Langsung ke konten utama

Yuk, Menulis Kisah Misteri dengan Banyak Pembaca !

Membuat Kisah Misteri menjadi Ka(r)ya di Kopdar Kaskus, di gedung Palma One. (dokpri) 


BOLEH dibilang selama bulan Oktober 2017, cukup banyak kisah misteri yang muncul. Tidak cuma di layar lebar, kisah misteri pun hadir dalam sejumlah tayangan di televisi. Dalam bentuk tulisan, yang dibukukan atau ditulis melalui portal online, kisah misteri ternyata memiliki pangsa pasar alias penggemar  tersendiri.

kisah misteri memang terkadang menimbulkan rasa ngeri-ngeri sedap, sekaligus rasa penasaran ingin tahu. Meski takut-takut, banyak juga yang coba memberanikan diri melihat atau membaca. Itulah sebabnya, kisah misteri  dalam bentuk apa pun  ditulis, selalu ada yang cari.

Seperti yang terlihat dalam kegiatan Kopdar Kaskus Creator di Kaskus Playground , Menara Palma Annex Building, Rasuna Said  Jakarta, Jumat 20 Oktober 2017. Berlapis usia tampak hadir mengikuti kegiatan bulanan yang untuk bulan Oktober mengangkat tema Merangkai Kisah Misteri, Rangkai Kata Menjadi Ka(R)ya.

Untungnya, meski bahasan mengenai kisah misteri awalnya terkesan menakutkan dengan adanya setting suara-suara, ternyata diskusi berjalan malah penuh dengan gelak tawa.
Mirip ala Stand Up Commedy, lantaran mendatangkan pembicara Kulon.Kali aka WN Naufal, Kaskus Creator dan juga penulis novel cerita misteri sekaligus horor 100 Tahun Setelah Aku Mati, yang oleh penonton dianggap mirip Presiden Jokowi

Selain itu ada Mbah Mijan, Kaskuser yang tampil sebagai paranormal. Satu-satunya narasumber yang cukup anteng dan adalah Koko Nata Kusuma, penulis dari Forum Lingkar Pena (FLP). Selebihnya kegiatan dipandu oleh MC AB yang gokil menghidupkan suasana.

Menulis Kisah Misteri ada juga tips-tipsnya (dokpri)

Tips Menulis Kisah Misteri

Nah  sebelum jauh membahas kisah misteri, setiap orang yang ingin menulis harus tahu dulu maksudnya. Menurut Koko Nata, kisah atau cerita misteri sebenarnya bukan cerita hantu belaka. “Itu terlalu sempit makna,” kata Koko.

Jadi apa yang Perlu diketahui dalam menulis Kisah Misteri?
1. Mengetahui Makna Kisah Misteri
 Misteri  yang berasal dari bahasa Inggris Mystery, bisa diartikan sebagai sesuatu yang masih samar-samar dan belum jelas.  Dalam KBBI  artinya teka-teki, sementara dalam  literatur Bahasa Inggris, seringkali jadinya  berupa cerita detektif.

Kisah misteri, selain cerita misteri sendiri, ada juga cerita horor dan thriler. Dalam cerita misteri, harus ada teka-teki yang dipecahkan. Dalam cerita horor harus bisa menimbulkan tegang dan penasaran.  

Cerita  Thriler  lebih pada perjuangan hidup dan mati. Misalnya dikejar dinosasurus. Tidak perlu menakutkan. Agar menarik, dalam membuat kisah misteri tiga paragra awal harus diusahakan menarik. Dibuat tidak langsung selesai dan terdapat kata bersambung di bawah.

Dibuat seperti novel yang ceritanya hadir setiap hari. Penulisan seperti ini akan membuat para pembaca penasaran. Sekaligus akan menambah juga follower yang akan ikut membaca.

Menyesuaikan dengan generasi masa kini yang lebih suka membaca melalui handphone. Jumlah kata dalam sebuah kisah misteri jangan terlalu banyak. Cukup 300-500 kata. Kenapa? Karena membaca melalui smartphone, mata yang membaca akan mudah lelah.

Intinya sih, dalam menulis harus punya konsep. Mengenai rujukan menulis kisah misteri, bisa dengan membaca tulisan atau buku mengenai  kisah misteri. Karya R.L Stine merupakan salah satu contoh kisah misteri.

