Langsung ke konten utama

Ingin Beli Kendaraan Bermotor Bekas? Simak Tips-nya Dulu !

Hidup di kota besar pada zaman sekarang selalu mem butuhkan kendaraan bermotor untuk memudahkan trasnportasi (dok.windhu)
Hidup di kota besar pada zaman sekarang selalu membutuhkan kendaraan bermotor untuk memudahkan trasnportasi (dok.windhu)



Beraktivitas sehari-hari terutama di kota besar seperti Jakarta, tentunya harus gesit dan selalu bisa diandalkan. Mengendarai kendaraan bermotor untuk menjangkau jarak dan mempercepat waktu adalah kebutuhan. Namun, kondisi finansial terkadang belum mencukupi untuk membeli yang baru. Memiliki kendaraan melalui cara kredit motor bekas jakarta   menjadi solusi.

Bicara mengenai kredit, sudah pasti akan berhubungan dengan bank/perusahaan yang memberikan kredit kepada pihak peminjam/nasabah, yang akan membeli sebuah kendaraan. Menyebut kata bekas pun berarti, kendaraan bermotor yang akan dibeli merupakan barang yang tidak baru atau bekas pakai seseorang/perusahaan.

Ya, meski bukanlah kendaraan bermotor keluaran terbaru, mau tidak mau kebutuhan harus terpenuhi. Membeli secara kredit tak masalah. Cara itulah yang bisa dilakukan agar bisa breaktivitas atau berpergian bersama keluarga.

Baca juga : Ketemu Motor dan Mobil Unik



Membeli motor bekas sangat membantu untuk aktivitas sehati-hari (dok.windhu)

 
Nah, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan bermotor, terutama motor bekas,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tipsnya, yakni  :

1.Mantapkan tujuan membeli motor bekas

 Sebelum membeli motor bekas harus tahu tujuannya. Misalnya, bisa saja untuk keperluan bekerja dengan jarak tempuh tertentu, mengantar sekolah anak, atau untuk  keperluan ke pasar dan keliling komplek perumahan.  Hal ini akan berpengaruh pada jenis motor bekas yang akan dipilih.

 2. Tentukan merek dan jenis motor bekas

Merek dan jenis motor bekas yang berada di pasaran saat ini jumlahnya cukup beragam. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri yang bisa diandalkan oleh penggunanya.  Kondisi tahun kendaraan juga harus menjadi pertimbangan kelaikannya ketika digunakan nantinya.

Daya tahan dan kemampuan motor bekas saat ini,  juga harus ada dalam catatan. Cek dan ricek kondisi fisik kendaraan tidak boleh terlewat. Jika tidak terlalu yakin, minta tolong orang yang ahli untuk mengecek kondisi kendaraan.

3.Lama Angsuran

Jika melakukan pembelian dengan cara kredit motor bekas, haruslah memperhatikan jangka waktu kredit. Pembeli sebaiknya memastikan kesanggupan waktu tenor kredit yang bisa dibayar sesuai dengan kondisi keuangan dan kesanggupan keuangan. Baca dan pelajari dengan teliti sistem kredit yang digunakan.

4. Surat-surat/dokumen

Kelengkapan surat-surat/dokumen dari motor bekas  yang akan dibeli harus dicek dengan detail dan teliti. Jangan sampai kecolongan ada yang tidak lengkap, misalnya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor. (BPKB) yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia. Semua ini akan berpengaruh pada rasa aman, nyaman, dan tertib saat pemakaian motor bekas untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

5. Penuhi persyaratan untuk kredit

Namanya juga pembelian moto bekas secara kredit, tentu saja ada persyaratan-persyaratan  untuk kredit yang harus dipenuhi oleh pembeli. Setiap lembaga pembiayaan biasanya punya ketentuannya dengan berbagai jenis program pembiayaan.

