Langsung ke konten utama

#Sebarkan Berita Baik Itu Menjaga NKRI


Netizen dan Media Sosial merupakan satu kesatuan. #sebarkanberitabaik bisa menjaga persatuan NKRI (dok.windhu)


Sebarluaskan kepada orang lain agar bisa memberi manfaat kepada orang lain/keluarga/kerabat/teman.

SAYA membaca tulisan terakhir dari kiriman pesan yang cukup panjang dalam aplikasi WhatsApp Messenger, yang saya terima pagi itu. Info yang dikirimkan seorang kawan dalam salah satu grup itu mengenai pentingnya mengonsumsi sesuatu untuk menjaga kesehatan.

Perlukah saya mengirimkannya kembali kepada orang lain? Saya memeriksa sumber tulisan atau pembuat tulisan. Tidak ada. Kecuali kalimat penutup seperti di atas, yang meminta untuk segera menyebarluaskan pesan yang diterima agar bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Saya pun bertanya kepada teman yang mengirim,”Info darimana?” Teman saya menjawab tidak tahu. Dia mendapatkannya dari grup sebelah. Hanya keinginan untuk berbuat baik saja.

Ya, tanpa sadar karena rasa ingin berbagi sesuatu yang ‘dianggap bermanfaat’ jari jemari secara sigap juga melakukan copy paste, lalu menyebarkannya lagi informasi yang diterima. Siapa yang pertama kali mengirimkan, entahlah. Tidak jarang kemudian berita tak bersumber pasti ini menjadi viral.

Salah satu berita tak bersumber yang saya ingat sangat viral, yakni garam yang bercampur kaca, yang masuk ke dalam beberapa grup wa yang dimiliki. Begitu meyakinkan karena dilengkapi dengan tayangan video yang di akhirnya ada butiran-butiran kaca yang tak larut dalam air seperti garam.

Begitupun halnya ketika berita telur palsu menjadi viral. Lebih dari satu grup wa yang mendapatkan kiriman. Tentu saja anggota grup wa yang isinya kebanyakan perempuan yang sudah berstatus ibu pun gempar. Maklumlah, telur merupakan makanan berprotein paling terjangkau.   

Kenyataannya, dua berita itu tidak terbukti kebenarannya. Namun, keduanya jelas-jelas sudah menimbulkan kerugian dan kepanikan. Imbas berita hoax atau berita palsu mengenai garam, telah menyebabkan para produsen garam sempat merugi. Demikian halnya dengan para pedagang telur.


Informasi dan berita dapat dengan mudah diperoleh hanya melalui genggaman (dok.windhu)

Berita Hoax yang Tersebar
Nah, itu baru berita hoax  yang berkaitan dengan bahan makanan. Berita atau informasi hoax yang tidak jelas asal usul sumbernya dan siapa yang menulis pertama kali suatu informasi ini, ternyata ada dan tersebar di semua bidang.

Sebut saja salah satu informasi tak benar di bidang kesehatan, yakni mengenai vaksin. Pembuat informasi palsu seringkali melebih-lebihkan risiko imunisasi tanpa bukti ilmiah. Menimbulkan keresahan di masyarakat sehingga masih ada sejumlah masyarakat yang enggan memvaksin anaknya karena takut tidak aman untuk kesehatan.

Belum lagi isu mengenai halal dan haramnya vaksin.  Padahal, yang sebenarnya tidaklah demikian. Namun, berita hoax seperti ini telah memunculkan keresahan terhadap masyarakat dan ketidaktenangan dalam melakukan sesuatu.

Semakin ngeri lagi, bila muncul berita hoax yang terkait dengan masalah toleransi, ormas, atau agama tertentu. Menimbulkan ketakutan yang amat sangat. Menimbulkan rasa permusuhan yang bisa memicu kerusuhan yang tidak berujung karena biasanya dipertajam dengan adanya perbedaan-perbedaan.

Begitu dahsyatnya berita di media sosial yang seketika bisa membuat berang seseorang atau kelompok. Salah satu contohnya terjadi pada Januari 2017, saat adanya informasi hoax yang menyebut jika salah satu anggota Front Pembela Islam (FPI) ditusuk oleh Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

Informasi hoax ini  berhasil memicu kerusuhan sehingga terjadinya kerugian pembakaran rumah dan markas GMBI. Semua bersumber dari berita di media sosial yang tak jelas siapa sumbernya. Kala itu, Kepolisian RI (Polri) telah mengatakan jika massa FPI sudah termakan berita hoax.


Keberadaan Internet dan Media Sosial mempermudah arus informasi dan komunikasi (dok.windhu)


Medsos dan Netizen  
Masih banyak lagi informasi-informasi hoax yang beredar melalui lini media sosial yang saat ini dalam beragam bentuk. Kemudahan menggunakan koneksi internet untuk komunikasi data turut membantu informasi tak benar mulai dari hoax hingga ujaran kebencian (hate speech) beredar dimana-mana.

Menggunakan berbagai  jenis media sosial, seseorang dengan mudah melakukan obrolan, 
mengirimkan tulisan, saling berbagi foto dan video, mengirimkan suatu file dan lainnya, baik secara perorangan maupun dalam bentuk grup. Melalui media sosial  whatsapp, instagram, dan facebook.

