Langsung ke konten utama

Ingin Sehat? Konsumsi Segarnya Buah Pir yang Punya Banyak Manfaat


Buah pir memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, mulai dari memperkuat sistem imun, melancarakan pendernaan, hingga diet (dok.windhu)

Siapa yang ingin sehat? Jika pertanyaan ini diajukan, dengan yakin orang akan berkata, ya. Semua
tahu beragam aktivitas hanya  mungkin dilakukan jika sehat. Sudah rahasia umum juga, jika salah satu cara  meraih sehat adalah dengan mengonsumsi buah setiap hari.Salah satunya Pear.


Pear atau pir dalam bahasa Indonesia, memang punya rasa  yang enak dan menyegarkan. Nggak heran, buah yang umumnya berwarna hijau ini biasanya banyak disukai orang di berbagai tempat dunia.


Setiap tanggal 1 Desember merupakan hari Pir sedunia (gambar: @thesupear)


Namun, tidak banyak yang tahu  jika setiap tanggal 1 Desember merupakan hari buah Pir sedunia.  Selain itu, belum banyak juga yang tahu manfaat  dari kesehatan yang bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi buah yang konon disebut sebagai buah ajaib.

Khasiat Bus Pir

Buah pir ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Setidaknya, ada 9 khasiat buah pir yang bisa didapatkan jika ingin mengonsumsi dengan rutin. Apa saja? Yuk simak : 

1. Memiliki kandungan antioksidan lawan radikal bebas
Pakar kesehatan menyebutkan,  buah pir yang sudah matang sangat kaya akan kandungan antioksidan. Jika rutin dikonsumsi maka tubuh akan punya kemampuan  melawan berbagai radikal bebas dengan lebih baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Innsbruck, Austria, menyampaikan   jika kandungan klorofil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif, yang sangat baik bagi tubuh.



Jangan ragu untuk mengonsumsi buah pir setiap hari (dok.windhu)


2. Memperkuat sistem imun
Pakar kesehatan juga menyebutkan, buah pir sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C  sangat baik bagi sistem imun tubuh  dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, sehingga produksi sel darah merah juga menjadi lebih baik.

Makan satu buah pir ukuran sedang akan memberikan 12% dari kebutuhan vitamin C harian, serta 10% vitamin K, 6% dari kalium dan jumlah yang lebih kecil dari kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6 dan folat.

3. Mengurangi risiko terkena kanker
Satu buah pir yang dikonsumsi, bisa memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian. Hal ini akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah.


Buah Pir memiliki kandungan serat yang tinggi (gambar:@thesupear)

 
4. Melancarkan pencernaan
Buah pir  kaya akan serat.  Asupan serat larut dan tak larut pada satu buah pir  bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh. Selain memperlancar saluran pencernaan, adanya serat  akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dan  mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.

Buah pir padat nutrisi dan sumber serat yang sangat baik. Satu buah pir berukuran sedang memberikan 6 gram serat, yaitu sekitar 24% dari Nilai Harian, dan dapat membantu sahabat merasa kenyang lebih lama antara waktu makan dan camilan.

Menurut Dietary Guidelines for Americans, rata-rata orang dewasa Amerika harus mengonsumsi sekitar 2 cangkir buah per hari. Satu buah pir berukuran sedang kira-kira satu cangkir, jadi setengah kebutuhan sehari terpenuhi dengan buah pear.

5. Menyehatkan otak
Satu buah pir berukuran sedang bisa memberi asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan jika kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.  Hebat, kan?

6. Menurunkan berat badan
Buah pir sangat bagus buat yang sedang diet dan jadi bagian dalam program menurunkan berat badan. Buah seperti pir dan sayuran dikenal kaya serat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. 

Peningkatan asupan serat bermanfaat  dalam penurunan berat badan. Nah, buat yang merasa obesitas dan ingin diet, cocok banget mengonsumsi buah pir rutin.Penelitian yang dilakukan Louisiana State University menunjukkan, orang yang suka makan pir 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk dibanding mereka yang tidak makan pir

Pir memiliki beragam warna (gambar:@thesupear)


7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol
Peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah menemukan jika ada peningkatan 10 gram per hari dalam asupan serat dalam buah pir, yang dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total.

Serat makanan juga berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dauah pir memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8.  Bagus untuk Cegah Diabetes dan Diabetesi
Diet tinggi serat dengan mengonsumsi buah pir, selain akan membuat risiko terkena diabetes lebih rendah, juga akan membuat kadara gula darah pada penderita diabetes menjadi lebih stabil. Pir mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa dan rendah pada indeks glikemik. Penderita diabetes bisa makan buah pir tanpa khawatir.

Menurut The George Mateljan Foundation tahun 2006, kandungan serat pangan pada buah pir termasuk dalam kategori baik. Jika dikonsumsi satu buah pir dalam sehari, terpenuhi sebanyak 19,8 persen kebutuhan serat pangan  tubuh.