 Namun secara garis besar antara lain adalah  Warga Negara Indonesia (WNI) yang  berdomisili di Indonesia, berumur minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (saat kredit lunas), memiliki pekerjaan dan  penghasilan tetap per bulan minimal Rp 2,5 juta (berbeda untuk wilayah diluar Jabodetabek).

Selain itu, seorang calon pembeli  motor bekas juga harus bersedia untuk disurvey jika menjadi persyaratan, menyiapkan dokumen lainnya antara lain punya kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), memfotokopi keterangan penghasilan/Slip gaji, memfotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau Bukti Rekening Listrik/ PDAM, hingga NPWP. Persyaratan ini akan berbeda jika yang membeli motor bekas merupakan perorangan atau perusahaan.

6. Proses yang mudah dan cepat

Meskipun membeli kendaraan bermotor dilakukan dengan cara kredit, tetap saja sebagai  nasabah atau konsumen layak untuk mendapatkan layanan dengan proses yang mudah dan cepat.

Siapapun lebih senang bila saat pengajuan kredit motor tidak dipersulit ataupun tidak berbelit-belit. Petugas bisa menjadi tempat bertanya dan berkonsultasi sebelum keputusan membeli diambil.

Syarat pengajuan kredit yang mudah dan pengurusan persetujuan kredit dalam waktu singkat akan memberikan rasa nyaman. Apalagi jika suku bunga yang ditawarkan kompetitif dan bersifat fix , sesuai dengan waktu pembayaran angsuran yang sudah direncanakan  serta kemampuan membayar. Terlebih lagi, jika kendaraan bermotor yang akan dibeli ternyata memiliki jaminan asuransi.



Butuh kendaraan bermotor bekas? Bisa mengeceknya melalui website, salah satunya cekaja.com

Cek  Website Penyedia Kendaraan Bermotor Bekas 

Sebelum melakukan pengajuan kredit kendaraan bermotor untuk motor bekas, mengecek kredit kendaraan bermotor bekas melalui website bisa dilakukan.Tidak perlu seperti zaman dulu dengan mendatangi dealer demi dealer untuk mendapatkan kendaraan bermotor yang diinginkan.

Bahkan dengan mendatangi bursa-bursa kendaraan motor bekas yang biasanya diadakan dalam jangka waktu tertentu. Bisa saja, tapi akan makan waktu. Lokasi juga belum tentu dekat dengan rumah tinggal. 

Pembeli yang cerdas dapat memanfaatkan ketersediaan website yang menawarkan kredit kendaraan bermotor. Saat searching, bisa jadi ada sejumlah website yang menawarkan kredit kendaraan bermotor.


Mengecek niilai kendaraan menggunakan kalkulator simulasi sangt penting(sumber:www.cekajaca.com)
Mengecek niilai kendaraan menggunakan kalkulator simulasi sangt penting(sumber:www.cekaja.com)


Namun, pilihlah website yang jelas memberikan keterangan siapa di balik website tersebut, track record, menyajikan pengetahuan informasi produk dan mitra, serta layanan customer service dan ahli yang tanggap.

Jangan lupa untuk memanfaatkan kalkulator untuk melakukan perhitungan kredit motor bekas Jakarta, sebelum ambil keputusan. Supaya tidak bingung, bisa membuka https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor  yang akan memberikan keterangan kredit kendaraan bermotor, keuntungannya  bagi pembeli, yang tentunya menyesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan yang diperlukan.  



Komentar

  1. Surat surat dan dokumen ini perlu banget. Cek dengan teliti dulu surat dan dokumennya sebelum deal. Kadang ada penjual yang menipu...ternyata belum bayar pajak 3 tahun, ngomongnya sudah. Pembeli harus jeli juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Dwi Puspita. Ketelitian sebelum memutuskan membeli kendaraan bermotor bekas memang sangat penting. Walaupun bukan barang baru, sebegai orang yang membeli pasti nggak mau beli barang yang sudah tidak laik.