Bahkan, ada yang menggunakan media telegram, seperti yang dilakukan oleh kelompok tertentu untuk menyesatkan informasi yang diterima seseorang atau kelompok.
Masifnya perkembangan media sosial dan internet ini bahkan turut dimanfaatkan oleh kelompok orang yang memang memanfaatkan informasi tidak benar untuk meresahkan masyarakat. 

Sebut saja Saracen, yang sudah ditangkap polisi atau Muslim Cyber Army (MCA) yang menebarkan ujaran kebencian dan hoax. Bisa jadi, masih ada juga kelompok serupa.
Dalam hal ini, netizen yang berasal dari kata Internet dan citizen haruslah lebih peka terhadap informasi yang diterima di dunia maya. 

Netizen yang sehari-harinya bersentuhan langsung dengan internet harus bisa memilah-milah bertebarannya informasi dari aktivitas internet yang dilakukan. Kabar-kabar yang menjadi viral pun terjadi berkat peran para netizen.

Bila berita yang disampaikan merupakan kebenaran, dapat menjadi berkah. Namun, bila informasi yang diteruskan kembali ke berbagai kelompok media sosial ataupun perorangan, dapat menimbulkan keresahan.

Bahkan bisa berbuntut ke arah permusuhan dan perpecahan kelompok, yang akan berimbas  pada persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pantas saja jika Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jendral Tito Karnavian untuk bertindak tegas pada siapapun yang menyebarkan berita hoax dan berita bohong.


Netizen harus hati-hati dalam memilih dan memilah berita yang akan disebarkan melalui medsos (dok,windhu)


Lalu Netizen Harus Apa?
Di era kebebasan informasi internet ini, siapapun dapat menjadi korban isu hoax. Bahkan sekelas presiden RI sekalipun yang tak luput diterpa isu, tanpa kejelasan asal usul sumber.

Lalu apa yang harus dilakukan netizen, yang selalu bersentuhan dengan dunia maya? Setidaknya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan, yakni :
- #Sebarkan berita baik
Beritakan atau informasikan saja berita yang baik-baik kepada keluarga, saudara, teman, dan kerabat melalui media sosial yang dimiliki. Menulis konten positif. Berita baik biasanya menimbulkan rasa yang damai. Konten positif lebih memberikan ketenangan.

- Pilah dan pilih informasi yang diterima
Informasi atau berita yang masuk melalui media sosial, apapun bentuknya tetap harus dipilah dan dipilih. Apalagi, berita-berita yang tidak ada kejelasan sumber beritanya atau penulisnya. Hanya ada kalimat : sebarkan atau copas dari grup sebelah.

- Tidak semua informasi baik harus disebarkan
Terkadang, meski suatu informasi bersifat baik tak seharusnya serta merta langsung disebarkan kepada yang lain. Pertimbangkan untung ruginya. Kemungkinan dampaknya bila informasi yang disampaikan malah akan menimbulkan hal yang tidak baik.

- Meneliti Kebenaran Informasi
Membaca suatu pesan di media sosial yang dirasa bermanfaat, memang membuat jari jemari bertindak cepat untuk menyampaikannya lagi kepada orang  atau kelompok lain. Periksalah dulu kebenarannya agar tidak ikut menyebarkan berita yang tidak jelas dan tidak perlu.

- Ingat Selalu Hoax Menimbulkan Keresahan
Berita hoax, informasi palsu, maupun ujaran kebencian intinya hanya satu. Bisa menimbulkan keresahan, pertengkaran, kerusuhan, dan permusuhan.

- Bergaul dengan teman dan kegiatan positif


Penting banget yang seperti ini dilakukan. Melalui pertemuan dengan orang yang positif, akan membawa pengaruh positif dan masukan yang berharga. Lebih tahu dan lebih menghargai rambu-rambu postif dan negatif. Hal-hal negatif pasti terkikis dan menyingkir sendiri. Salah satu kegiatan positif, seperti ikut Temu Netizen di Polda Metro Jaya. 


- Persatuan NKRI itu sangat penting
Isu yang menyangkut hal sensitif seperti  agama, keyakinan, politik, suku, dan ras dampaknya sangat besar dan bisa memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

 #Hormatiperbedaan yang dimiliki seseorang atau suatu kelompok.Jangan mau dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu yang mengambil keuntungan dengan menyebarkan berita-berita hoax dan fitnah. Persatuan NKRI itu lebih penting. Pertimbangkan kelincahan jari jemari menyebarkan informasi karena jari bisa menjadi harimau yang menerkam.


Salah satu kegiatan positif untuk Netizen (dok.windhu)

#Sebarkan Berita Baik dan NKRI
Minggu, 13 Mei 2018, pemberitaan di berbagai media massa mulai dari televisi, radio, dan internet begitu mengejutkan. Mengenai pengeboman di tiga gereja yang ada di Surbaya. Kabar menyedihkan ini tentu saja menjadi perbincangan hangat dalam grup whatsapp yang saya miliki.

