Langsung ke konten utama

Canggihnya MNC Vision #BukanYangLain dan Dahsyatnya Dolby Audio

Studio, merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di gedung MNC Vision Tower (dok.windhu)

Alunan musik berdentum, latar suara film yang menegangkan,  sorak sorai kemeriahan sebuah pertandingan, hingga lucunya dialog dan nyanyian dalam kartun anak memberikan sensasi sendiri saat menonton.
 
Untuk hal yang seperti ini, yakin deh pasti banyak yang suka. Bisa betah berjam-jam. Bukan cuma saya, keluarga, dan teman-teman saya. Kenapa? Tentulah karena buat yang hidup di zaman masa kini, sebuah tayangan televisi bukan lagi sekedar sebuah tontonan.

Tidak cukup rasanya hanya mengetahui berita-berita, informasi terkini, hiburan, lagu ngetop, pertandingan olahraga seperti bola, tayangan khusus anak, maupun tontonan film dalam lingkup terbatas.


Beragam saluran yang bisa dipilih mulai dari kids, movie, Sports, News, dan Entertainment di MNC Vision (dok.windhu)

Maunya, bisa menikmati tayangan televisi dengan suasana yang lebih asyik, tapi tetap sambil leyeh-leyeh istirahat di rumah. Lebih mantap lagi, jika berupa siaran langsung dari stasiun televisinya, baik dalam negeri maupun luar negeri. Ah, indah dunia.

Untungnya semua itu dimungkinkan dengan adanya televisi berlangganan. Makanya nggak heran jika penetrasi TV berlangganan di Indonesia  diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2022. Angkanya diperkirakan mencapai 12,7 % berdasarkan analis dari Media Partners Asia (MPA).

Sebagai orang yang sudah terbiasa beberapa tahun belakangan ini menikmati tayangan televisi berlangganan, baik saat masih di kantor lama, di rumah kerabat hingga di rumah kawan, menonton tayangan televisi yang disukai  merupakan hiburan mengasyikkan, terutama saat lelah.


MNC Vision, merupakan rebranding 3 televisi berlangganan Indovision, Oke Vision, dan Top TV (dok.windhu)

Bukan suatu kebetulan juga jika menyebut televisi berlangganan, pikiran langsung tertuju pada MNC Vision Bukan Yang Lain. Di sekeliling saya yang tinggal di wilayah Slipi, memang sudah cukup banyak yang  di rumahnya ada TV  berlangganan MNC Vision. Saya pun mengenal apiknya tayangan televisi MNC Vision melalui MNC Play di rumah.

Serunya Berkunjung ke MNC Vision Tower
Jika yang mungkin belum ngeh dengan MNC Vision, setidaknya pernah mendengar televisi berlangganan Indovision, Top  TV, dan Okevision (merek TV Berbayar dalam naungan PT.MNC Sky Vision Tbk).

Sejak 12  Desember 2017, ketiga merek TV berbayar berubah menjadi satu nama brand MNC Vision. Tujuannya, untuk memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar di industry TV berbayar.

Ada 140 channel dengan 32 channel ekslusif, dan 19 saluran lokal di MNC Vision (dok.windhu)


Menurut Ramadhani perwakilan dari MNC Vision, saat  tour bersama rekan-rekan blogger ke MNC Vision Tower, yang terletak di Green Garden 7 Juli 2018, MNC Vision merupakan pelopor dalam industri televisi berlangganan  di Indonesia.

Katanya, MNC Vision punya komitmen untuk bisa hadir sebagai seamless home entertainment  pay TV Platform. Kebutuhan hiburan dan informasi sebisa mungkin bisa  hadir dinikmati di rumah.

Senangnya, saya bersama teman-teman bisa mengetahui secara langsung seperti suasana di kantor operator terbesar DTH di Indonesia, yang memiliki penetrasi pasar mencapai 70 % (pelanggan satelit dan kabel).

Ruangan Lobby MNC Vision (dok.windhu)


Dari Antena Farm hingga Studio
Sempat terlintas, apa saja yang ada di sebuah kantor televisi berlangganan? Apa yang mereka lakukan sehari-hari? Bagaimana mereka bisa memberikan pilihan channel-channel yang banyak dan beraneka untuk pelanggannya yang sudah mencapai 2,4 juta jiwa di seluruh Indonesia?