      Hapus
  2. Terima kasih mbak Windu untuk tipsnya. Tips nomor 4 penting banget. Kita harus teliti sama dokumen2 karena motor enggak hanya dipakai sekali dua kali aja tapi berkelanjutan. Saat ini sih belum kepikiran untuk beli motor karena motor yang sekarang masih bisa digunakan. Tapi kalau suatu waktu butuh, pencarian di website cekaja(dot)com bisa menjadi pilihan sebelum melalukan transaksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Valka, teliti sama dokumen-dokumen itu penting banget. Apalagi, kalau motor akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Jika suatu saat butuh motor bekas maupun baru, sila cek ya di website cekaja(dot) com.

      Hapus
  3. Betul, harus teliti dan bener-bener mateng perencanaan ketika hendak membeli sesuatu apapun itu apalagi hal krusial seperti kendaraan/motor. Untungnya skrg udah bisa dibantu pengecekan informasi secara online yaa. kereenn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matang perencanaan dalam membeli sesuatu, termasuk kendaraan/motor akan memberikankenyamanan dalam berkendara. Nah, sekarang lebih mudah karena sudah bisa mengecek informasi melalui website.

      Hapus
  4. Biasanya kalo beli motor bekas perorangan aja, baru tau kalo ada website yang memfasilitasi pembelian motor bekas..beli motor bekas memang harus teliti baik surat-surat maupun keadaan si motor itu sendiri jangan sampai menyesal sebelum membeli ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak siwi. Beli motor bekas saat ini bisa lewat perorangan dan bisa juga lewat website yang memfasilitasi pembelian. Soal surat-surat sih tetap, harus yang lengkap dan teliti supaya nggak nyesal kalau sudah kebeli.

      Hapus
  5. 6 tips yang membantu banget nih kak karena kan nggak setiap orang mampu beli yang baru tapi sekarang dengan adanya teknologi semua info memudahkan untuk mendapat kendaraan bekas berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teknologi internet, website memang semakin memudahkan saat ini untuk bisa mendapatkan informasi dan melakukan pembelian, termasuk kendaraan bekas berkualitas. Salah satunya, ya www.cekaja.com

      Hapus
  6. Ketika kebagian ngojek juga (antar jemput anak sekolah maksudnya) benerN sepeda motor itu berguna banget. Beli baru gak kesampaian, kalau ada yang terjangkau dan bagus beli kredit yang bekas saja. Ya. Mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepeda motor memang membantu banget untuk aktivitas sehari-hari. Semua disesuaikan kondisi keuangan sajua, akan beli yang baru ataupun yang bekas. Paling penting, kegiatan dapat berjalan dengan baik.

      Hapus
  7. Zaman sekarang apalagi hidup di kota besar memiliki kendaraan bermotor ibarat kaki kalau tidak memilikinya akan mengalami kesulitan untuk melakukan mobilisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, zaman sekarang kalau nggak punya kendaraan bermotor bisa membuat nggak gesit dalam beraktivitas.

      Hapus
  8. Wah tipsnua mantaps nih. Noted siapa tahu nanti butuh bisa cek di cek aja ini. Tips no 4 memang okey kadang terlupakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tips-tipsnya bermanfaat ya, kakak Ida. Seandainya butuh kendaraan bermotor, silakan cek saja di websitenya www.cekaja.com. Jangan lupa dengan tips no.4.

      Hapus
  9. Iya sih kalau mau irit mending beli motor second ya mbak,makasih tipsnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan sih, mbak Tati mengenai beli motor bekas. Semoga tipsnya bermanfaat!

      Hapus
  10. Keren banget infonya kakak, memilih motor bekas pun harus dengan pertimbangan yang baik, jangan sampai nanti menyesal pas udah di ambil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, meskipun yang dibeli bukanlah motor yang baru, kondisi motor yang masih baik dan laik itu wajib supaya tidak menyesal kalau sudah ada diambil.