9. Detox
Buah pir mengandung sekitar 84 persen air, sehingga  buah pir dapat membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun. Kandungan pada buah pear dapat memberikan beberapa manfaat seperti untuk pencegahan stroke, meningkatkan imunitas dan mencegah Osteoporosis, melancarkan pencernaan, mencegah penyakit jantung, meningkatkan imunitas, baik untuk penderita diabetes, baik untuk ibu hamil dan mengatasi peradangan

Buah ajaih, buah pir (sumber:@thesupear)


Lalu Bagaiamana Asal Mula Buah Pir?

Sebelum dikenal luas seperti saat ini, terutama di Indonesia,  Buah Pir  memiliki sejarah yang cukup panjang.  Buah  pir  sebagai buah ajaib untuk penyembuhan, ditemukan pada tablet lempung di Sumer di Mesopotamia kuno, sekitar 2,750 B.C.

Dalam 10 SM, Homer menyebut buah pir sebagai "karunia keajaiban para dewa," dan salah satu dari buah-buahan yang hadir di Taman Alcinous. Selama berabad-abad, catatan sejarah telah mencatat kehadiran buah pir dalam  sejarah monarki di seluruh Persia, Cina, dan Roma. Ketika peradaban menyebar, ribuan varietas buah pir muncul dan  dibudidayakan di seluruh Eropa.

Di Cina kuno, orang percaya buah pir mewakili keabadian dan kemakmuran karena pohon pir hidup untuk waktu yang lama. Di Korea, buah pir melambangkan rahmat dan kebangsawanan. Pohon pir merupakan simbol kenyamanan.

Banyak legenda asal muasal dan sejarah buah pir yang berkhasiat (gmbar:thesupear)


Dalam banyak legenda Korea, pir memberi kesuburan wanita. Buah pir dipercaya khasiatnya memberikan kebijaksanaan dan kesehatan. Dalam beberapa konteks sejarah Kristen, buah Pir melambangkan Perawan dan Anak, kemungkinan karena manisnya.

Dalam novel, Mata Mereka Mengawasi Tuhan oleh Zora Neale Hurston, pohon pir melambangkan kedamaian batin. Buah pir adalah simbol kasih sayang dalam banyak kebudayaan. Dalam bahasa China, kata li berarti kedua pir dan pemisahan, sehingga dikatakan bahwa untuk menghindari pemisahan, teman dan kekasih tidak boleh membagi pir di antara mereka terutama ketika tahun baru.

Buah Pir Varietas Modern dan Varietas Utara
Buah Pir (Pyrus communis) yang asli, berasal dari  tenggara Eropa dan Asia barat. Dua wilayah ini, adalah leluhur varietas yang populer saat ini. Varietas Anjou, Bosc, dan Comice adalah yang pertama dibudidayakan di Perancis dan Belgia. 

Rasanya  halus dengan tekstur yang lezat, dan umur penyimpanannya yang lama.  Disebut juga buah mentega. Bartlett Pears (dikenal di luar Amerika Utara sebagai "Williams" pir) pada awalnya ditemukan pada 1765 di Inggris

Boneka buah pir yang lucu (dok.windhu)


 Saat masa kolonial, buah Pir tiba di Inggris dan orang Eropa. Buah pir moderen tumbuh di seluruh dunia, tetapi paling cocok di Pasific Northwestern Amerika Serikat, yang kombinasi tanah, iklim, dan airnya bisa menghasilkan buah pir yang gemuk, beraroma penuh, dan berair juice yang berlimpah.

Negara bagian Washington, Oregon dan sekitarnya, menghasilkan delapan varietas utama dan berbagai varietas produksi kecil. Varietas utama dibagi menjadi dua periode ketersediaan; varietas musim panas / musim gugur (Green and Red Bartlett), yang tersedia mulai pada awal Agustus. Varietas musim dingin (semua varietas utama lainnya) tersedia pada akhir Agustus atau awal September.

Pir dapat dikonsumsi di sela aktivitas sehari-hari (dok.windhu)

Dalam geografi Amerika Serikat yang luas dan beragam, negara-negara Pasifik Barat Laut - Oregon dan Washington, menghasilkan sebagian besar pir segar di Amerika Utara.
Hanya empat wilayah di negara bagian ini memiliki campuran iklim yang ideal, tanah vulkanik yang subur dan air yang berlimpah, menghasilkan beberapa buah pir terbaik dunia.

Saat ini, sebagian besar pir Northwest dikenali dengan adanya label Pir USA dan berasal dari  Wenatchee - Kota Wenatchee, Washington. Kawasan pertumbuhan buah pir diawali dari Utara White Salmon, Washington dan membentang  ke selatan melalui Hood River, Oregon ke lereng Gunung. Kap. Medford - Lembah Rogue Selatan, Oregon.



