Langsung ke konten utama

5 Cara Hemat Belanja Gadget Secara Online


Membeli gadget alias gawai saat ini dengan mudah bisa dilakukan secara online. (gambar:jurnalapps)


Hari gini nggak punya gadget? Duh, rasanya nggak banget. Memiliki gadget  di zaman sekarang sudah seperti suatu hal yang bisa dibilang keharusan.  Dengan adanya koneksi internet, melalui sebuah gadget semua seakan berada di genggaman.

Betul kan? Sekarang semua orang merasa wajib punya. Gadget yang dalam bahasa Indonesia dinamakan dengan gawai, sudah  memasuki semua lini kerja dan lingkup kerja. Dari mereka yang kerja kantoran, para pekerja freelance, bahkan hingga anak-anak sekolah yang saat ini seringkali mendapatkan tugas sekolah dari guru melalui gadget.

Jika sampai tidak membawa gadget rasanya seperti ada yang kurang. Bahkan, ketinggalan gadget yang saat ini populernya berupa smartphone jauh lebih bingung daripada ketinggalan dompet. Soalnya, ketinggalan dompet masih bisa diatasi dengan aplikasi keuangan yang bisa diinstal di smartphone

Pesatnya Perkembangan Gadget

Ada yang seakan hilang jika gadget, si benda kecil elektronik yang bisa dibawa kemana-mana itu untuk sementara waktu tidak bisa digunakan. Seakan-akan terputus dari komunikasi tingkat dunia.Semua itu tak lepas karena  pengaruh dari pesatnya perkembangan gadget dan fitur-fitur yang ditawarkan. 

Perkembangan teknologi gadget yang begitu cepat membuat banyak produsen-produsen dari sejumlah negara berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk terkini dan tercanggih. Hampir setiap bulan selalu ada pemberitaan di berbagai media, baik media cetak ataupun media online yang mengangkat peluncuran sebuah merek gadget tertentu.

Pilah Pilih Gadget


Banyaknya peluncuran produk gadget yang terus menerus ada, memang tak jarang sangat menggoda untuk segera memiliki gawai yang ditawarkan. Apalagi, saat ini penggunaan smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi tidak seperti dulu lagi.

Tidak cukup jika digunakan hanya untuk mengirimkan  pesan ataupun dengan melepon dari satu smartphone ke smartphone yang lain. Smartphone yang merupakan pengembangan dari handphone pada masa dulu, kini sudah memiliki fungsi yang sangat komplit.

Selain itu, sekarang gawai tak hanya melulu bicara fungsi. Bentuk smartphone muncul dengan sangat beragam. Namun, kecenderungannya semakin slim (ramping) dan semakin stylish sehingga juga bisa untuk bergaya. Tentu saja, semua ini membuat munculnya keinginan segera membeli gadget terbaru semakin menggebu.

 Beli Gadget Secara Online

Nah saat ini jika merasa perlu untuk membeli gadget, tidak harus langsung bertatap muka di sebuah toko-toko gadget atau mendatangi pusat perdagangan smartphone. Memang jika datang langsung untuk membeli smartphone ada keunggulan bisa memegang dan mencobanya langsung di depan penjualnya.

Kalau di Jakarta, salah satu pusat perdagangan smartphone yang sangat terkenal adalah di kawasan Roxy, Jakarta Barat.  Disitu biasanya bisa langsung bertransaksi dan memilih produk smartphone yang diinginkan untuk dibawa pulang.
  
Lalu bagaimana jika tidak punya waktu datang ke pusat  penjualan gadget? Bagaimana juga seandainya ingin memiliki gadget terkini tapi tidak perlu repot-repot buang tenaga dan sudah bisa langsung ada di rumah? Jawabannya adalah dengan cara membeli gadget secara online.

 5 Cara Menghemat Belanja Online

Jika memutuskan untuk melakukan belanja gadget secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain unsur kebutuhan dan keinginan, belanja gadget melalui sebuah website,  yang baik juga harus memenuhi unsur hemat.

Misalnya saja, saat mencari harga Oppo F7 yang sekarang banyak digunakan oleh para pengguna gadget. Setidaknya, ada 5 cara menghemat belanja gadget secara online yang bisa dilakukan, yakni :

1. Tentukan Pilihan Gadget Sesuai Spesifikasi
Menentukan pilihan  gadget yang akan dibeli harus dengan melihat kebutuhan untuk menunjang aktivitas. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas baterai, lebar layar  yang dilengkapi dengan kamera belakang, dan  tampilan resolusi.