      Hapus
  11. aku belum pernah sih ada pengalaman kredit motor bekas.. mikirnya udah ribet duluan soal pergantian nama dan surat2nya gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menjadi informasi, ya kakak. Semua pilihan tergantung pada kebutuhan dan kondisi keuangan yang ada.

      Hapus
  12. Sekarang tuh mau punya kendaraan bener - bener dipermudah yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang membeli kendaraan bermotor lebih banyak salurannya, jadi punya alternatif yang lebih banyak sebelum memutuskan membeli yang terbaik.

      Hapus
  13. Ngebantu banget nih memang lagi cari-cari motor lagi, tips nya juga mencerahkan, memang terutama berkas itu kalau bisa lengkap,biar nanti pengurusannya juga mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tipsnya membantu untuk mencari motor. Cek selalu berkas dan dokumen motor yang lengkap. Semuanya untuk kemudahan sebagai pemilik kendaraan bermotor sendiri.

      Hapus
  14. Saya lagi pengen cari motor bekas yang jadul kayak honda 70 alias pitung nih... tengs tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren.... model jaman dulu yang unik sekarang malah ada yang cari. Semoga membantu, ya kakak...

      Hapus
  15. membeli kendaraan bermotor memang harus teliti dan harus rajin mengecek mesin. selama semuanya dalam kondisi prima bakalan aman... plus makin happy kalau ada kemudahan kreditnya. asoy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, kakak Dony. Ketelitian saat membeli kendaraan bermotor itu perlu banget. Apalagi kalau beli bekas, haruslah mengecek kondisi mesin, biar happy saat digunakan untuk aktivitas nantinya.

      Hapus
  16. Kredibilitas tempat jual beli yang mau kita tuju, berikut kondisi motornya juga perlu diperhatikan ya Mbak. Jangan sampe kita nyesel belakangan karena kecewa di kemudian hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kalau sebelum melakukan proses jual beli, termasuk kendaraan bermotor harus teliti dan jeli supaya jangan sampai menyesal belakangan kalau sudah ada di rumah.

      Hapus
  17. Aku pernah beli kendaraan bekas tapi pilih yang cash aja sih mbak. Krn harganya cenderung murah juga.
    Kalau mau kredit kendaraan bermotor sebaiknya dipikirkan juga untung ruginya. Apakah motor itu mau dimanfaatkan utk bekerja atau cuma buat punya2an. Kalau buat kerja dan butuh banget ya kredit bisa sih, asal jgn sampai nunggak2 utang, ntr jd kebiasaan buruk tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kakak April. Pilihan kembali ada kebutuhan dan ketersediaan uang untuk membeli. Bila mendesak untu kegiatan sehari-hari, kredit kendaraan bermotor bisa menjadi solusi terbaik.

      Hapus

  18. Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, cari apapun lebih mudah termasuk utk kredit motor bekas. Yg bisa menjadi solusi bagi org yg membutuhkan kendaraan bermotor tp dana terbatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, teknologi internet memang memudahkan segalanya, termasuk mengajukan aplikasi kredit kendaraan bermotor. Bisa baca-baca dulu keunggulan dan kekurangan kredit yang ditawarkan.

      Hapus
  19. Boleh banget nih tipsmya mba. Meskipun bekas tapi body motor tetap ok kan ya. Jadi pengen belim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tips-tisnya bermanfaat ya. Beli motor bekas ataupun motor baru, yang penting bisa untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

      Hapus
  20. Wah bener sekali kak, aku suka lupa dalam hal memperhatikan angsuran saat beli motor bekas. Next harus memperhatikan berapa lama lagi sisa angsuran na

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau membeli secara kredit harus tahu berapa lama waktu angsuran, besarnya angsuran, jatuh temo angsuran, dan bila sudah berjalan, berapa lama lagi angsuran yang tersisa.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar positif demi kemajuan dan kenyamanan pembaca.