Ada kiriman pesan yang meminta supaya tidak menyebarkan gambar atau hal-hal yang tidak patut. Ada yang meminta jangan terprovokasi karena peristiwa yang menimbulkan korban jiwa di rumah ibadah ini dilakukan oleh pelaku yang merupakan teroris.  

Menjaga kewaspadaan agar tidak terpancing pada hal-hal yang bisa memecah belah persatuan bangsa dan negara, sangat perlu terus dilakukan. Terlebih dalam kondisi yang sedang menghangat seperti saat ini. 

Tidak ada kata lain, #sebarkanberitabaik itu merupakan bentuk tindakan bersatu dalam menjaga NKRI. #Hormatiperbedaan. Hanya sebarkan konten positif di seluruh media sosial yang dimiliki, mulai dari whatsapp, instagram, twitter, facebook, daln lainnya, agar bermanfaat bagi orang lain dan memiliki sumber informasi yang jelas.  


 Catatan sumber : 





Komentar

  1. Sekarang orang-orang lebih memilih jadi yang pertama menyebarkan informasi ketimbang jadi penyebar informasi benar.
    Yuk #sebarkanberitabaik!

    BalasHapus
  2. setuju banget, saya sering geram melihat postingan di social media yang dishare tanpa filter, seperti korban kecelakaan dan kekerasan tanpa di blur. belum lg banyak orang yg ingin jadi informan terupdate dg buru2 share info hoax.. hmmm

    BalasHapus
  3. Seneng lihat teman-teman blogger mensosialisasikan menyebarkan berita baik, dan pastinya benar. jadi #SemangatCiee buat sebar berita yang bukan hoax

    BalasHapus
  4. Waaahh, bener banget iniiii... sosialisasi ttg hoax ini kudu terus digencarkan yaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  5. Baaahhh yang ngeselin itu kalau ditanya sumbernya dari mana, di jawab "dari group sebelah".
    Yaellaahh,...emang ada group yang cuma sebelah.

    BalasHapus
  6. Yes, pentingnya menyebarkan berita yang baik agar Indonesia lebih baik...

    BalasHapus

  7. Ketika smartphone berada di tangan orang yang gak smart, ya begitulah jadinya hoax bertebaran dimana-mana :)

    Semoga dari waktu ke waktu para warga NKRI semakin bijak dan cerdas dalam menggunakan seluler genggam cerdasnya termasuk dalam menyebarluaskan berita/informasi.

    BalasHapus
  8. sekarang mah kudu sharing before posting yak, karena klo kita sengaja/gak sengaja nyebar berita hoax selain terjaring UU ITE dosanya gak tahaann.. berjamaah

    BalasHapus
  9. Sinih sinihhh bergaul dengan aku pastinya ya kak.. No hoax deh pastinya...

    BalasHapus
  10. Wah memang penting banget niy, aku juga males sebar berita yang belum tentu benar

    BalasHapus
  11. Ini penting banget! Belakangan ini sosial media penuh sama hal-hal provokasi dan hoax. Sedih lihatnya orang-orang pada berantem di kolom comment.

    BalasHapus
  12. Think before posting dan no share hoax and no negatif thinking ya

    BalasHapus
  13. Setuju Kak, kita harus pandai memilih dan memilah berita sebelum menyebarkannya.

    BalasHapus
  14. Jangan zembarang share beriya ya kak, bisa2 dicydux kaya dosen di Sumut

    BalasHapus
  15. Saat ini di zaman serba digital kita emang kudu hati2 ya
    Banyak banget yang suka nyebarin berita hoax..

    BalasHapus
  16. Betul banget mbak. Menyebarkan berita baik itu harus disosialisasikan. Soalnya belakangan ini berita2 yg ada kebanyakan hoax aja. Sampe blenger ngedengerinnya.

    BalasHapus
  17. bener banget nih kita harus sebarkan berita positif dan hindari menyebarkan hoax.

    BalasHapus
  18. Aku sekarang udah hampir enggak pernah mem-forward pesan2 yang aku terima di medsos. Daripada aku ragu kebenarannya, lebih baik enggak aku sebarkan.

    BalasHapus
  19. Iya bener nih, skrg kita harus pilah2 info kl mau disebarin, dan kmd cari tau kebenaran infonya juga ya :)

    BalasHapus
  20. aku setuju banget sama yang kaka bilang di atas, kita harus pinter2 cari info yang bener

    BalasHapus
  21. Apalagi tahun ini menjelang pemilu pilpres, penting banget untuk kita netizen #sebarkan berita baik

    BalasHapus
  22. berita hoax dan berita bener klo udah masuk ranah whatsapp group kadang suka susah dibedain, kayak beberapa waktu lalu ada rame2 soal bom, ternyata ada hoaxnya juga

    BalasHapus
  23. Sebar berita baik bisa berdampak bagi diri sendiri, bisa memperbanyak pahala. Yuk sebarin berita baik

    BalasHapus
  24. Yess! Sebelum kita menekan tombol send, pikir dulu apakah berita tersebut benar atau tidak. #sebarkanberitabaik

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g