Langsung ke konten utama

Ini Dia 5 Cara Liburan Meriah Bermanfaaat di Jakarta !


Salah satu taman untuk tempat libur keluarga, Taman Menteng (foto:forumtempatwisata.com)

AKHIR pekan tapi butuh piknik. Butuh liburan. Butuh merelaksasi pikiran sebelum kembali beraktivitas untuk memenuhi target kerja. Biar tambah semangat dan bisa bilang “I Like Monday” untuk esok hari.

Sayangnya, terkadang adakalanya isi dompet tidak bersahabat atau sedang mesti berhemat. Tenang saja, berikut ada 5 cara liburan murah, meriah, dan bermanfaat di luar rumah, yang ada di Jakarta, yang bisa dijadikan pilihan. Apa saja? Ini dia :

1. Berkunjung keTaman Kota
 Saat ini taman-taman kota yang ada di Jakarta kondisinya lumayan terawat dan bagus. Ruang publik sekarang banyak yang berbeda dengan dulu. Taman-taman itu nyaris di setiap wilayah ada. 

Tinggal dipilih yang hendak dikunjungi, bisa yang terdekat dengan lokasi rumah ataupun ke taman kota yang ada di tengah kota Jakarta.
Salah satu sarana bermain anak-anak di Taman Menteng (sumber: tribunnews.com)
Taman-taman itu ada yang dilengkapi peralatan olahraga. Belum lagi, sejumlah permainan anak-anak, seperti prosotan, jungkat-jungkit, dan lainnya. Dapat juga melihat keindahan hijau pepohonan dan kesegaran pagi. Pergi ke taman kota itu gratis. Tidak perlu tiket masuk. Contoh beberapa taman kota yang dapat dikunjungi, seperti, Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Ayodya.

2. Berkunjung ke Museum

Datang ke museum tidak kalah asyiknya. Murah meriah  dan banyak yang bisa didapatkan jika datang kesini. Kenapa?  Tiketnya Cuma Rp.5.000 saja untuk satu orang dewasa. Anak-anak bahkan cuma Rp.2000.

Museum Nasional, selain memiliki sejumlah koleksi menarik, terkadang ada pameran (sumber:websitemuseumnasional) 
Rata-rata museum di Jakarta tetap buka saat hari minggu. Museum yang dijadikan lokasi berkunjung pun tinggal pilih sesuai dengan keinginan hati. Banyak sekali museum di Jakarta. Salah satunya adalah Museum Nasional alias Museum Gajah, yang teletak di Jl. Medan Merdeka Barat.

Selain dapat melihat-lihat koleksi yang dimiliki museum, seringkali terdapat event-event yang dapat menambah informasi dan pengetahuan. Salah satunya adalah pekan kebudayaan Saudi Arabia. Pasti selalu ada saja ilmu yang dapat diperoleh dari kunjungan ke museum.

3. Datang ke Pameran
Mendatangi pameran pun tidak ada salahnya jadi tujuan. Bisa dipilih yang berbayar murah ataupun yang gratis. Jenis pameran banyak sekali di Jakarta. Hampir selalu ada tiap akhir pekan. Informasinya saat ini lebih mudah ditemukan karena adanya fasilitas internet. Datang ke pameran tidak hanya akan dapat informasi terkini mengenai apa yang dipamerkan, tapi sekaligus dapat menambah wawasan yang sangat berguna.
Dalam pameran buku, selalu ada seminar atau talkshow bermanfaat (sumber:islamicbookfair.com)
Contohnya adalah pergi ke pameran buku. Selain tahu informasi buku-buku terkini, buku-buku yang menarik, biasanya ada diskon tertentu jika ada acara dari penerbit. Pengunjung pameran bahkan bisa mengikuti kegiatan talkshow ataupun seminar tak berbayar dengan pembicara yang bagus, seperti bincang dengan penulis buku ataupun lainnya.

4. Datang ke Kebun Binatang

Kebun binatang Jakarta yang hampir semua warga Jakarta tahu adalah Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu. Lokasinya mudah dijangkau dan murah. Banyak moda transportasi yang tiba disini, seperti angkutan kota ataupun TransJakarta. Kebun binatang Ragunan memiliki pusat primata Schmutzher, pusat primata berkelas internasional. 

Koleksi primata eksotisnya antara lain: orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri. Memiliki luas 13 ha, pusat primata ini  berkonsep open zooAda taman refleksi untuk pengunjung. Ada taman satwa untuk anak, dan juga taman rekreasi.
Pusat primata Schmutzer, pusat primata berkelas internasional Kebun Binatang Ragunan (sumber:ragunanzoo.jakarta.go.id)
Aneka satwa yang bisa dilihat adalah satwa yang masuk dalam keluarga mamalia, reptil, mamalia, aves, dan pisces. Berkunjung ke kebun binatang bukan hanya sekedar melihat aneka satwa. 

Ada juga berbagai fauna menarik yang bisa dilihat, yang termasuk dalam kelompok bunga-bungaan. Banyak ilmu yang bisa didapat. Tiketnya hanya Rp.4000 untuk dewasa dan Rp.3000 untuk anak-anak.