Kafi Kurnia, penggagas kampanye Supear dan Sembutopia (dok.windhu)


Kampanye Supear
Nah terkait dengan  peringatan tanggal 1 Desember 2018 sebagai hari buah Pir sedunia, akan digelar kegiatan Supear. Penggagasnya adalah Kafi Kurnia, yang sebelumnya pernah meluncurkan  gerakan kemasyarakatan Sembutopia.

Sembutopia  bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kemampuan diri sendiri, untuk menyembuhkan diri masing-masing dari gangguan masalah jiwa dan olahraga.

Mengupayakan kesehatan sangatlah penting karena terkait dengan produktivitas. Dalam kegiatan Supear,  ada supear girl cantik yang akan menemani para penyuka buah pir. Buah pir memang bisa juga membuat lebih cantik karena berkulit lebih bagus.

Gadis Supear (dok.windhu)

Nah,  momen hari buah pir sedunia ini sangat berguna buat orang saat ini yang senangnya makan gorengan atau makanan cepat saji. Saatnya untuk memulai gaya hidup lebih sehat. Bisa disantap  pagi, siang, dan malam.

Sebagai tips untuk menyimpan buah pir, cukup taruh di dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas. Jangan simpan buah pir saling berdekatan karena bisa memicu buah lainnya cepat membusuk. 

Lebih baik gunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkusnya dulu sebelum disimpan di kulkas karena buah pir ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak, yakni senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan.  Yuk ah, saatnya sehat dengan buah pir !



Komentar

  1. Jujur baru tahu tgl 1 Desember diperingati sebagai hari Pir sedunia, apalagi manfaatnya banyak banget untuk kesehatan.

    BalasHapus
  2. Dengan adanya hati buah pir ini semoga mendorong masyarakat kita untuk tidak lupa juga mengkonsumsi buah2an lain. Buah lokal misalnya yang tidak kalah banyak kandungan gizinya

    BalasHapus
  3. Pir ini banyak banget manfaatnya ya mbak khususnya buat kesehatan. Aku juga suka nih buat ini, dan sudah ku kenalkan sama anakku juga saat masih MPASi.

    BalasHapus
  4. Anak-anakku suka banget sama buah pear, kalo ke supermartket dan liat deretan buah pasti yang pertama diambil buah pear, ngga apa2 deh mahal yang penting khasiatnya banyak dan bagus untuk kesehatan

    BalasHapus
  5. Buah pir merupakan buah favorit anak saya ternyata banyak sekali manfaatnya ya jadi lebih semangat memberikan buah pir untuk anak saya

    BalasHapus
  6. Buah pir merupakan buah favorit anak saya ternyata banyak sekali manfaatnya ya jadi lebih semangat memberikan buah pir untuk anak saya

    BalasHapus
  7. Anak anakku senang banget makan buah termasuk pir , manfaat nya banyak juga ya, untuk supear udah ada di market mana aja nih mba windu?

    BalasHapus
  8. Asyik nih buah pier enak dan segar banyak manfaatnya pula ya...jd keingetan sdh lama engga konsumsi buah ini

    BalasHapus
  9. Makan pir emang bikin segar sebab banyak air, anak juga suka. Jadi suka beli mba

    BalasHapus
  10. Aku suka banget mbak, makan buah pir.
    Biasanya suka aku potong kecil dan aku cemilin pakai garpu. Tentu aja pas buahnya baru keluar dr kulkas jd dingin2 gtu :D

    BalasHapus
  11. Buah pir salah satu buah farvoif, karena aku suka kadar airnya yang banyak.
    Selain manis ,buah ini juga seger

    BalasHapus
  12. Aku suka rasa dan segarnya buah pir. Semakin suka karena ternyata kaya manfaat :)

    BalasHapus
  13. Iya mba akupun dh mulai konsumsi buah ini setiap pagi dn mau mkn malam terasa bngt khasiatnya

    BalasHapus
  14. Ini pear enak banget. Dan aku suka yang hijau. Stlh tahu manfaatnya makin sering makan buah pear deh 😁

    BalasHapus
  15. Enaknya buah pir.. Kalo saya sering dijuz atau mix jus dengan campuran buah yang lain. . Kalo sehari aja gak minum jus tubuh terasa kurang segar..

    BalasHapus
  16. Emak aku suka banget makan buah pir kak, kalau aku ga terlalu, buah isinya air semua hihi to kalau lihat artikel ini jadi pengen nyoba makan deh, ternyata airnya tuh kaya manfaat ya

    BalasHapus
  17. Baru tau kalau buah pir itu dr Eropa awalnya. Saya taunya dr Amerika. Terkenal krn punya tanah yg baik buat tumbuh kembang buah pir ya.. xixixi.. tumbuh kembang.. anaaak kali. Sehingga menghasilkan pir yg gemuk dan juice. Emang enak pir usa tuh. Kriuk dan manis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…