Selain itu, adalah dengan mengira-ngira berat smartphone. Prosesor yang dimiliki, media penyimpanan internal, dan kapasitas RAM yang ada. Warna dan tampilan pun sangat berpengaruh pada gaya dan selera  pembeli gadget.  Tanggal rilis gadget di pasaran juga bisa menjadi acuan lama edar suatu gadget.

2. Cek Harga dan Sesuaikan Anggaran yang Dimiliki
Mengecek harga suatu gadget dari media sosial ke media sosial, dan dari website ke website sangat penting. Biasanya ada selisih harga yang ditawarkan jika ingin membeli suatu gadget melalui sebuah website.

Riset dan bandingkan harga gadget yang berlaku di pasaran saat ini. Nah jika bisa, pilihlah harga termurah yang ditawarkan, tapi sudah memenuhi spesifikasi gadget yang ingin dimiliki untuk menunjang aktivitas sehari-hari.  Jangan lupa sesuaikan dengan anggaran untuk gadget yang dimiliki.

3. Cek Toko
Mengecek keberadaan toko online penjual gadget  juga tak kalah penting. Kenapa? Soalnya, toko-toko penjual ini biasanya berasal dari berbagai kota yang ada di Indonesia. 

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli, cek dulu lokasi penjual toko online yang ada. Lebih baik yang berada di kota yang sama dengan pembeli. Selain lebih mudah untuk dicek,  biasanya ada yang berpengaruh untuk pembayaran ongkos kirimnya.

4. Baca Testimoni
Saat membuka website yang menawarkan produk gadget, selain terdapat gambar gadget dan keterangan spesifikasi, perhatikan juga kolom komentar. Disitu biasanya, ada komentar atau testimoni dari para pembeli gadget sebelumnya di toko tersebut.

Jika bernada positif, bisa menjadi rujukan pembeli. Misalnya, mulai dari ketepatan pengiriman barang hingga harga yang diberikan. Jika banyak yang bernada negatif, sebaiknya pilihlah yang lain. 

Rekam jejak toko online akan menguatkan keyakinan keamanan transaksi yang dilakukan untuk membeli gadget secara online. 

5. Layanan Purna Jual
Pengertian layanan purna jual ini bisa juga diartikan garansi yang bisa didapatkan setelah pembelian gadget dilakukan. Sebagai seorang pembeli, siapapun tentunya tidak ingin jika setelah membeli suatu gadget, kemudian putus hubungan.

Ceklah pusat-pusat garansi dari gadget yang dibeli. Mudahkah layanan customer service-nya untuk dihubungi. Cepat dan tanggapkah bila terjadi keluhan? Adakah suku cadang dan tenaga ahli untuk memperbaiki jika terjadi kerusakan pada gadget.

***
Membeli gadget secara online memang menyenangkan karena mudah, cepat, dan tidak perlu repot-repot ke suatu tempat. Namun, tetap harus memperhatikan  5 hal cara menghemat beli gadget seperti yang sudah disampaikan.

Tentunya tidak mau jika inginnya menghemat malah nantinya rugi. Selamat belanja gadget secara online!  

Komentar

  1. Wah, bum pernah belanja online buat gadget, makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat kakak eni tipsnya jika suatu saat ingin belanja online buat gadget.

      Hapus
  2. iya, kalau ingin beli online saya baca semua testimoninya biar makin mantap hati hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satunya biar yakin kalau toko online tempat mesan barang, apalagu gadget yang harganya mahal itu punya rekam jejak yang baik.

      Hapus
  3. bener nih review dari pembeli sebelumnya itu penting banget dibaca. Untuk menambah trust terhadap penjual..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,Review dari pembaca penting untuk dibaca karena kepercayaan itu adalah yang nomor satu.

      Hapus
  4. Aku sellau tanya teman yang udah pakai ini produk dan juga tentang tempat belanjanya klo ok. Cus deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, bertanya kepada teman merupakan langkah yang tepat sebelum membeli online. Pengalaman positifnya akan membuat nggak ragu untuk pesan dan bayar barang.