Tour MNC Vision pagi hingga siang itu menuntaskan keingintahuan saya dan teman-teman mengenai fasilitas dan fitur MNC Vision sehingga mengahasilkan tayangan televisi berkualitas. Ada lima tempat terkait fasilitas yang dikunjungi, yakni Antenna Farm, Walk In Centre (WIC), Customer Care, Studio, dan ruang menontonn Dolby Audio , sehingga saya bisa merangkainya menjadi sebuah #CeritaDiMNCVision.

Fasilitas-fasilitas canggih yang dipunyai MNC Vision, yakni :


Antena pengontrol satelit dan antena untuk sinyal ke pelanggan MNC Vision (dok.windhu)

1. Antenna Farm
Kalau biasanya di sebuah kebun ada bunga, di Antenna Farm MNC Vision mata langsung bisa melihat barisan antena. Ada antena besar dan antena kecil. Disini Angki yang menangani Komunikasi Satelit,  memberikan penjelasan panjang  lebar.

Ada dua antena besar,  yang salah satunya memiliki fungsi  sebagai  pengontrol satelit pada orbitnya dan satunya lagi berhubungan dengan pelanggan MNC Vision di seluruh Indonesia dalam menerima sinyal.


Antena-antena kecil dengan 34 penerima tayangan televisi berlangganan (dok,windhu)


Antena-antena kecil bernama TVRO (Televisi Receive Only)  berjumlah  34 buah yang berfungsi sebagai penerima sinyal satelit. Dari 34 antena ini bisa tertangkap channel-channel yang menjadi pilihan bagi pelanggan, mulai dari tayangan televisi FOX, CNN, HBO, Be InSports, Nickelodeon, Cinnemax, Baby TV, dan lainnya.

MNC Vision memiliki teknologi satelit S-Band yang Tahan Cuaca. Dengan adanya teknologi S-Band ini, penerimaan sinyal akan tetap stabil. Siaran channel televisi tidak akan terganggu, sehingga tidak akan mengurangi kenyamanan dalam menonton. Asyik banget kan, bisa tetap menonton dan gambar nggak goyang atau tersendat saat cuaca buruk?

Walk In Centre (WIC) tempat pelanggan bertemu langsung untuk bertanya MNC Vision (dok.windhu)

2. Walk in Centre (WIC)
Di ruangan ini ada beberapa petugas yang siap melayani pelanggan atau calon pelanggan yang ingin bertanya-tanya mengenai fasilitas dan apa saya yang ditawarkan MNC Vision. Buka mulai Senin hingga Sabtu, pukul 09.00 wib sampai 16.00. Menyambut siapapun yang datang, mereka siap menjawab pertanyaan, seperti pagi itu. 

Adanya Walk In Centre ini tentu saja bagus buat pelanggan atau orang yang ingin tahu mengenai MNC Vision. Hingga saat ini, orang Indonesia masih senang bertanya-tanya langsung. Bertatap muka, ketimbang hanya melalui saluran telepon maupun online. 

Tempat tunggu di ruangan Walk In Centre (dok.windhu)
Desain ruangan Walk In Centre menarik karena ada sejumlah televisi dan tempat menunggu yang nyaman. MNC Vision memiliki layanan antara lain Galaxy, Super Galaxy, dan Venus. Disini, pelanggan akan memperoleh penjelasan mengenai  saluran lokal dan saluran internasional terbaik yang dimiliki.

Selain juga ada beberapa layanan unggulan yang dimiliki MNC Vision, yakni Multi Decoder, High Definition, MNC Vision Plus yang dapat diakses melalui aplikasi MNC Now.

  


Customer Care yang melayani pelanggan 24 jam dengan 110 petugas (dok.windhu)

3. Customer Care
Ruangan yang satu ini penuh dengan meja kerja  berbaris. Semua kelihatan fokus duduk di kursi yang menyatu dengan meja kerja dalam bentuk kubikel. Setiap petugasnya berhadapan dengan layar monitor dan menggunakan headset untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan melalui telepon.

Sesuai dengan namanya Customer Care, layanan pelanggan ini buka 24 jam nonstop. Jumlah karyawannya banyak, mencapai 153 orang dengan 13 shift jam kerja, yang setiap shiftnya ada 110 orang.


Sibuknya Customre Care (dok.windhu)

Ini merupakan tempat tersibuk untuk melayani pelanggan karena ada sekitar 6500 penelepon hampir setiap harinya dari seluruh Indonesia. Mulai dari komplain, tayangan teleisi, gangguan, hingga hal lain yang ditanyakan pelanggan, dijawab melalui para petugasnya di ruang Customer Care. 

Menurut Rifky yang menangani Walk In Centre dan Customer Carememberikan penjelasan mengenai Walk In Centre dan Customer Care, hari Sabtu merupakan hari terpadat untuk ruang ini. Nonstop hari dan jam  untuk melayani pelanggan di Customer Care,

4. Studio  
Di tuangan ini, saya seakan sedang mengikuti syuting. Ada dua studio yang dikunjungi, yakni studio mini untuk maksimal 20 orang dan studio besar yang bisa menampung hingga ratusan orang. Di studio, bisa melihat langsung proses pengambilan gambar suatu acara, misalnya talkshow, tayangan berita, atau melalui kamera oleh kameramen.  



Ruang Studio (dok. windhu)

Dahsyatnya Dolby Stereo 
Selain keempat  fasilitas yang dimiliki MNC Vision itu, masih ada lagi satu pengalaman yang diperoleh dari ruangan menonton. Disini, tayangan-tayangan televisi  MNC dibekali dengan kualitas fitur High Definition (HD) untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih dan Dolby Audio.

Dolby Audio ini memberikan kualitas hiburan yang maksimal dan menghasilkan pengalaman yang luar biasa. Saat diputarkan film-film asal luar negeri, suara yang dihasilkan bisa maksimal. Jernih, konsisten, dan berkualitas tinggi di berbagai konten dan genre. 


Saya dan teman-teman bisa merasakan dentuman saat terjadi ledakan di sebuah film, suara hentakan kaki, suara-suara dalam film yang menambah kegiatan menonton terasa seru dan asyik. Untung film aksi yang diputar, kalau film horor, nggak kebayang deh. Bisa deg-degan.


Dolby Audio dengan detail dialog dan dentuman (dok.windhu)

Seluruh dialog dapat dikenali, dentuman suara dan detail momen dapat terdengar jelas. Inilah memang keunggulan Dolby audio dengan surround sound, automatic volume control, dan kemampuan untuk memberikan kualitas audio terbaik yang dapat disesuaikan di beragam konten, seperti film, games, musik ataupun program broadcast.

Keunggulan itu menjadikan timbulnya sensasi menonton yang realistis sehingga penonton seakan-akan dibawa menjadi bagian dari film atau tayangan favorit. Sebagai informasi, tak mudah untuk mendapatkan lisensi Dolby.

Saat ini, seluruh pelanggan MNC Vision sudah dapat menikmati kualitas suara super jernih dengan fitur Dolby Audio, di tiga saluran, yakni RCTI, HBO, dan FOX Movies. Senangnya, menonton film dengan efek suara yang keren. Benar-benar hiburan keluarga tanpa batas. #MNCVisionBukanYangLain.


Kiki dari Crossfade menjelaskan unsur suara dalam film (dok.windhu)

Unsur Suara Dalam Film
 Tour  ke MNC Vision semakin komplit usai mengetahui fasilitas dan fitur yang dimilki MNC Vision. Di akhir tour,  Khikmawan (Kiki) seseorang Sound Designer top dari Crossfade.  Penjelasan diawali dengan musik fungsional dan musik realitas dalam film.

Selain itu juga mengenai efek suara, yang diartikan sebagai suara selain dialog dan digunakan untuk menekankan informasi yang disampaikan dan kesan realime dalam ruang cerita, juga menciptakan ilusi dan mood dalam cerita.

Ya, itulah sebabnya saat menonton tayangan film, efek suaranya  bisa menimbulkan rasa takut, rasa tegang, rasa mencekam, terutama pada film-film horor seperti Pengabdi Setan.

Dijelaskan juga mengenai yang dilakukanh di Audio Post Production. Saya tertegun mellihat  tayangan yang disebut Foley. Efek yang ditimbulkan oleh orang di bidang ini ternyata luar biasa dan sangat kreatif menggunakan apapun yang ada.

