberikan perluasan jamnan. Saat ini, standar ukuran huruf di polis adalah font 10.  

Saat ini di masyarakat seringkali mempertanyakan perbedaan jaminan asuransi yang didapat tanpa melihat lebih dulu jenis asuransi dan perluasan jaminan yang ditambahkan. Premi yang dibayar berbeda tentu yang didapatkan pun berbeda.   

Bacalah klausul-kausul polis kendaraan bermotor dengan teliti (dokpri)

Perlu diingat, beberapa hal yang tidak diganti, antara lain (1) kerusakan atau kehilangan akibat penggelapan, penipuan,hipnotis dan sejenisnya, (2), Kerusakan atau kerugian akibat perbuatan jahat yang dilakukan tertanggung, suami/istri/anak/orang tua/saudara, pengurus, pemegang saham, komisaris, pegawaik, kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh menarik atau mendorong kendaraan lain, (3) belajar mengemudi, (4) perlombaan, (5) karnaval, (6)  kelebihan muatan, (7)  dijalankan dalam kondisi rusak, dikemudikan oleh seseorang tanpa SIM, (8) memasuki jalan tertutup/terlarang/melanggar rambu2 lalulintas, barang/hewan yang sedang diangkut.

Satu hal yang pasti dari semua uraian di atas, pastinya memberikan asuransi  kendaraan terhadap kendaraan bermotor yang dimiliki akan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pemilik. Jadi, sudah jelas kan, alasan pentingnya asuransi kendaraan?


Komentar

  1. lengkap bgt ulasannya ndu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak Ria. Semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih, semoga bermanfaat mbak Hermini

      Hapus
  3. Artikelnya kereen, lengkap bingits

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas Agung Han. Semoga tulisannya bermanfaat

      Hapus
  4. penting nih membaca sebelum membeli..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengerti dan teliti sebelum membeli asuransi kendaraan memang penting, lho..

      Hapus
  5. Duh, aku baca ini langsung tercerahkan. Makasih infonya mba windu. Jadi ngerti detil soal asuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak Windah tsu. Ngerti soal asuransi penting sebelum punya.

      Hapus
  6. Halo, salam kenal mbak!

    Lengkap ini informasinya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak Fitria. Salam kenal juga, mbak...

      Hapus
  7. Mantap ulasannya. Informadi Asuransi memang dibutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, om Andri. Informasi asuransi memang dibutuhkan supaya nggak salah pilih

      Hapus
  8. Asuransi sudah menjadi bahagian dari hidup kita ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Tika. Asuransi itu supaya hidup kita aman dan nyaman :)

      Hapus
  9. Bagaikan payung ya, harus sedia sebelum hujan :)
    Begitu juga dengan asuransi kendaraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, teh Ani Berta. Antisipasi sebelum terjadi sesuatu itu penting.

      Hapus
  10. Informasinya lengkap, tapi ya ampun ada foto saya pegang polis asuransi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, koko Giovani cucok jadi model, kok...

      Hapus
  11. Bener sih kl ada kecelakaan yg nyebabin kendaraan kita rusak, bisa ganggu keuangan kita deh, apalagi kl ga pake asuransi ... Wew.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nggak pakai asuransi, wew pastinya bisa membobol kantong kalau ada kecelakaan, kak Timo

      Hapus
  12. usia maks motor 7 tahun, berarti motor saya masih bisa dunkkk (beli 2011) alias 5 tahun hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, pastinya bisa banget, mas choirul huda

      Hapus
  13. Penting baget neh asuransiin mobil dan motor ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak liswanti, supaya kita tenang dan merasa aman dari kecurian, kecelakaan, dll

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Halo mbak Windhu, ulasannya seru nih. Bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mbak Retno. Terima kasih sudah berkunjung, ya...

      Hapus
  16. Berhati-hati pada kendaraan dg tetap berasuransi

    BalasHapus
  17. Ternyata ada juga asuransi yang tidak ditanggung. Yuk asuransi kendaraan kita :)

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. aku pernah kehilangan motor untungnya ada asuransi setidaknya nggak banyak menanggung rugi

    BalasHapus
  20. Wah dpt pencerahan jadi pengen asuransi kendaraan buat jaga2.

    BalasHapus
  21. Seru yah acaranya ada live musik juga.

    Asuransi kendaraan...memberikan kenyamanan & ketenangan kepada pemiliknya, setuju banget mba

    BalasHapus
  22. perlu ya itu asuransi... tapi cek ricek dulu sebelum ikut asuransi.. kalo adira insurance mah perusahaan gede itu

    BalasHapus
  23. Bener banget tuh, asuransi jaman sekarang mah harus dan kudu. :)

    BalasHapus
  24. Iya, asuransi kendaraan itu memang harus menjadi yang wajib saat ini

    BalasHapus
  25. Ternyata banyak manfaatnya,makasi infonya.. sukses terus ya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mengagumi Indonesia Melalui Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi

Wow ! Sebuah lukisan Perkawinan Adat Rusia yang tampak megah dan berukuran sangat besar langsung memikat mata, saat langkah kaki baru memasuki gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta, untuk melihat pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi, Minggu 27 Agustus 2017.
Meski bukanlah karya asli pelukis Rusia Konstantin Yegorovich Makovsky yang dibuat tahun 1881 dan hanya ditampilkan melalui LED, dalam pameran yang diselenggarakan untuk umum 2-30 Agustus 2017, lukisan itu seakan menyapa saya dan setiap pengunjung yang baru datang. Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk ruangan paling depan galeri nasional.
Karya asli abad ke-19 dengan ukuran 295 cm x  450 cm yang ditaksir bernilai sekitar Rp.18 Miliar itu sudah sangat tua, sehingga tak bisa dipindahkan dari Istana Bogor.



Untunglah, saya bisa datang tidak kesorean. Jelang siang, pengunjung Galeri Nasional semakin banyak. Saya memandang cap bertuliskan Senandung Ibu Perti…

Menyantap Martabak yang Bikin Bahagia di Martabak Factory

Potongan martabak itu langsung lumat di dalam mulut. Manisnya langsung menguasai dan larut. Seulas senyum kemudian muncul di wajah Melinda, perempuan manis berkerudung itu. Masih ada sisa martabak di piring yang sedang dipegang. Seakan tak ingin berhenti untuk segera menghabiskannya.
“Martabaknya Enak. Green tea-nya terasa,” ujarnya.
Saya pun mengangguk-angguk. Sepotong green tea martabak dari piring yang sama, juga baru saja masuk ke dalam mulut saya. Kami pun tertawa. Sesimpel itu tawa terlepas di Martabak Factory.


Saya jadi ingat tulisan besar berlatar warna ungu yang ada di dinding lantai dasar kafe. Money can’t buy happines, but it can buy Martabak which is pretty much the same thing.
Betul juga, pikir saya. Bahagia itu sederhana. Uang pun tidak bisa membelinya.  Namun lewat martabak yang dibeli pakai uang, bahagia bisa datang. Setidaknya lewat rasa manis yang menyatu  dalam mulut.  
Apalagi bila disantap bersama teman-teman. Martabak, kuliner yang sangat populer di Indonesia ini mem…