Langsung ke konten utama

Tiga Resep Pendamping ASI (MPASI) dari Dapur Modena yang Patut Dicoba !







Menyiapkan makanan pendamping ASI sendiri lebih menyehatkan untuk diberikan kepada buah hati (dok.windhu)

Resep makanan pendamping ASI (MPASI) ini merupakan  resep yang dibuat di dapur culinary  Modena. MPASI untuk bayi berusia 6 bulan haruslah mengandung unsur 4 bintang, yakni karbohidrat, sayuran, buah, dan protein.



Baca Disini : Tips buat MPASI 

Tiga resep  yang terdiri atas nasi putih daging sapi edamame labu siam saus tomat, apple pie chia pudding, dan carrots &cheese crackers ini bisa menjadi pilihan ibu untuk dibuat dan diberikan kepada sang buah hati.  



Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labusiam Saus Tomat


Resep 1
Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labusiam Saus Tomat

Bahan :
4 sdm beras putih organik
1 potong daging sapi
1 genggam edamame
½ buah bit
1 buah labu siam kecil
Kaldu sapi
½ bawang bombay
EVOO (ekstra virgin olive oil)

Metode :
1. Cuci bersih semua bahan dan kupas
2. Masak beras putih bersama kaldu sapi hingga menjadi nasi
3. Parut bit dan labu siam, belah tomat menjadi dua
4. Masukkan parutan daging, labu siam bit, bawang bombay, dan tomat dalam wadah stainless, kemudian kukus kurang lebih 20-25 tomat atau hingga matang lalu angkat.
5. Tomat  dihancurkan dengan saringan kawat
6. Rebus Edamame hingga empuk lalu isahkan dengan kulitnya. Hancurkan edamame dengan saringan
7. Masing-masing bagi 3 bagian, yang 2 bagian biarkan hingga uap panasnya hilang, masukkan di wadah tertutup untuk disimpan sebagai makan siang, dan makan malam.
8. Masukkan satu bagian di dalam mangkok (bit aduk-aduk campur dengan labu siam tambahkan 1 sendok EVOO).


Apple Pie Chia Pudding (dok.windhu)

Resep MPASI 2

2. Apple Pie Chia Pudding
Bahan :
1 buah Apel Fuji1/2 cup susu kedelai (bisa diganti dengan ASI/susu formula)
1 sdm chia seeds
2 sdm batang kayumanis (optional)

Garnish (optional)
Irisan apel
Canberry
Daun mint


Metode :
1. Potong apel fuji dengan potongan kotak-kotak
2. panaskan air, tunggu hinga air mendidih kemudian tambahkan kayu manis dan potongan apel. Masak hingga apel matang kemudian tiriskan  dan tunggu hingga agak dingin.
3. Siapkan blender, masukkan potongan apel yang sudah direbus dan tambahkan susu kedelai. Blender halus.
4. Setelah halus, tambahkan chia seed
5. Pindahkan ke wadah kemudian simpan di dalam lemari pendingn selama minimal 1 jam atau lebih enak bila dikonsumsi keesokan harinya.

Carrots & Cheese Crackers (dok.windhu)


Menu MPASI ke-3
Carrots & Cheese Crackers
Bahan :
200 gr wortel (parut)
70 gr keju cheddar (parut)
2 pcs telur
4 sdm rlled oats (haluskan oat hingga menjadi tepung)
3 sdm almond powder
1 sdm olive oil (optional)

Metode :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius
2. Haluskan oat dengan blender hingga menjadi tepung
3. Blance parutan wortel selama kurang lebih 3 menit, kemudian saring dan keringkan dengan kitchen napkin sampai benar-benar kering
4. Siapkan wadah, masukkan tepung oat, telur, keju, wortel, dan olive oil kemudian aduk rata
5. Cetak adonan dengan ukuran kurang lebih ½ cm kemudian panggang hingga matang
6. Tunggu hingga biskuit dingin. Kemudian sajikan.

***
Itulah tiga menu Makanan Pengganti ASI (MPASI) yang bisa dicoba para ibu untuk buah hatinya di  rumah. Tidak memerlukan waktu banyak dan menggunakan bahan-bahan yang relatif mudah didapatkan di pasaran.

Tentunya, seorang ibu selalu ingin memberikan yang terbaik untuk asupan makanan buah hati agar tumbuh kembangnya menjadi maksimal dan sesuai tahapan pertumbuhan. Selamat Mencoba!

Komentar

  1. Selain enak pastinya juga bernutrisi ya...saya juga dulu rajin nyatet resep setiap harinya buat mpasinya si kecil

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…

Menjaga Passion For Better Melalui Beasiswa Sharing The Dream

Melihat sosok Tasya Kamila, perempuan muda cantik yang bisa menggapai pendidikan tinggi hingga meraih gelar master Public Administration dari Columbia University melalui beasiswa, rasa kagum terselip.
Di usianya yang menjelang 26 tahun, Tasya yang dulunya penyanyi cilik ini, tetap bisa menjalani passionnya di bidang hiburan. Tetap senang bernyanyi dan tetap suka dengan kesempatan bermain sinetron, serta berakting di layar lebar.
Tak hanya itu, Tasyasaat ini juga sedang mengembangkan sebuah proyek energi di Sumba, NTT. Keinginannya untuk bisa berkontribusi kepada masyarakat dan bangsa diwujudkan melalui proyek-proyek yayasan miliknya yang bergerak di sektor lingkungan hidup, Green Movement Indonesia.
Kehadiran Tasya Kamila dengan sederet prestasinya itu menjadi salah satu inspirasi yang mengemuka dalam kegiatan SCG Sharing The Dreams Blogger Gathering di The Hook, Jl. Cikatomas No. 35, Senopati Area, Jakarta Selatan, Kamis 26 Juli 2018.



Menjadi seseorang yang memiliki pendidikan tinggi, …