#CeritaDiMNCVision (dok.windhu)
Menarik dan Menginspirasi
Tour MNC Vision di MNC Tower memberikan gambaran utuh buat saya mengenai apa yang ada di dalam televisi berlangganan. Sangat  menarik, menyenangkan, dan membuka wawasan dengan cara melihat langsung.Menjadi sebuah #CeritadiMNCVision

Begitu banyak yang terlibat hingga suatu tayangan bisa dinikmati dengan nyaman oleh pelanggan. MNC Vision agaknya tahu untuk memaksimalkan berbagai teknologi yang dimilikinya. Selain S-Band yang tahan cuaca, ada Parental Lock, Electronic Program Guide (EPG), Multi Decoder, dan High Definition (HD).

MNC Vision yang memiliki beberapa program terbaru dan inovasi fitur terbaru,yakni :
- Program Nonton Premier League Langsung di Inggris yang bekerja sama dengan Dolby, HBO, dan BeIN Sport. Pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah utama menyaksikan langsung liga primer Inggris.
 - Fitur MNC Vision Plus, yang dapat diakses melalui aplikasi MNC Now, aplikasi mobile streaming TV adn Video on demand (VOD) berbasis Over The Top (OTT).
- Fitur High Definition, yang menghasilkan kualitas gambar tajam dengan 20 saluran televisi
- Program Super Bundle, yang menghadirkan paket bundling T berlangganan dan internet super cepat dengan mobile broadband bekerja sama dengan Indosat Ooredoo dengan kapasitas 20 GB dan XL Axiata dengan kapasitas data hingga 80 GB.
- Program MNC Vision Priority, program yang ditujukan kepada pelanggan seti, penawaran spesial kepada pelanggan setia dari beragam merchant dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan seperti Movie Screening.

Semua ini merupakan #CeritadiMNCVision versi saya. Nah, untuk pelanggan atapun calon pelanggan yang ingin mengetahui MNC Vision lebih jelas, bisa juga mengetahuinya melalui online di www.mncvision.id  Tidak akan menyesal  untuk mengetahuinya karena memang, MNC Vision Bukan Yang Lain.

Komentar

  1. branding yang canggih ya dengan Dolby Audio mnc vision ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mbak Gita. Menonton tayangan televisi di rumah, terutama film lebih mengasyikkan. Dolby Audio membuat suara detail yang lebih menggetarkan penonton.

      Hapus
  2. Keren ya mbak touringnya, pengen balik lagi sambil mencoba langsung nobar ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, keren banget. Jadi tambahan pengetahuan mengenai di balik layar televisi berlangganan. Mjudah-mudahan suatu saat bisa nobar sama teman-teman.

      Hapus
    2. Aamiin. Jangan lupa ajak2 saya ya mbak ��

      Hapus
  3. Wah keren juga ya MNC Vision suaranya sudah pakai dolby stereo, berasa di bioskop nih kalau di rumah pakai tv berlangganan dari MNC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, keren mbak. Senang banget kalau ada bioskop di rumah dengan tayangan film-film box office yang menarik. Hiburan banget.

      Hapus
  4. wah senang sekali bisa mengunjungi markasnya MNC Vision, bisa melihat peralatan canggih yang dipakai disana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Retno. Jadi pengetahuan dan pengalaman yang sangat menarik. Karenanya, saya tuangkan dalam tulisan ini biar banyak yang membaca.

      Hapus
  5. Seru mba touring-nya! MNC Vision. Cocok buat movie mania karena didukung Dolby Stereo :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, pengger nonton film alias movie mania pasti senang banget bisa merasakan sensasi suara yang berbeda.

      Hapus
  6. Untuk menghasilkan tayangan yang berkualitas ternyata membutuhkan proses yang panjang ya ka.. juga membutuhkan teknologi canggih, MNC Vision ini punya kelebihan yang ngga dimiliki TV berlangganan lainnya.. inovasi yang briliant

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak karyawan yang dibutuhkan untuk bisa tayangan sampai di rumah pelanggan dengan bagus. InovasiMNC Vison memang beda,

      Hapus
  7. Saat moments


    Saya senang kalau tv besar itu bisa masuk ke desa desa... Bisa ditonton oleh banyak orang. Terus bersama-sama saling lepas kisah kenangan ...