5. Singgah ke Taman Mini Indonesia Indah

Singgah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak ubahnya seperti mengunjungi Indonesia hanya dalam satu hari. Gambaran mengenai negara Indonesia, adat budaya terhampar di depan mata. Anjungan daerah, museum, aneka flora fauna ada disini. Ada juga desa seni dan kriya. Uang masuknya Rp.10.000 per orang, sudah dapat berkeliling-keliling.  

Pesona Taman Mini Indonesia Indah. Berkunjung ke seluruh Indonesia satu hari.  (sumber:tamanmini,com)
Jika punya anggaran lebih, dapat menyinggahi wisata unggulan yang ada. Taman Mini Indonesia Indah sangat dikenal dengan Teater Imax Keong Emas, teater 4 dimensi, titihan Samirono, taman Samirono, kereta gantung, dan taman legenda keong emas.  
Untuk transportasi publik untuk di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), disediakan mobil keliling, bus keliling, selain mobil istrik, perahu angsa, dan sepeda wisata. Jika lapar, rumah makan pun jumlahnya banyak.

***
Itulah 5 cara liburan murah meriah saat akhir pekan. Semuanya berada di tengah kota dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum. Jika ingin berhemat lagi, untuk pergi ke suatu tempat, dapat membawa bekal makanan dan minuman. Tertarik? Ayo liburan murah, meriah, dan bermanfaat !

#riap windhu



Komentar

  1. Hihi...pengennya cucu kecil teruuus, biar bisabjln2 ke taman2 ini. Dulu mereka msh di bawah 1o th, msh maubtuh jln2, skrng dah pd guedee...punya acara sendiri2, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, kalau sudah gede sih maunya udah pergi sendiri. Jalan-jalan sama saya saja,yuk...

      Hapus
  2. Samaan mbak aku jalan - jalan cukup ke alun-alun atau sekedar jelajah kota aja.Ke pabrik gula, museum atau candi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya nggak kalah asyik kan, mbak Tatit...

      Hapus
  3. Samaan mbak aku jalan - jalan cukup ke alun-alun atau sekedar jelajah kota aja.Ke pabrik gula, museum atau candi

    BalasHapus
  4. Siip, beneer, berlibur tak harus keluarkan biaya banyak yaa.
    Bisa kemana saja yang bikin fresh
    Halo mba, ketemu disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bertemu mbak Nefertite disini :).Liburan yang sederhana tetap seru dan tetap bikin fresh.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mengagumi Indonesia Melalui Pameran Koleksi Lukisan Istana Kepresidenan RI Senandung Ibu Pertiwi

Wow ! Sebuah lukisan Perkawinan Adat Rusia yang tampak megah dan berukuran sangat besar langsung memikat mata, saat langkah kaki baru memasuki gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta, untuk melihat pameran koleksi lukisan Istana Kepresidenan berjudul Senandung Ibu Pertiwi, Minggu 27 Agustus 2017.
Meski bukanlah karya asli pelukis Rusia Konstantin Yegorovich Makovsky yang dibuat tahun 1881 dan hanya ditampilkan melalui LED, dalam pameran yang diselenggarakan untuk umum 2-30 Agustus 2017, lukisan itu seakan menyapa saya dan setiap pengunjung yang baru datang. Posisinya berada di sebelah kiri pintu masuk ruangan paling depan galeri nasional.
Karya asli abad ke-19 dengan ukuran 295 cm x  450 cm yang ditaksir bernilai sekitar Rp.18 Miliar itu sudah sangat tua, sehingga tak bisa dipindahkan dari Istana Bogor.



Untunglah, saya bisa datang tidak kesorean. Jelang siang, pengunjung Galeri Nasional semakin banyak. Saya memandang cap bertuliskan Senandung Ibu Perti…

Ketangguhan Kingkong, keapikan foto Pureshot Plus II, dan Kemeriahan Hisense di ICS

SELAIN memiliki fitur-fitur canggih yang sangat dibutuhkan pada era modern saat ini dan harga yang kompetitif, sebuah smartphone dituntut untuk mempunyai keistimewaan lebih, dibandingkan dengan yang sudah banyak beredar di pasaran.
Nah menjawab hal itu, Hisense membuat gebrakan dalam gelaran Indonesia Cellular Show (ICS) pada  2-5 Juni 2016, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.Hisense memperkenalkan empat smartphone 4 G terbarunya, yakni Hisense Kingkong II, Hisense Pureshot Plus 2, Hisense Pureshot Lite, dan Hisense F20.



Sebagai top 5 perusahaan elektronik dunia asal Tiongkok, Hisense mengukuhkan eksistensinya, membuktikan tidak main-main ataupun sekedar ikut-ikutan. Salah satu buktinya adalah dengan mengikuti ajang pameran ponsel bergengsi ini.


Sales Director PT Hisense International Indonesia Stanly Widjaja dan dua pengguna Hisense yang memberikan pengalaman menggunakan produk, menyampaikan ketangguhan dan kemampuan produk Hisense di depan puluhan blogger dan wartawan s…