Langsung ke konten utama

Cara Asyik Liburan di Rumah


Mengisi liburan di rumah tidak kalah asyiknya. Banyak hal yang dapat dilakukan. (foto:riapwindhu)

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore, Hore, Hore
Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesahmu
Libur telah tiba, Libur telah tiba
Hatiku gembira

Libur Telah Tiba- Tasya


YEAY... Libur telah datang. Siapa yang tidak suka? Semua orang senang mendengar kata libur. Saatnya untuk melupakan sejenak rutinitas sehari-hari.  Persis seperti lagu lawas anak-anak berjudul Libur Telah Tiba, yang dinyanyikan oleh Tasya Kamila.

Sayangnya, kali ini anggaran jalan-jalan terbatas.  Sedang perlu untuk sedikit berhemat. Liburan akhirnya tidak kemana-mana dan harus di rumah saj. Butuh strategi supaya bocah-bocah kecil, tidak merasa jenuh dan bilang bosan.   

Tenang saja, ada beberapa cara untuk membuat liburan di rumah tetap asyik dan menyenangkan. Tentu saja, memerlukan keterlibatan penuh orang tua dan anak untuk mengisinya agar menarik. Apa saja?

1. Bermain Bersama

Permainan  yang melibatkan banyak anggota keluarga yang dapat dilakukan bersama adalah seperti Monipoli. Permainan ini bukan hanya sekedar asal mengisi waktu. Ada makna tersirat dari permainan ini, seperti kejujuran, kemampuan berhitung, dan ketangkasan. Seru sekali jika seluruh keluarga terlibat dengan menjalankan dadu secara bergantian.

Permainan lain yang juga melibatkan orang banyak, seperti remi, domino, dan ular tangga. Menyenangkan jika yang ikut lebih banyak.  Permainan yang mengikursertakan orang lain terkadang lebih menyenangkan daripada menyibukkan diri dengan game online.

2. Sepedahan dan Jalan Santai

Dua kegiatan ini sangat menyenangkan karena dapat dilakukan saat pagi hari atau sore hari. Bersenang-senang sambil berolahraga. Dua unsur sekaligus terpenuhi. Hal ini bisa dilakukan di sepanjang jalan perumahan ataupun taman kota yang ada di dekat perumahan. 

Sangat menyenangkan memperoleh kesegaran pagi sambil tertawa-tawa mendekatkan diri ada alam sekitar. Aktivitas olahraga lain juga dapat dilakukan, seperti bulu tangkis. Anak laki-laki bahkan dapat bermain bola, bila ada tanah lapang di dekat rumah.    

3. Masak Bergaya Chef

Membuat masakan atau bekreasi membuat kue, yang melibatkan orang tua dan anak  tak kalah menyenangkan. Apalagi saat ini, program masak memasak sangat digemari oleh banyak orang, seperti Master Chef. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun senang bergaya ala koki dapur profesional.

Apalagi, saat ini tayangan you tube juga lebih memudahkan anak-anak dan orang dewasa. Untuk jenis resep dan cara membuat, tinggal dicari di mesin pencari. Kemudian tinggak diikuti langkah-langkhanya agar seketika dapat dijadikan makanan yang sangat enak. Cobalah, nak-anak sangat senang saat diminta membantu masak, lho!

4. Membaca dan Mewarnai Buku

Saat liburan, menyiapkan buku-buku bacaan yang menarik, seperti cerita bergambar. Tentu saja, bacaan yang mengedukasi dan menginspirasi agar hidup semakin berwarna. Anak-anak dapat diajarkan untuk menceritakan kembali apa yang telah dibacanya, baik secara langsung ataupun menuliskannya kembali.

Selain membaca, kegiatan mewanai juga tidak kalah asyik. Bisa dengan menggambar sendriri dulu baru diwarnai ataupun langsung mewarnai saja gambar-gambar yang ada di buku yang dijual. Selain menyenangkan, kegiatan ini dapat menghilangkan kejenuhan.

5. Berkreasi Membuat Kerajinan

Banyak sekali model kreasi kerajinan yang dapat dilakukan. Dari yang simpel hingga yang sedikit rumit. Misalnya saja membuat kalung sendiri dari bahan serderhana. Pada musim libur, jika ada sedikit dana, dapat juga dicoba kelas-kelas kreativitas,seperti membatik untuk anak-anak dan dewasa. Bukan hanya sekedar bersenang-senang. Ilmu pun bisa didapat sekaligus   

Selamat mencoba !

Komentar

  1. Ponakan2ku paling senang diajak memasak bergaya chef liburan oaking hemat dan menyenangkan hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergaya chef itu paling asyik walaupun lebih tepatnya mainin adonan kue dan ngacak-ngacak. Hahaha, tapi yang penting happy

      Hapus
  2. Kalo saya sih kalo liburan di rumah sama ponakan paling main bola kalo nggak mobil-mobilan sama mewarnai, memang hemat tapi kadang dia ga mau berhenti main padahal sayanya dah bosan hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main bareng sama ponakan asyik tapi capek ya, bro Imawan. Itu seninya, xixixi...

      Hapus
  3. Kalo saya sih mbak lebih asyik untuk bersih-bersih rumah mbak kalo lagi liburan di rumah :D

    BalasHapus
  4. Wah cara nya sangat menyenangkan ya. Kini liburan di rumah tidak lagi membosankan ya mbak. :D

    BalasHapus
  5. Wah cara nya sangat menyenangkan ya. Kini liburan di rumah tidak lagi membosankan ya mbak. :D Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya. Menarik ajakannya untuk upgrade ilmu internet marketing :)

      Hapus
  6. LIBURAN TIBA :D
    Alangkah senangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua senang jika liburan telah tiba. Terima kasih telah membaca atikel mengisi liburan ini...

      Hapus
    2. Semua senang jika liburan telah tiba. Terima kasih telah membaca atikel mengisi liburan ini...

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g