      Hapus
  5. Point "Membaca testimoni" yang kadang terlupakan. Suka lewat gitu aja di bagian testimoni. Padahal itu perlu juga ya buat mengecek kebenaran pemjualnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selain membandingkan harga dan mengecek toko online, mengecek sejumlah testimoni merupakan hal penting sebelum ambil keputusan.

      Hapus
  6. Poin penting memang buat bandingkan harga dulu agar tahu yang sesuai dengan bujet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentukan budget yang ingin dibel dan spesifikasi yang dibutuhkan dulu. Kemudian cari di toko online dan bandingkan harganya. Kalau ada yang selisih lebih murah, kenapa nggak?

      Hapus
    2. Beli gadget secara online memang suka lebih murah. Palagi kalau pas ada flash sale atau promo. Karena itu, membandingkan harga tetap perlu.

      Hapus
  7. Iya kalau beli gadget online suka lebih murah dibanding beli di toko. Tapi tetep kudu banding2in harga dan cek2 testimoninya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kakak April. betul banget tetp kudu bandingin harga dan cek testimoni

      Hapus
  8. Boleh juga tipsnya mba dalam memilih gadget yang terpercaya. Di iprice ada diskon gak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah membaca. Soal diskon atau tida, silakan langsung ke websitenya, ya kakak...

      Hapus
  9. Iya, saya juga paling suka kalau belanja online bandingin harga dulu. Lebih nyaman kayaknya dan ga bakalan bikin kesel harga hihi

    BalasHapus
  10. Belanja gadget via online .lebih murah ya ..., Terus keterangan spesifikasinya juga jelas...

    Tinggal pilih di ecommere-c yang dipercaya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, sekarang beli gadget via online cukup aman kalau dilakukan di e-commerce yang terpercaya.

      Hapus
  11. Tips yang sangat bermanfaat, jadinya kita ga kejebak dengan harga mahal di satu online shop ya mba Windu. Keren nih website iPrice, jadi penasaran berapa harga dari gadget incaran saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, supaya nggak kejebak harga yang mahal di satu toko online. Sok mangga atuh diperiksa harga gadget incarannya.

      Hapus
  12. apakah aku harus merubah Iphone X ku menjadi OPPO? dan sekarang beli online... tapi dua hape enak x ya mba.... beli aah di ecommerce yang terpecaya kaya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka.. punya smartphone banyak sih asyik aja asalkan memang kebutuhan dan kegunaannya tepat, om Doel.

      Hapus
  13. Blogger Eksis juga udah belanja gadget via iPrice. Dijamin hematnya*

    BalasHapus
  14. Kemarin aku pun beli gadget lewat online, sekarsng rasanya lebih nyaman aja gak perlu repot.. Kalau barang elektronik malah udah lama selalu belinonline dari pada beli langsung ke toko

    BalasHapus
  15. soal beli gadget ini memang agak2 tricky, harus dipikirkan jauh hari kecuali urgent. Harus cek-cek harga dan spesifikasi via online juga, agar gak dibohongi sm penjual.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

Minggu Pagi di Aksi #TolakPenyalahgunaanObat Car Free Day

MATA saya menatap kemasan kotak bertuliskan Dextromethorphan yang ada di meja BPOM. Di atas meja itu terdapat sejumlah obat-obatan lain bertuliskan warning, yang berarti peringatan. Ingin tahu saya memegangnya. Membaca kotak luar kemasan obat itu.
 “Ini obat apa?” tanya saya.
Adi, petugas BPOM itu memperlihatkan isi kotak kemasan. Menurutnya, obat Dextromethorpan sudah ditarik dari pasaran. Sudah tidak digunakan lagi karena dapat disalahgunakan oleh pemakainya.
Dextromethorpan yang di kotak kemasannya tertera generik dan terdiri dari 10 blister ini masuk dalam kategori daftar G. Banyak yang menyalahgunakannya untuk mendapatkan efek melayang (fly).

Fly? Pikiran saya langsung teringat kepada peristiwa penyalahgunaan obat yang menghebohkan negeri ini satu bulan lalu di Kendari, Sulawesi Tenggara. Korbannya yang anak-anak masih pelajar dan mahasiswa ini.
Pertengahan September 2017, semua terkaget-kaget dengan kabar yang langsung menjadi topik pembicaraan dimana-mana. Meluas dari satu grup wa k…