Langsung ke konten utama

Ini Dia 5 Cara Liburan Meriah Bermanfaaat di Jakarta !


Salah satu taman untuk tempat libur keluarga, Taman Menteng (foto:forumtempatwisata.com)

AKHIR pekan tapi butuh piknik. Butuh liburan. Butuh merelaksasi pikiran sebelum kembali beraktivitas untuk memenuhi target kerja. Biar tambah semangat dan bisa bilang “I Like Monday” untuk esok hari.

Sayangnya, terkadang adakalanya isi dompet tidak bersahabat atau sedang mesti berhemat. Tenang saja, berikut ada 5 cara liburan murah, meriah, dan bermanfaat di luar rumah, yang ada di Jakarta, yang bisa dijadikan pilihan. Apa saja? Ini dia :

1. Berkunjung keTaman Kota
 Saat ini taman-taman kota yang ada di Jakarta kondisinya lumayan terawat dan bagus. Ruang publik sekarang banyak yang berbeda dengan dulu. Taman-taman itu nyaris di setiap wilayah ada. 

Tinggal dipilih yang hendak dikunjungi, bisa yang terdekat dengan lokasi rumah ataupun ke taman kota yang ada di tengah kota Jakarta.
Salah satu sarana bermain anak-anak di Taman Menteng (sumber: tribunnews.com)
Taman-taman itu ada yang dilengkapi peralatan olahraga. Belum lagi, sejumlah permainan anak-anak, seperti prosotan, jungkat-jungkit, dan lainnya. Dapat juga melihat keindahan hijau pepohonan dan kesegaran pagi. Pergi ke taman kota itu gratis. Tidak perlu tiket masuk. Contoh beberapa taman kota yang dapat dikunjungi, seperti, Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Ayodya.

2. Berkunjung ke Museum

Datang ke museum tidak kalah asyiknya. Murah meriah  dan banyak yang bisa didapatkan jika datang kesini. Kenapa?  Tiketnya Cuma Rp.5.000 saja untuk satu orang dewasa. Anak-anak bahkan cuma Rp.2000.

Museum Nasional, selain memiliki sejumlah koleksi menarik, terkadang ada pameran (sumber:websitemuseumnasional) 
Rata-rata museum di Jakarta tetap buka saat hari minggu. Museum yang dijadikan lokasi berkunjung pun tinggal pilih sesuai dengan keinginan hati. Banyak sekali museum di Jakarta. Salah satunya adalah Museum Nasional alias Museum Gajah, yang teletak di Jl. Medan Merdeka Barat.

Selain dapat melihat-lihat koleksi yang dimiliki museum, seringkali terdapat event-event yang dapat menambah informasi dan pengetahuan. Salah satunya adalah pekan kebudayaan Saudi Arabia. Pasti selalu ada saja ilmu yang dapat diperoleh dari kunjungan ke museum.

3. Datang ke Pameran
Mendatangi pameran pun tidak ada salahnya jadi tujuan. Bisa dipilih yang berbayar murah ataupun yang gratis. Jenis pameran banyak sekali di Jakarta. Hampir selalu ada tiap akhir pekan. Informasinya saat ini lebih mudah ditemukan karena adanya fasilitas internet. Datang ke pameran tidak hanya akan dapat informasi terkini mengenai apa yang dipamerkan, tapi sekaligus dapat menambah wawasan yang sangat berguna.
Dalam pameran buku, selalu ada seminar atau talkshow bermanfaat (sumber:islamicbookfair.com)
Contohnya adalah pergi ke pameran buku. Selain tahu informasi buku-buku terkini, buku-buku yang menarik, biasanya ada diskon tertentu jika ada acara dari penerbit. Pengunjung pameran bahkan bisa mengikuti kegiatan talkshow ataupun seminar tak berbayar dengan pembicara yang bagus, seperti bincang dengan penulis buku ataupun lainnya.

4. Datang ke Kebun Binatang

Kebun binatang Jakarta yang hampir semua warga Jakarta tahu adalah Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu. Lokasinya mudah dijangkau dan murah. Banyak moda transportasi yang tiba disini, seperti angkutan kota ataupun TransJakarta. Kebun binatang Ragunan memiliki pusat primata Schmutzher, pusat primata berkelas internasional. 

Koleksi primata eksotisnya antara lain: orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri. Memiliki luas 13 ha, pusat primata ini  berkonsep open zooAda taman refleksi untuk pengunjung. Ada taman satwa untuk anak, dan juga taman rekreasi.
Pusat primata Schmutzer, pusat primata berkelas internasional Kebun Binatang Ragunan (sumber:ragunanzoo.jakarta.go.id)
Aneka satwa yang bisa dilihat adalah satwa yang masuk dalam keluarga mamalia, reptil, mamalia, aves, dan pisces. Berkunjung ke kebun binatang bukan hanya sekedar melihat aneka satwa. 

Ada juga berbagai fauna menarik yang bisa dilihat, yang termasuk dalam kelompok bunga-bungaan. Banyak ilmu yang bisa didapat. Tiketnya hanya Rp.4000 untuk dewasa dan Rp.3000 untuk anak-anak.

5. Singgah ke Taman Mini Indonesia Indah

Singgah ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak ubahnya seperti mengunjungi Indonesia hanya dalam satu hari. Gambaran mengenai negara Indonesia, adat budaya terhampar di depan mata. Anjungan daerah, museum, aneka flora fauna ada disini. Ada juga desa seni dan kriya. Uang masuknya Rp.10.000 per orang, sudah dapat berkeliling-keliling.  

Pesona Taman Mini Indonesia Indah. Berkunjung ke seluruh Indonesia satu hari.  (sumber:tamanmini,com)
Jika punya anggaran lebih, dapat menyinggahi wisata unggulan yang ada. Taman Mini Indonesia Indah sangat dikenal dengan Teater Imax Keong Emas, teater 4 dimensi, titihan Samirono, taman Samirono, kereta gantung, dan taman legenda keong emas.  
Untuk transportasi publik untuk di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII), disediakan mobil keliling, bus keliling, selain mobil istrik, perahu angsa, dan sepeda wisata. Jika lapar, rumah makan pun jumlahnya banyak.

***
Itulah 5 cara liburan murah meriah saat akhir pekan. Semuanya berada di tengah kota dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum. Jika ingin berhemat lagi, untuk pergi ke suatu tempat, dapat membawa bekal makanan dan minuman. Tertarik? Ayo liburan murah, meriah, dan bermanfaat !

#riap windhu



Komentar

  1. Hihi...pengennya cucu kecil teruuus, biar bisabjln2 ke taman2 ini. Dulu mereka msh di bawah 1o th, msh maubtuh jln2, skrng dah pd guedee...punya acara sendiri2, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, kalau sudah gede sih maunya udah pergi sendiri. Jalan-jalan sama saya saja,yuk...

      Hapus
  2. Samaan mbak aku jalan - jalan cukup ke alun-alun atau sekedar jelajah kota aja.Ke pabrik gula, museum atau candi

    BalasHapus
  3. Samaan mbak aku jalan - jalan cukup ke alun-alun atau sekedar jelajah kota aja.Ke pabrik gula, museum atau candi

    BalasHapus
  4. Siip, beneer, berlibur tak harus keluarkan biaya banyak yaa.
    Bisa kemana saja yang bikin fresh
    Halo mba, ketemu disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang bertemu mbak Nefertite disini :).Liburan yang sederhana tetap seru dan tetap bikin fresh.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g