Postingan populer dari blog ini

Meet Me after Sunset, Hadirnya Bad Boy yang Mengubah Hidup Freak Girl

Cewek remaja masa kini umumnya akrab dengan semua yang berbau gadget dan media sosial. Sedikit-sedikit selfie lalu upload di instagram ataupun membuat video blog (vlog) yang ditayangkan di channel  youtube. Namun, cewek satu ini sangat berbeda.
Vino (Maxime Bouttier) remaja ganteng asal Jakarta yang terpaksa pindah sekolah ke Rancaupas, Bandung, sangat penasaran melihatnya. Gadis (Agatha Chelsea), lebih banyak menghabiskan waktu dengan menulis dan bermain dengan alam. Anehnya, lebih memilih keluar di malam hari.

Ah, kenapakah?  Gadis hanya punya satu teman, yakni Bagas (Billy Davidson). Keunikan Gadis membuat Vino mendekatinya. Ingin melindungi sekaligus membantu Gadis untuk dapat mengejar banyak sekali mimpi-mimpi yang dipendam.
Kehadiran Vino sebagai anak baru di sekolah, sekaligus sosok baru dalam hidup Gadis dan Bagas mengubah segalanya. Bagas yang selama ini tinggal dengan nini-nya (Marini Sardi) merasa sangat tahu dan sangat mengerti Gadis.



Keduanya tumbuh besar bersamaan. Bagas…

Mbak Yani dan Kanker Leher Rahim Stadium 3 B-nya...

HARI  masih pagi. Masih belum pukul 6.00 tapi perempuan itu sudah bersiap-siap. Beranjak untuk segera membersihkan tubuh. Bersiap untuk mandi. Berpakaian yang baik dan sedikit berpupur bedak tipis. Menyantap sedikit makanan yang disediakan agar perut tidak kosong meskipun harus diiringi rasa mual.
“Sudah siap-siap, mbak?” sapa saya.
Perempuan  bertubuh kurus itu tersenyum  manis. Dia hanya tinggal menunggu adik perempuannya yang akan menemaninya.
Kamis 4 Februari 2016 ini, pada pekan ini,  adalah jadwalnya untuk kembali  menjalani transfusi darah di RS Kanker Dharmais, Jl S Parman, Slipi. Upaya penambahan darah itu sangat dibutuhkan perempuan ini untuk memperpanjang kelangsungan hidupnya. 
Pekan lalu, Mbak Yani menghabiskan suplai  tiga kantung darah. Harus ada yang terganti dari keluarnya pendarahan yang terus menerus dari bagian kewanitaan yang  ada di tubuhnya. Pendarahan yang selalu Pendarahan yang harus memaksanya selalu memakai pembalut.
Pendarahan yang secara p…

D’Flora, Lipstik Untuk Bibir Hitam dengan Pilihan Warna Bagi Perempuan Aktif

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan mengenai masalah bibir hitam. Semua itu baru saya sadari saat Arni, salah seorang kakak perempuansayamengeluhkan warna bibirnya. Jika warna lipstiknya sudah memudar, warna bibir aslinya langsung terlihat. Kakak merasa perlu lipstik untuk bibir hitam yang tepat digunakan sehari-hari. 
“Pernah merokok, kali,” ucap saya asal sambil bercanda. Ups, jelas kakak saya tidak terima.Kakak tidak pernah menyentuh ataupun mencoba-coba rokok. Bahkan mencium bau asap rokok di suatu tempat keramaian umum,kakak sudah tidak suka.
Mungkin saya cukup beruntung karena warna bibir saya tidaklah segelap bibir kakak. Saya tahu usaha kakak untuk membuat warna bibirnya lebih merah dan menarik. Sesekali saya juga mengikutinya.
Buat perempuan, memiliki warna bibir hitam, bibir gelap, ataupun kusam dan kering tidak jarang mengganggu penampilan sehari-hari. Ujung-ujungnya, penampilan yang tidak oke ini juga akan mengurangi rasa percaya diri saat sedang berkumpul dengan banyak o…