    Selamat ya... Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, semoga saja teh okti. Biar kenangam yang tercipta semakin indah.

      Hapus
  8. Keren inovasi dari MNC yang semakin berkembang lebih baik. Diperkuat lagi dengan DOLBY audio yang sudah terkenal bagus untuk kualitas suara. Sukses untuk MNC Vision.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, keren bikin yang nonton tambah asyik karena lebih terdukung suara latar film

      Hapus
  9. iya e suaranya mendebu debu sampe ke hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, suaranya berdentum lembut dalam adegan film, jadi asyik nonton

      Hapus
  10. Sudah lama pengen juga TV berlangganan, mudah-mudahan MNC TV nyampe ya jaringannya ke Sukabumi, tertarik dengna faslitas suaranya, berasa nonton di bioskop, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa sampai ke Sukabumi tempat mbak Rany, ya... Jadi bisa menikmati tayangan serasa nonton bioskop

      Hapus
  11. Inovasinya kece nih MNC , saya dulu pernah juga sih langganan MNC TV tp skr udah engga hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inovasi yang kece memang, sebagai bentuk rebranding 3 TV berlangganan. Nonton jadi oke!

      Hapus
  12. MNC Vision benar canggih ya. Kini MNC Vision hadir memenuhi kebutuhan masyarakat aka hiburan dan informasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kebutuhan informasi dan hiburan, menonton televisi seperti di bioskop sekarang bisa di rumah dengan lebih asyik

      Hapus
  13. Kalau ada MNC Vision nonton di rumah berasa di bioskop ya..karena ada Dolby audio ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, dengan adanya fasiltas Dolby audio, menonton Di Rumah jadi Lebih asyik dengan fasilitas Dolby audio Di MNC Vision

      Hapus
  14. Wihhh, kantornya gede banget yaaa, udah gitu keren teknologinya. Jadi pengen langganan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gede, mbak Novitania. Aku sih senang pas lihat kebun antena dan televisi yang banyak. Apalagi, pas di studionya. Langganan bolehlah...

      Hapus
  15. Pernah sekali ke kantor MNC, memang keren ya. Makin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Eni. Makin mau saja agaknya. Apalagi sekarang dengan rebrandring MNC Vision, bisa jadi lebih besar lagi.

      Hapus
  16. Bayangin audio visual nya kayanya keren bgt nih, suaranya bgs ya..jd pgn pindah paket MNC vision nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Ria. Nonton televisi di rumah tambah asyik, apalagi kalau film action dengan adanya dolby audio. Senang banget seakan merasakan langsung dalam adegan, hahaha...

      Hapus
  17. Susah ya rupanya kerja di belakang layar. Ya udah kita nikmatin aja deh tontonan di mnc vision

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena itu, mbak Diah. cari penyedia TV berlangganan yang bagus dan sebagai pelanggan kita nikmati siaran yang asyik dan menyenangkan tanpa gangguan

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

Menjaga Passion For Better Melalui Beasiswa Sharing The Dream

Melihat sosok Tasya Kamila, perempuan muda cantik yang bisa menggapai pendidikan tinggi hingga meraih gelar master Public Administration dari Columbia University melalui beasiswa, rasa kagum terselip.
Di usianya yang menjelang 26 tahun, Tasya yang dulunya penyanyi cilik ini, tetap bisa menjalani passionnya di bidang hiburan. Tetap senang bernyanyi dan tetap suka dengan kesempatan bermain sinetron, serta berakting di layar lebar.
Tak hanya itu, Tasyasaat ini juga sedang mengembangkan sebuah proyek energi di Sumba, NTT. Keinginannya untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa diwujudkan melalui proyek-proyek yayasan miliknya yang bergerak di sektor lingkungan hidup, Green Movement Indonesia.
Kehadiran Tasya Kamila dengan sederet prestasinya itu menjadi salah satu inspirasi yang mengemuka dalam kegiatan SCG Sharing The Dreams Blogger Gathering di The Hook, Jl. Cikatomas No. 35, Senopati Area, Jakarta Selatan, Kamis 26 Juli 2018.



Menjadi seseorang yang memiliki pendidikan tinggi, …