Koko memberi contoh seorang tokoh yang takut hantu. Padahal dirinya sendiri adalah hantu. Di sebuah portal online, tulisan Koko mencapau 4,08 juta pembaca. Namun tentunya, bila di tempat biasanya menulis lebih kepada informasi dan berita, di Kaskus dimungkinkan untuk menulis fiksi dan puisi.

2. Temukan Sumber Ketakutan
Rasa takut merupakan salah satu kekuatan yang mendorong dan menggerakkan individu untuk melindungi dan menjauhi. Respon yang timbul dengan menjauhkan diri dari sesuatu yang menyakiti, melukai diri atau mengancam jiwa.

Sumber takut (Gunarsa, 2001), terdiri atas yang ada bendanya secara objektif yang menimbulkan ketakutan. Sumber takut suara di tegah malam. Apa bendanya dapur dll.

Sumber takut kedua adalah hal-hal yang subjektif perasaan dan sikap individu terhadap sesuatu yang menimbulkan ketakutan. Berbeda. Misalnya trauma masa kecil. Seperti dikurung di kamar gelap. Sumber ketakutan ruang gelap. Remaja dibully.

Tulisan yang dihasilkan dapat dikemas dengan menghadirkan hal-hal yang menimbulkan rasa takut.

3. Menentukan Ide Pokok
Bikin judul dulu, baru cerita, bagaimana membuat seseorang penasaran. Di online, sering disebut denganClickbait. Dilansir dari Huffington Post, 20-10-2015, RL Stone memulai kisah misteri  dari sebuah judul baru membuat jalan cerita dan ide itu selalu datang begitu saja.

Buatlah kerangka cerita, awal, tengah, akhir. Setelah semua dilakukan, maka menulis pun akan mengalir.

4. Mulai Menulis
Kalau yang sudah biasa menulis, tahapan-tahapan penulisan umumnya sudah ada di kepala. Namun, draft bisa membantu lebih baik. Ingat, menulis tidak bisa dibarengkan dengan menyunting (editing). Tulislah dulu hingga selesai baru mengedit.
Saat menulis aktivitas internet dimatikan saja. Kalau dilakukan fokus,  satu jam  tulisan pasti jadi. Biasakan untuk memposting tulisan setiap hari satu.

5. Endapkan Tulisan
Mengendapkan tulisan menjadi  tantangan di zaman online, yang memudahkan dan membuat ingin segera langsung diposting.  Biarkan tulisan selama beberapa hari. Setelah itu baru dikirim, sesuaikan dengan tren untuk tema+tema tulisan.

Kalau langsung dikirm, seringkali masih terdapat banyak kesalahan penulisan atau typo. Hal ini akan mengganggu pembaca dan akan mengurangi minat untuk membaca keseluruhan.

Untuk memperkaya tulisan, banyak membaca karya tema sejenis. Alternatif lain menonton film.Dalam tulisan misteri, selain kisah nyata, Indonesia juga kaya sekali mitos-mitos di daerah.  Ini bisa jadi keunikan tersendiri. Konsepnya ada media untuk arwah. Dengan sentuhan budaya daerah, akan membedakan tullisan misteri yang  dibuat dengan hasil tulisan dari luar negeri sperti Thailand,  Jepang, atau Korea.

6. Membuat Story Map
Sebuah Story Map (Jalan Cerita) penting digunakan dalam menulis misteri. Unsurnya terdiri atas menentukan karakter tokoh dalam tulisan, alur ceritanya, masalah yang dihadirkan, solusi yang dimunculkan, dan setting yang diambil.

Menulis Kisah Misteri bermula dari Thread hingga terbentuk novel setebal lebihdari 400 lembar (dokpri)


Dari Kisah Nyata
WN Naufal penulis cerita misteri 100 Tahun Setelah Aku Mati, mengungkapkan sebelum menjadi novel berjumlah ratusan halaman, threadnya di Kaskus mendapatkan 3, 5 juta pembaca.

Novel yang salah satunya diberikan kepada pengunjung kopdar itu mengisahkan tokoh Rizal yang mempunyai seorang teman perempuan berusia 100 tahun, yang bukan manusia bernama Sari. Perempuan itu meninggal tahun 1915. 

