Langsung ke konten utama

Leson.id , Inovasi Pendidikan Digital Dari Grasindo

Leson,id ,  aplikasi pendidikan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelajar dari sekolah dasar hingga pendidikan tinggi, dan CPNS  (dok.blomil)

Leson,id ,  aplikasi pendidikan yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelajar dari sekolah dasar hingga pendidikan tinggi, dan CPNS  (dok.blomil)


Dulu,  belajar hanya dimungkinkan melalui lembaran-lembaran buku fisik yang bisa  dipegang.  Seiring dengan perkembangan zaman, seorang siswa bisa melakukannya lewat aplikasi pendidikan digital. Belajar ilmu pengetahuan tak lagi terbatas ruang jarak dan waktu.

Kursus digital menggantikan kursus konvensional yang tak perlu hadir langsung secara fisik di suatu tempat. Belajar melalui aplikasi semakin mudah diakses asalkan koneksi internet ada. Perkembangan teknologi digital mengubah sektor pendidikan, yang dulunya berupa tatap muka berhadapan langsung.

Nasi Kuning di perayaan Hut ke-29 Grasindo (dok.windhu)

Publishing and Education Director Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia Wandi S. Brata menekankan, di era yang tidak kontinyu seperti sekarang,  pengembangan terus-menerus tidak cukup karena sudah kadaluwarsa.

“Kata kuncinya creative destruction,” kata Wandi, saat perayaan 29 Tahun Grasindo di Kompas Gramedia Building, Jakarta, Selasa, 24 September 2019.  Saat pengembangan tak lagi cukup, menggantikannya dengan yang lebih baik menjadi utama.

Creative destruction alias penghancuran kreatif ini mengacu pada teori ekonomi yang  disampaikan Joseph Schumpeter (1883–1950).  Seiring dengan revolusi struktur ekonomi yang berjalan, pada saat yang sama sekaligus tanpa henti menghancurkan yang lama dan menciptakan yang baru.

Maman Suherman di  perayaan HUT ke-29 Grasindo (dok.windhu)

Creative destruction menjadi bagian kapitalisme, yang telah mengubah perkembangan ekonomi dan pemikiran modern. Memungkinkan hidup  lebih baik,  cara bekerja yang yang lebih  mudah, dan punya standar hidup lebih tinggi meski di sisi lain, ada yang secara pasti menjadi korban atau hancur.

Mengubah wajah transportasi dengan daring. Mengganti layanan perbankan tak lagi harus ke kantor cabang. Mengganti sistem belanja cukup secara online. Termasuk mengubah cara belajar tatap muka dan membaca buku fisik bisa dilakukan melalui layar.

Lantaran itulah kemudian Wandi menyebut  Passionately innovating sesuai sebagai tema ulang tahun Grasindo, untuk menggambarkan perubahan dan perkembangan zaman yang tidak kontinyu.

Leson.id

Perubahan dan potensi hadirnya pembelajaran melalui aplikasi pendidikan digital ini pun dtangkap oleh  PT Gramedia Media Sarana Indonesia, Grasindo, yang ada di bawah naungan Group of Retail Kompas Gramedia

Leson.id diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan para pelajar, mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Platform layanan Leson merupakan Ed-Tech grup Kompas Gramedia yang menyediakan paket pembelajaran melalui latihan soal-soal dari SD, SMP, SMA/K, dan Tes Profesi yang disusun dan dikurasi oleh ahli yang berpengalaman sesuai Kurikulum Nasional.

Sejak didirikan pada tahun 1990,  Grasindo berpengalaman menerbitkan buku-buku sekolah, soal latihan, dan soal ujian. R Suhartono, GM Publishing 3 Kelompok Kompas Gramedia menyebut  Grasindo terus melakukan inovasi tanpa henti dengan sepenuh hati.    
Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) di era 90-an merupakan metode pembelajaran paling efektif dan menjadi unggulan Grasindo. Penerbit ini kemudian meluaskan inovasi untuk penerbitan buku-buku fiksi dan non fiksi.


Leson.id berkolbaorasi dengan Snapask, perusahaan teknologi pendidikan berbasis di Hongkong (dok.blomil)


Seiring perkembangan teknologi digital, layanan inovasi muncul melalui Leson.id. Layanan Leson.id  terdiri dari penyediaan secara daring, tes online, chat tutor, dan konten-konten digital seperti informasi, data, teks, musik, suara, foto, grafik atau materi-materi lain yang disediakan untuk tujuan belajar para siswa.

Pembelian paket belajar bisa dilakukan melalui banyak merchant, melalui gopay, alfamart. Leson id berkomitmen sebagai mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Leson.id berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Anton Herutomo, project leader leson.id mengatakan, Leson. id sebetulnya bukan murni start up melainkan corporate start up alias kombinasi dari corporate dan start up. Leson.id tetap menggunakan kekuatan dan aset perusahaan.

Hal ini selaras dengan Grasindo sebagai penerbit yang memiliki innovation asset luas, punya banyak sales channel,  dan customer power yang setia . Leson.id diyakini akan berkembang seiring dengan pengguna mobile di Indonesia yang banyak.


Tampilan  mata pelajaran untuk siswa SMP (leson.id)


Leson.id  merupakan pembelajaran yang mengadopsi Snapask, sebuah perusahaan teknologi pendidikan berbasis di Hong Kong yang didirikan pada tahun 2015. Snapask menawarkan layanan bimbingan belajar kepada siswa di Hong Kong, Singapura, Thailand, Korea, Indonesia, Jepang, Malaysia dan Taiwan.

Timothy Yu dari Snapask mengatakan, langkah kerja sama ini merupakan suatu inovasi bagi kedua belah pihak untuk meningkatkan pengetahuan, ilmu, dan interaksi antara murid dan guru.

Layanan Leson.id meliputi SD, SMP, SMA, SMK, Kelas PTN, Kelas Profesi.  Pilihan materi pendidikan serta pelajaran sesuai kebutuhan siswa atau mahasiswa. Misalkan, siswa hanya butuh pelajaran Kimia, khususnya untuk bagian Kimia Unsur. Maka si siswa bisa mengunduh hanya pelajaran Kimia Unsur  saja. Begitu juga untuk mata pelajaran lainnya.



Tampilan soal try out kelas profesi (leson.id)


Untuk kelas profesi, ada Tes CPNS, BUMN dan  Perusahaan Multinasional.
Simulasi tes online CPNS menggunakan materi soal CAT CPNS yang disusun berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) no 9 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Sesuai dengan tes CPNS sebenarnya,

Simulasi  soal CAT CPNS berisikan Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelenjensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.
Tarif konten bervariasi. Mulai dari Rp 5.000 per konten hingga Rp 500.000 per konten. Pilihan paket bervariasi. Konten termurah berbentuk latihan soal mata pelajaran tertentu. Yang termahal adalah paket komplit. Mulai dari pelajaran, soal-soal, hingga untuk ujian akhir.

Pendidikan harus nomor satu, bagi kemajuan bangsa. Semua warganegara berhak untuk mendapatkan ilmu yang terbaik. Untuk info lebih lanjut bisa melalui website https://www.leson.id/ , instagram https://www.instagram.com/leson.id/ dan info@leson.id, 021-536-50110 ext:3301

Komentar

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.
 “Ini obat apa?” tanya saya.
Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya.
Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly).

Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini.
Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan dimana-mana. Meluas dari satu grup wa k…

Go-Box, Solusi Pindahan Nggak Pakai Repot

SENYUM mengembang dari wajah Ani, saat sudah pasti akan segera pindah rumah. Maklum, menjadi kontraktor alias orang yang mengontrak selama ini cukup melelahkan. Mimpi tinggal secara tenang di rumah milik sendiri menjadi kenyataan. Di rumah baru, segala sesuatunya pasti lebih tenang. Apalagi setelah menikah 5 tahun.
Memang, bukanlah rumah besar. Punya dua kamar tidur, dengan ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Sedikit halaman kecil buat menanam tumbuhan ataupun bunga. Sudah pasti membahagiakan.  
Lokasi rumah baru di wilayah Gunung Putri, Bogor. Selama ini, tinggal di Pluit, pada lokasi cukup padat dan nyaris tidak memiliki halaman. Ah, betapa menyenangkan, pikir Ani.
Segera, semua barang yang ada di rumah pun dikemas. Packing ini dan itu. Tidak ada yang boleh tertinggal karena sebenarnya tidak banyak juga barang yang dibeli. Pertimbangannya saat itu, khawatir repot jika akan pindahan ke suatu tempat. Jadi yang penting-penting saja dan betul-betul bisa menunjang hidup sehari…