Buat Naufal, pengungkapan sosok Sari dari latar belakang dan informasi disajikan dengan lengkap. Sari mati karena tenggelam karena itu dihadirkan dengan rambut lepek, dan mata putih.

Sementara Mbah Mijan lebih mengedepankan kisah yang diangkat dari kisah nyata  (true story). Orang yang menulis kisah nyata tulus tidak ada beban dan dapat merasakan sepenuhnya kejadian yang ia tulis. Hal ini karena mengalami  langsung 100 persen.

Mengundang mahluk halus, katanya, bisa dengan dua cara yakni sengaja dan tidak disengaja.  Suasana cerita dalam kisah misteri harsu terbangun.  Misalnya di tempat yang dianggap angker, keramat, ataupun misterius. Dengan sendirinya, akan tertanam rasa takut, tapi sekaligus menegangkan.

Ada nggak sih mahluk halus yang menggangu saat menulis cerita horor? tanya peserta (dokpri)

Kaskus Creator
Kaskus selama ini dikenal sebagai forum komunitas online yang terbesar di Indonesia. Seringkali para kaskuser (sebutan untuk mereka yang bergabung) menyapa dengan kata-kata unik seperti pertamax dan agan. Pembacanya mencapai 30 juta orang setiap hari.  

Kaskus kemudian menciptakan Kaskus Creator sebagai sebuah wadah yang positif diciptakan oleh Kaskus sendiri untuk sobat yang memiliki hobi menulis. Apa pun bisa ditulis, mulai dari catatan perjalanan, kisah nyata, cerita cinta, kisah misteri, dan lainnya. Tentu saja, harus terdaftar dan punya ID

Mereka yang telah berpartisipasi di medsos selama acara.

Naufal  mengatakan, belajar menulis di Kaskus bisa untuk mengasah kemampuan. Memahami kemudian memperbaiki seperti melihat cermin. Menurutnya, ada kencenderungan  penerbit di luar sana menyukai naskah yang sudah jadi dan sudah ada pembacanya.  Namun tetap, perlu memlih judul yang unik agar pembaca terkentang dan setia.

Nah, kebetulan saat ini ada kesempatan buat Kaskus Creator untuk membuat kisah misteri yang akan mendapatkan poin besar. Jadi, Yuk menulis kisah misteri yang menjaring pembaca dan menjadi ka(r) ya.





Komentar

  1. Awalanya tegang, ternyata bodor banget. Tapi elmu nulisnya keren abis

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.  “Ini obat apa?” tanya saya. Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya. Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly). Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini. Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan

Beli Buku Hanya Bayar Setengah di Buka Gudang Gramedia

Selama satu bulan, digelar Gudang Buku Gramedia, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta. Diskon sebesar 50 % untuk semua jenis buku. Untuk buku komik hanya Rp.1000, dengan ketentuan minimal pembelian 10 buah (dok.windhu) There is no friend as loyal as book . Kalimat kutipan Ernest Hemingway, novelis yang karya-karyanya mendunia itu benar adanya. Buat sebagian orang, termasuk saya, buku sudah menjadi teman yang sangat setia. Sejak masih anak-anak hingga kini dewasa. Nah, begitu mata memandang seluruh ruangan yang disebut Buka Gudang Gramedia, Jl Pamerah Barat dan melihat tumpukan ratusan buku sesuai dengan kategorinya jelas terlihat di depan mata, rasa senang timbul.  Jumlah buku di rumah, si teman setia sudah jelas akan bertambah.Harga buku di zaman sekarang kalau karya top atau penulis bermutu pastilah mendekati Rp.100.000 atau lebih, per satu bukunya. Kegiatan diskon buku seperti Buka Gudang Gramedia, jadi salah satu solusi menambah bahan bacaan.  Ragam pilihan buku ba

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Pilihan Lipstik untuk Bibir Hitam saat ini beragam. D'Flora, hadir dengan kandungan Jojoba dan vitamin yang membuat bibir terlihat menarik dan sehat. (dok.windhu) Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuan   saya   mengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari.  “Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,   kakak sudah tidak suka. Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya. Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir g